Sponsors Link

Tips Menjaga Jarak Aman Mobil di Kondisi Macet

Sponsors Link

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang banyak dipakai oleh orang untuk bekerja maupun untuk menjalankan aktivitas keseharian lainnya sehngga dibutuhkan mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh. Pada saat mengendarai mobil tidak jarang ada saja hal yang dapat mmbuat kondisi jalan menjadi macet.

ads

Dan pada akhirnya para pengemudi mobil menjadi kecapean dan tidak dapat mengemudi dengan maksimal. Macet merupakan hal yang biasa terjadi di jalan, terutama di jalan ibukota. Namun, terjebak dalam kemacetan sering kali membuat pengemudi yang lelah menjadi sering emosi,

sehingga tidak jarang anda melihat pengemudi yang marah marah, membunyian klakson tanpa memperhatikan cara menggunakan klakson mobil yang benar, bahkan menyalip tanpa mempedulikan pengemudi atau pengguna jalan yang lain. Oleh karena itu, penting bagi anda jika mengemudikan mobil pada kondisi jalan yang macet untuk tetap sabar dan waspada untuk menghindari saling bersenggolnya kendaraan anda

dengan kendaraan lain yang ada di sekitar anda. Berikut ini adalah tips aman dan nyaman mengemudikan mobil dalam kondisi jalan yang macet dan dapat anda terapkan dalam tata cra mengemudi anda pada saat terjebak macet yang melelahkan.

1. Tetap fokus kedepan

Pada saat terjebak macet, penting bagi para pengemudi untuk tetap fokus ke depan dimana jaga pandangan kunci berkendara aman. Hal ini sangat peting, dan berguna untuk mewaspadai pergerakan kendaraan lain di depan atau mengurangi kecepatan kendaraan,

sehingga kendaraan anda dapat melaju dengan jarak yang aman. Selain itu menjaga pandangan agar tetap fokus ke depan atau ke jalan pada saat mengemudi dalam keadaan yang lelah dan terjebak macet sering kali tidak bisa dilakukan oleh para pengemudi.

Karena mereka sudah lelah dan harus menempuh perjalanan dengan macet macetan untuk bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan hal semacam ini bisa menyebabkan kecelakaan pada kendaraan mereka dan dapat membahayakan semua pengendara disekitarnya.

2. Waspada kendaraan di depan

Pada saat jalanan macet, anda harus mewaspadai pergerakan kendaraan di depan anda. Sehingga, saat kendaraan di depan berhenti mendadak, anda akan lebih waspada dan dapat menyikapi atau menghindari dari resiko bertabrakannya kendaraan anda dengan kendaraan tersebut.

Terlebih lagi jika kemacetan terjadi pada jalan yang menanjak, anda harus ekstra waspada karena kendaraan di depan dapat bergerak mundur sewaktu waktu. Jadi, anda dapat memperingatkan pengemudi di depan anda agar kendaraan tersebut tidak mundur dan menabrak kendaraan anda dengan cara membunyikan klakson mobil anda.

Sponsors Link

3. Siap lampu isyarat atau sein

Lampu isyarat atau sein diciptakan untuk resiko kecelakaan pada kendaraan pada saat kendaraan tersebut akan berbelok atau berpindah jalur. Selain itu, lampu sein juga merupakan kelengkapan wajib suatu kendaraan. Lampu sein sangat penting pada saat digunakan pada kondisi jalan yang mmacet.

Pabila anda akan berpindah jalur jangan lupa untuk menyalakan lampu sein tersebut ke arah jalur yang anda tuju. Guna meberithu pengendara di belakang anda bahwa kendaraan yang anda kemudikan akan memotong jalur. Saat akan memotong jalur pun jangan terburu buru, untuk menghindari resiko bersenggolannya kendaraan anda dengan kendraan lain.

ads

4. Jaga jarak aman

Menjaga jarak aman di tengah lalu lintas merupakan salah satu syarat untuk menjaga keselamatan erkendara. Sedangkan, menjaga jarak aman kendaraan di tengah lalu lintas yang padata atau macet sulit untuk memposisikan kendaraan yang tepat.

Namun, penting untuk para pengemudi menjaga jarak aman kendaraanya dengan kendaraan lainnya, terutama kendaraan di depan da belakang anda. Hal ini berguna untuk mengantisipasi pergerakan mendadak kendaraan lain, sehingga memperkecil resiko saling senggol antara kendaraan anda dengan kendaraan yang lain.

5. Berpikir positif

Terakhir, terkadanag anda menemukan banyak para pengemudi yang embuat kegaduhan di jalan, sehingga membuat kemacetan semakin menjadi parah. Untuk itu, penting bagi anda untuk tetap berpikir positif, agar tidak membahayakan diri maupun kendaraan anda. Terlebih lagi jika anda menemukan para pengemudi yang melihat wanita cantik, mereka pun akan tergoda dan sehingga tidak dapat berpikir dan fokus ke jalan.

Itulah beberapa tips yang dapat anda terapkan pada saat anda mengemudi di kondisi jalan yang macet . jangan lupa, untuk tetap mematuhi rambu rambu lalu lintas dan memperhatikan kondisi kendaraan,etrutama ban kendaraan anda. Dengan kondisi kendaraan yang optimal perjalanan anda kana lebih terasa aman dan nyaman, sehingga keselamatan anda akan lebih terjamin.

Jika anda dapat menjaga jarak aman kendaraan yang anda kendarai maka, anda juga sudah menjadi pelopr keselamatan berlalu lintas. Bukan hanya itu anda juga dapat meminimalisir angka kecelakaan yang banyak membahayakan keselamatan orang lain.

Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai tips menjaga jarak aman kendaraan pada saat kondisi jalan macet. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda dan juga dapat menambah wawasan kita semua. hal yang perlu anda ketahui

bahwa keselamatan pada saat berkendara itu dimulai dari hal yang paling kecil. Jika anda mengabaikan hal hal yang dapat berpengaruh dengan keselamatan berkendara anda, maka hal yang tidak diinnginkan akan terjadi menimpa kendaraan yang pengemudinya mengabaikan keselamatan.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick