Sponsors Link

Trik Aman Atasi Ban Pecah pada Kecepatan Tinggi

Sponsors Link

Ban adalah merupakan salah  satu piranti yang paling penting bagi setiap kendaraan yang berjalan di darat sehingga diperlukan trik bikin ban mobil koleksi awet. Ban yang terbuat dari karet sintetik, ban memiliki fungsi atau kegunaan tersendiri yakni untuk melapisi velg suatu roda agar tidak bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

ads

Ban adalah salah satu piranti penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidak rataan permukaan jalan, melindungi roda aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan kendaraan anda untuk meningkatkan percepatan untuk mempermudah pergerakan.

Jenis Jenis Ban

Ban sendiri memiliki beberapa jenis misalnya jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan yakni ban bias, ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak diapaki. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban.  Lalu ada ban radial, ukuran ban radial konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban.

Kemudian jenis ban yang ketiga adalah ban tanpa tube, abn tubless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubless ini diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubless adalah abn pneumetik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban biasanya.

Bagian Bagian Ban

Bagian bagian ban terdiri atas beberapa bagian yang sangat penting dan terdapat manfaat nitrogen untuk ban mobil. Yaitu mulai dari tread, adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan objek dari luar yang dapat merusak ban. Kemudian ada breaker dan belt,

pada bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan di antara tread dan casing. Casing adalah lapisan benang pembentuk dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangg ban.

Kemudian ada bead, bead adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada velg. Kerusakan yang biasa terjadi pada ban yakni shock CBU. Shock CBU adalah peristiwa terputusnya benang benang konstruksi dan

pada posisi samping ban yang disebabkan oleh terbenturnya dan dengan keras. Shock CBU paling potensial terjadi akibat jalan yang rusak, cara mengemudi yang kasar dan ceroboh akan mempercepat kerusakan ini terjadi pada ban mobil anda.

Sponsors Link

Kemudian penting bagi anda untuk selalu mengecek kondisi ban mobil agar selalu siap dan prima pada saat digunakan untuk menempuh perjalanan yang jaraknya lumayan jauh. Terlebih lagi jika anda mengendarai mobil dalam

kecepatan tinggi dan kondisi ban anda sudah tidak emmungkinkan lagi untuk digunakan. Akibatnya ban bisa pecah pada saat anda memacu mobil anda pada kecepatan tinggi, dan hal semacam ini dapat membahayakan keselamatan pengendara.

ads

Trik Aman Atasi Ban Pecah pada Kecepatan Tinggi

Lalu bagaimana trik yang dapat digunakan pada saat ban mobil pecah padahal mobil dalam kecepatan tinggi? Kecelakaan mobil yang terjadi di jalan raya bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya adalah ban pecah. Pecah ban jadi dalh datu sumber penyebab kecelakaan yang angka kejadiannya cukup tinggi.

Lihat saja papan papan peringatan di jalan tol yang kerap mengingatkan cek kondisi ban untuk menghidari pecah ban. Ini membuktikan, bahwa pecah ban dianggao kejadian yang sangat berahaya yang sebenarnya bisa dicegah. Pecah ban masih bisa dikendalikan jika kecepatan mobil masih di bawah 55 kilometer per jam.

Jika anda yakin kondisi ban bagus, mobil baik dan yakin aman silahkan saja melebihi kecepatan itu. Pecah ban dengan kecepatan melebihi 55 km per jam, paling susah dikendalikan. Mobil bisa terbalik saat pecah ban akibat pengemudi melakukan pengereman mendadak karena refleks atau kaget.

Ketika rem ditekan, bobot mobil akan cenderung pindah ke depan dan setir semakin narik ke arah ban pecah. Begitu da sadar itu salah, rem langsung dilepas danmobilnya aka terbalik. Ketika ban depan pecah, upayakan lepas kopling, rem dan gas.

Modalnya hanya counter steering saja. misalnya pecah ban kiri, setir akan terasa berat ke kiri, kita counter ke kanan. Tapi jika ban belakang yang pecah, relatif lebih mudah dikendalikan, mlaah cenderung tak terasa ketika ban belakang

pecah, walaupun kendaraan lagi penuh peumpang. Memamng kalau ban pecah, tidak ada yang bisa dilakukan kecuali counter steering saja. menepikan kendaraan di tempat aman dan menggantinya dengan ban cadangan. Jika kejadian

pecah ban pada kecepatan tinggi, di atas 55 kilometer per jam, ada teknik tertentu yang bisa anda lakukan meski tak semua pengemudi bisa melakukannya. Dalam artian hanya pengemudi dengan level advance yang bisa melakukannya.

Untuk menyeimbangkan kendaraan agar bobotnya tetap rata hingga ban yang kempes tidak dibebani terlalu berat, itu gasnya dikurangi perlahan, jangan mendadak. Tapi tidak semua orang bisa melakukan itu. Ketika mobil sudah berhasil dikendalikan, baru anda bisa mencari tempat yang aman untuk mengganti ban tersebut, misalnya bahu jalan dan pastikan permukaan tempat yang anda gunakan untuk mengganti ban rata.

Demikian artikel yang dapat say ulas kali ini mengenai trik yang dapat anda lakukan pada saat pecah ban pada kecepatan tingggi. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick