Sponsors Link

8 Cara Terbaik Menggunakan Masing Masing Gigi Pada Transmisi Manual Ini Wajib Dicoba

Sponsors Link

Ketika sedang mengendarai mobil manual, seseorang harus mengenali fitur-fitur yang terdapat pada mobil terlebih dahulu, jangan langsung asal tancap gas saja, karena dalam mengendarai mobil memang harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena selain membahayakan bagi diri sendiri, nyatanya tipe pengendara mobil seperti ini juga sangat membahayakan keselamatan orang lain.

ads

Karena tidak sedikit pengemudi yang meremehkan dan menganggap cara menyetir mobil manual adalah suatu hal yang mudah. Dan sebagian besar orang saat ingin mengendarai mobil pasti sudah mengetahui fitur-fitur yang terdapat pada mobil terlebih dahulu untuk mempermudah saat mengendarainya.

Dan hal tersebutlah yang mengakibatkan kerja polisi menjadi bertambah, karena para pengemudinya belum memenuhi standar dalam mengemudi yang baik dan juga benar.

Berikut cara mengemudi modil manual dengan aman

1.Memasuki Mobil Dalam Keadaan Datar

Ketika anda ingin mengendarai mobil, sebaiknya masuklah dalam posisi yang datar, kemudian kaitkan sabuk pengaman supaya perjalanan anda menjadi lebih nyaman.

Pada saat posisi mobil dalam keadaan bidang datar, dan hal tersebut akan lebih mudah bagi mobil untuk melaju. Dan fungsi dari sabuk pengaman juga bukan hanya menambah rasa aman selama perjalanan anda.

Pada saat sedang menggunakan sabuk pengaman, sebaiknya anda membuka kaca samping mobil supaya terdengar suara komponen mesin mobil yang lebih jelas. Dan dengan demikian, anda dapat memperkirakan kapan waktunya bagi anda untuk mulai memasukkan gigi kembali.

2. Atur Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

Ketika mengaplikasikan pedal yang ada diposisi kaki kanan, kiri dan juga tengah pastikan anda dapat menginjak sepenuhnya agar perjalanannya selamat. Dan untuk tempat duduk juga akan berpengaruh terhadap kaki dalam menginjakkan rem, kopling, dan juga gas.

Dan yang terpenting saat anda ingin memulai mengendarai mobil hal yang pertama diperhatikan yaitu tempat duduk yang harus di setting terlebih dahulu, supaya anda merasa nyaman dan juga menyenangkan selama perjalanan. cara mengatur posisi mengemudi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Kenali Semua Pedal yang Ada Pada Mobil

Pedal yang berada di kaki kiri atau sebelah kiri merupakan pedal untuk kopling, sementara untuk pedal yang berada di tengah berfungsi sebagai rem, dan untuk pedal yang berada di sebelah kanan adalah pedal gas.

Karena mengenali cara dan juga fungsi dari masing-masing pedal yang ada pada mobil harus dilakukan oleh pengendara. Ketika anda telah mengetahui fungsi dan juga keberadaan dari masing-masing pedal, maka pada saat anda mengendarai mobil manual akan terasa sangat mudah.

4. Menguasai Kopling

Hal yang perlu diperhatikan ketika anda sedang mengurangi atau menambah gigi, maka anda harus menginjak pedal kopling. Karena kopling mobil berfungsi untuk memutuskan putaran roda dan juga putaran mesin yang saling berhubungan.

Karena kopling juga dugunakan untuk mengubah gigi, baik ingin menambah ataupun mengurangi gigi tanpa merusak roda gigi dari masing-masing gigi transmisi tersebut. Jadi, hal yang pokok yang terdapat pada mobil manual yaitu kopling, transmisi, dan juga roda mobil.

Sponsors Link

Karena kopling pada mobil mempunyai fungsi untuk memutuskan putaran roda dan putaran mesin yang saling berhubungan, dan selain itu juga kopling digunakan untuk mengubah gigi baik untuk menambah ataupun mengurangi gigi, tanpa membuat rusak roda gigi dari masing-masing gigi transmisi itu sendiri.

Oleh sebab itu, untuk dapat menghubungkan roda ke bagian putaran mesin harus dilalui dari rangkaian kopling yang ada pada mobil. Meskipun mobil belum jalan, sebenarnya mesin mobil sudah mengalami putaran, tetapi karena putaran yang terjadi belum dapat terhubung dengan roda, sehingga roda tidak dapat bergerak.

Pada saat perseneling sudah terhubung di posisi 1, 2, 3, 4, 5, dan R, mesin dapat berputar, roda dan kopling juga tidak ditekan. Dan untuk putaran mesin, roda dan juga kopling yang tidak terhubung karena posisinya berada di posisi Normal (N).

5. Mengoperasikan Pedal dengan Baik

Ketika anda sedang mengemudi mobil manual pastikan anda terbiasa melepas pedal kopling secara perlahan dan teratur. Karena pada saat mengoperasikan pedal harus dilakukan dengan konsentrasi penuh, terlebih ketika anda mengingat jarak ayunan pedal, jarak antara pedal rem dan juga pedal gas.

6. Tuas Transmisi Dalam Posisi Netral (N)

Apabila anda ingin memindahkan tuas transmisi, maka anda harus melakukannya dengan hati-hati. Sebelum mobil dinyalakan, maka pastikan tuas dalam keadaan posisi Netral (N), fungsi dari tuas transmisi yaitu untuk menambah ataupun mengurangi, ketika anda ingin menambah gigi usahakan pedal sudah terinjak dengan penuh.

7. Nyalakan Mesin Mobil

Pada saat mesin sudah menyala, maka lepaskanlah pedal kopling. Dan tuas transmisi dalam posisi Netral (N). Dan untuk menyalakan mesin mobil dengan cara distarter yang ada pada kunci mobil, pastikan juga anda menginjak pedal kopling secara penuh.

Sponsors Link

8. Injak Kopling Secara Penuh

Dengan menginjak kopling secara penuh dan juga di tahan, itu merupakan cara terbaik dalam mengingat jarak dari ayunan pedal kopling, gas, dan juga rem.

Kemudian anda bisa melepas pedal kopling dengan perlahan-lahan dan juga teratur supaya terdengar suara mesin ketika mulai turun. Supaya anda lebih mudah dalam mengenali suara mesin mobil, anda dapat melakukannya dengan menginjak pedal kopling secara berulang-ulang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick