Sponsors Link

3 Cara Menghidupkan Mobil Mogok Saat Banjir

Sponsors Link

Kondisi curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini membuat beberapa derah, terutama di kota-kota besar mengalami banjir di titik-titik tertentu. Masalahnya banyak sekali masyarakat perkotaan yang menggunakan mobil untuk beraktivitas sehari-harinya. Sehingga akan sangat terganggu saat mengendarai mobil di jalanan yang oenuh genangan air. Bahkan tak jarang hal ini bisa menjadi penyebab mobil mogok saat berada mobil melewati batas aman.

ads

Jika anda mengalami mogok saat berada di tengah-tengah banjir, tak jarang jika rasa panik akan muncul. Namun tak perlu khawatir, anda bisa mencoba mengatasinya dengan menghidupkan mobil mogok saat banjir sendiri. Akan tetapi sebelumnya, anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab mobil mogok saat berada di tengah banjir.

  • Hal pertama yang dapat menjadi penyebab mogok ini adalah air yang masuk ke melalui air intake mobil. Air intake sendiri adalah komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan. Komponen ini menjadi saluran dimana mesin mendapatkan pasokan udara. Sehingga jika air masuk ke dalam bagian ini akan menyebabkan kerusakan yang menyebabkan mesin mati mendadak.
  • Air yang masuk melalui knalpot juga bisa menjadi penyebab mobil mogok saat di tengah-tengah banjir.
  • Terjadinya kerusakan pada bagian catalytic converter yang menjadi salah satu komponen dari gas buang.

Ketika anda mengalami mobil yang mogok di tengah jalan saat kondisi jalanan banjir, maka anda bisa melakuakn tips-tips di bawah ini untuk menghidupkan mobil mogok saat banjir.

1. Menyalakan Mesin Kembali

Cara mengatasi mobil mogok yang bisa anda lakukan pertama kali adalah dengan mencoba menyalakan mesin mobil kembali. Saat mobil mati mendadak saat menerjang banjir, maka anda bisa menyalakan mobil kembali. Cobalah untuk menstarter beberapa kali namun jangan sampai memaksakannya. Jika mobil memang tidak dapat dinyalakan kembali, maka cobalah untuk mendorong mobil ke area yang kering.

2. Putar Roda Mobil Sendiri

Jika anda sedang bepergian sendiri, maka cobalah untuk memutar roda mobil anda. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu tali panjang serta dongkrak mobil. Usahakan agar kedua tangan masin-masing memegang tali yang digunakan untuk menarik agar tidak mudah terlepas. Dan setelah itu anda dapat melepas sisi tangan lainnya untuk dijadikan pengait.

3. Buka Kap Mesin dan Keringkan Komponen Yang Basah

Setelah berada di area kering, anda bisa mencoba untuk membuka kap mesin dan keringkan komponen-komponen mesin yang mengalami basah terutama yang berkaitan dengan sistem kelistrikan. Anda dapat menggunakan tisu, kertas koran, lap kering untuk mengelap hingga ke bagian-bagian kecil yang memang harus selalu dalam kondisi kering speeri busi dan kabel busi. Jangan lupa untuk memerikan bagian distributor, pastikan jika bagian tersebut benar-benar kering.

4. Nyalakan Kembali Mesin Mobil

Setelah anda melakukan pengecekan menyeluruh pada mesin mobil anda, maka cobalah untuk menyalakan mesin mobil kembali. Jika berhasil, segera cek pada fitur dan fungsi mobil anda. Bagian-bagian penting seperti sistem kelistrikan dan sistem pengereman perlu anda cek lebih dalam. Hal ini karena bagian komponen rem bisa saja mengalami kerusakan diakibatkan mobil yang menerjang banjir.

Sponsors Link

5. Segera Bawa Ke Bengkel

Meskipun mobil sudah berhasil dinyalakan, namun jangan menunda mobil anda untuk segera di bawah ke bengkel-bengkel terdekat. Hal ini agar dilakukan pengecekan lebih lanjut  setelah mobil terendam banjir. Di khawatirkan terdapat bagian-bagian pada mobil yang rusak dan belum terdeteksi sehingga penting untuk segera dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Mobil yang mogok tiba-tiba saat menerjang banjir bisa terjadi pada kapanpun dan mobil jenis apapun. Sehingga anda tak perlu panik dan segera lakukan perbaikan pada mobil anda. Selain itu akan lebih baik untuk menghindari jalanan-jalanan yang tergenang banjir untuk mengurangi resiko kerusakan pada mobil anda. Nah itu tadi cara menghidupkan mobil mogok saat banjir yang dapat anda lakukan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis