Sponsors Link

4 Waktu Ideal Untuk Ganti Kampas Rem Belakang yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Pada umumnya awet atau tidaknya kampas rem sudah barang tentu tergantung dari pemakaiannya, jika sering dipakai sudah tentu cepat habis juga ya sobat, terlebih lagi pada saat anda melalui jalur yang macet setiap harinya sudah pasti kampas rem kendaraan anda akan cepat habis. Setuju ya sobat pada pendapat penulis kali ini.

ads

Kampas rem atau brake merupakan sebuah komponen yang memiliki gaya gesek yang besar untuk melakukan penggesekan pada permukaan rotor atau tromol yang fungsinya untuk menghasilkan efek braking. Adapun kampas rem ini  sangat erat kaitannya dengan rem ya sobat.

Sistem rem pada kendaraan merupakan suatu komponen penting sebagai keamanan dalam berkendara, apabila rem dalam kendaraan anda tidak berfungsi, maka dapat dipastikan akan menimbulkan bahaya yang tentunya dapat mengancam nyawa anda, untuk itulah keberadaan kampas rem ini harus diperhatikan. Seperti halnya cara merawat rem tangan mobil yang tak kalah penting layaknya rem kaki.

Karena kampas rem tersebut fungsinya sangat vital, maka pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan informasi kepada sobat semua tentang waktu ideal untuk ganti kampas rem belakang. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kampas rem ini akan sangat mempengaruhi performa kendaraan anda. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas kampas rem belakang mobil ya, berikut ulasannya untuk anda.

1. Pedal Rem Pada Bagian Belakang Akan terasa Lebih Dalam

Waktu ideal untuk ganti kampas rem belakang yang pertama ialah pedal terasa lebih dalam. Salah satu ciri yang bisa anda lihat atau rasakan adalah pada saat anda menginjak pedal rem dan terasa lebih dalam dari yang biasanya. Selain itu jarak pengereman juga akan menjadi lebih jauh dari yang biasanya.

Nah sobat semua, jika anda merasakan hal seperti ini itu tandanya anda harus melakukan penggantian rem belakang kendaraan anda ya sobat. kerusakan pada rem cakram mungkin akan terjadi jika dalam kondisi habis, anda tetap saja memaksakan untuk menggunakannya secara terus menerus.

2. Akan Terdengar Bunyi Gesekan Pada Saat Menggunakan Rem

Ciri yang kedua yang menandakan kampas rem anda harus segera diganti yaitu pada saat terdengar bunyi seperti bunyi gesekan saat anda menggunakan rem mobil anda. Hal ini diakibatkan oleh kampas rem yang semakin lama semakin menipis. Untuk itu segeralah melakukan penggantian kampas rem belakang yang baru jika sudah ada bunyi gesekan seperti itu ya sobat.

3. Adanya Serbuk Kampas

Ciri lainnya yang menandakan kampas rem mobil anda sudah habis dan harus segera diganti dengan kampas rem yang baru adalah jika terdapat serbukan kampas yang berada di velg bagian dalam mobil anda, terutama pada saat anda melakukan pengereman. rem cakram seret terkadang juga terasa saat adanya serbuk kampas.

Sponsors Link

4. Muncul Bunyi Bau Seperti Bunyi Terbakar Pada Saat Anda Melakukan Pengereman

Ciri yang terakhir dan bisa dibilang ciri atau kategori yang sudah berbahaya adalah pada saat anda menggunakan rem tetapi muncul bau seolah seperti ada yang terbakar dari komponen mobil lainnya. Jika sudah terjadi hal seperti ini mau tidak mau suka tidak suka, sudah tidak bisa diajak kompromi ya sobat dan bisa dibilang kampas rem anda sudah menipis secara akut. Rem bisa dikatakan mempunyai kedudukan yang sama pentingnya seperti halnya komponen mobil lainnya yakni komponen mesin mobil. Jadi anda wajib memberikan perhatian khusus.

Itulah beberapa info yang penulis bagikan untuk anda semua sobat mengenai waktu ideal untuk ganti kampas rem belakang. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam hangat selalu, salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick