Sponsors Link

4 Waktu Ideal Untuk Ganti Kampas Rem Depan Paling Tepat

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai kampas rem baik itu pada motor maupun mobil pastinya sobat semua sudah paham ya sobat apa fungsi komponen yang satu ini pada kendaraan kesayangan anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama kampas rem merupakan sebuah komponen yang pastinya terdapat pada kendaraan anda yang memiliki gaya gesek besar untuk melakukan penggesekan pada permukaan rotor atau tromol yang fungsinya agar terjadi efek braking.

ads

Adapun fungsi dari kampas rem ini sendiri adalah untuk menekan permukaan tromol atau pinggiran rem agar terjadi gesekan diantara kedua komponen tersebut. Karena bahan pembuat kampas rem ini terbuat dari bahan keramik yang memiliki gaya gesek tinggi, maka disaat pad ini menyentuh piringan akan terjadi gesekan yang mengubah energi putar menjadi energi gerak sehingga laju kendaraan akan terhenti pada posisi yang anda inginkan.

Karena begitu pentingnya komponen kendaraan yang satu ini bagi keselamatan pengemudi maupun penumpang di dalamnya, maka sobat semua harus memperhatikan waktu untuk melakukan penggantian kampas rem tersebut agar tidak mendatangkan masalah nantinya, karena seyogianya kampas rem tersebut akan sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan anda nantinya. Terkadang anda pun akan merasakan rem cakram seret karena beberapa masalah yang tidak anda perhatikan.

Nah sobat semua, sebelumnya sudah dibahas mengenai waktu ideal untuk ganti kampas rem belakang, namun pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi kepada sobat semua tentang kapan waktu ideal untuk ganti kampas rem depan kendaraan anda. Mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Pijakan Rem Semakin Dalam

Salah satu ciri yang paling jelas dan paling mudah kita rasakan adalah pada saat menginjak rem, kita merasan seolah tambah dalam dari yang biasanya. Nah ini merupakan salah satu ciri bahwasanya kampas rem nya sudah habis dan harus segera diganti.

2. Rem Bergetar Saat Anda Gunakan

Pada saat anda menggunakan rem kendaraan, dan muncul getaran –  getaran pada rem mobil anda saat anda menggunakannya atau mengendarai mobil anda dalam kecepatan yang cukup tinggi, ditambah lagi anda melakukan pengereman yang mendadak, nah pada saat ini sobat anda akan merasakan getaran yang berasal dari kampas rem yang sudah mulai habis. Itu artinya anda harus segera menggantinya dengan kampas rem yang baru ya sobat. setir mobil bergetar juga bisa disebabkan karena permasalahan yang diakibatkan oleh rem lo sobat.

3. Menurunnya Minyak Rem

Ciri yang ketiga adalah yang menandakan bahwa anda harus mengganti kampas rem mobil anda adalah pada posisi minyak rem pada mobil anda. Biasanya jika kampas rem sudah mau habis, maka akan terjadi penurunan pada minyak rem mobil anda, dan adanya rembesan yang diakibatkan oleh penuruan minyak rem tersebut. Selain itu juga tidak sedikit yang remnya menjadi lengket. Untuk itu anda harus paham bagaimana cara mengatasi rem cakram lengket agar hal tersebut bisa anda atasi dengan baik.

Sponsors Link

4. Ketebalan Kampas Rem yang Semakin Menipis

Ciri lainnya yang menandakan bahwa anda harus mengganti kampas rem pada mobil anda yaitu pada saat ketebalan kapas rem tersebut sudah menipis. Pada umumnya ukuran kampas rem yang harus anda ganti apabila sudah menipis hingga 2.5 –  3 mm.

Itulah beberapa tips yang boleh anda jadikan sebagai tambahan informasi ya sobat mengenai waktu ideal untuk ganti kampas rem depan. Semoga bermanfaat bagi sobat semua ya. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil