Sponsors Link

6 Manfaat Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Sehari-Hari

Seiring dengan perkembangan jaman, kini teknologi semakin berkembang dan membuat berbagai penemuan menarik yang dapat bermanfaat untuk umat manusia. Termasuk dalam bidang otomotif, kini semakin gencar produsen mobil menawarkan mobil listrik sebagai salah solusi untuk mengatasi polusi dan berbagai macam masalah lainnya. Lalu apa saja sebenarnya manfaat mobil listrik sebagai kendaraan sehari-hari? Berikut ini penjelasannya.

1. Tanpa Emisi 

Salah satu daya tarik dari mobil listrik adalah raham terhadap lingkungan serta tidak menghasilkan emisi, hal ini sama halnya dengan mobil LCGC. Beberapa penelitian menjelaskan penggunaan mobil listrik bisa sangat mempengaruhi lingkungan dibandingkan dengan menggunakan konvensional, terutama dalam tingkat polusi udara. Selain itu manfaat lainnya tentu saja akan membuat kualitas udara menjadi semakin lebih baik.

2. Lebih Senyap Saat Berkendara

Manfaat lainnya dari mobil listrik adalah memberikan kenyamanan yang lebih saat perjalanan. Hal ini karena keunggulan nya yang lebih senyap dan halus, sehingga berdampak pada berkendara yang nyaman karena tidak menimbulkan banyak kebisingan. Hal ini jelas berbeda dari kebanyakan mobil konvensional, terutama seperti pada mobil diesel yang kinerja mesinnya yang lebih berisik. Hanya saja keunggulannya ini memiliki sedikit permasalahan. Karena mesin yang tidak menimbulkan suara, maka akan sangat sulit bagi orang lain untuk mengetahui jika terdapat mobil listrik di sekitarnya.

3. Lebih Cepat

Mobil listrik memiliki akselerasi yang luar biasa. Mengapa? karena mobil listrik bisa mengirimkan torsi dalam waktu yang cukup cepat menuju roda. Misalnya saja, mobil Tesla dengan model S memiliki akselerasi sekitar 3 detik untuk kecepatan hingga  100 km/jam.

4. Harga Lebih Murah

Siapa yang tidak menginginkan memiliki mobil keluarga murah? Rasanya setiap orang akan menjadikan harga beli mobil sebagai salah satu faktor penting dalam membeli sebuah mobil. Jika anda membeli mobil listrik, maka anda akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih murah, terutama dalam hal penggunaan mobil. Menurut hasil penelitian yang ada pemakaian listrik memiliki biaya 1/3 lebih murah jika dibandingkan mobil konvensional yang membutuhkan bahan bakar.

5. Perawatan Yang Minim Dan Tidak Rumit

Sebuah mobil tentunya membutuhkan sebuah perawatan, salah satunya seperti perawatan mesin mobil. Namun pada mobil listrik, tidak terlalu membtuuhkan banyak perawatan. Hal ini karena mobil listrik tidak mempunyai sistem pembuangan serta tidak perlu dilakukan ganti oli mobil, bahkan suku cadang pada bagian mesin pembakaran. Meksipun begitu, mobil listrik juga membutuhkan perawatan ringan seperti melakukan pengecekan tekanan ban mobil yang dilakukan rutin.

6. Hanya Perlu Isi Baterai

Manfaat mobil listrik lainnya yang dapat dirasakan adalah anda tak perlu lagi mengantri di pom bensin untuk membeli bahan bakar. Anda bisa mengisi energi mobil hanya dengan mengisi baterai di rumah. Untuk melakukan perjalanan sekitar 80 km, anda hanya perlu mengisi sekitar 20-30 menit. Sehingga lebih efisien waktu dan biaya anda.

Nah itu tadi beberapa manfaat mobil listrik yang dapat anda rasakan saat memilihnya sebagai mobil sehari-harinya. Sehingga dapat anda jadikan pertimbangan untuk berpindah dari mobil konvensional ke mobil listrik yang mengutamakan kenyamanan serta membuat lingkungan bisa lebih bersih dari polusi udara. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil