Sponsors Link

3 Penyebab Kampas Kopling Mobil Cepat Habis dan langkah-Langkah Menggantinya Sendiri Di Rumah

Kopling merupakan komponen di dalam sebuah kendaraan yang bekerja untuk membantu proses perpindahan percepatan. Fungsi kopling disini adalah untuk mengatur agara proses perpindahan gigi menjadi terasa lebih halus. Kerja kopling disini untuk memutushkan antara hubungan sistem transmisi dan mesin kendaraan. Di dalam kopling, tentunya  terdapat beberapa komponen-komponen yang membantu kerja komponen, salah satunya adalah kampas kopling. Kampas kopling merupakan komponen yang cukup memiliki peranan penting karena bekerja menyalurkan tenaga mesin menuju sistem transmisi. Sehingga penting untuk mengetahui serta merawat kondisi kampas kopling mobil Anda.

Kampas kopling yang bermasalah tentunya akan berpengaruh pada kinerja mobil. Banyak gejala-gejala yang menandakan jika kampas kopling mobil anda mengalami kerusakan ataupun habis, sehingga pemilik mobil harus segera melakukan penggantian. Jika tidak maka tentu saja kampas kopling tidak akan bekerja maksimal dalam menyalurkan tenaga, hal ini pula lah yang akan membuat tenaga yang disalurkan menuju roda menjadi berkurang. Bahkan kabar buruknya adalah, kampas kopling yang habis membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros.

Sebenarnya, kampas kopling mobil memiliki usia pakai dan hal tersebut bergantung pada waktu dan jarak tempuh dari mobil. Dalam kondisi normal, kampas kopling mobil harus diganti setelah menempuh jarak 20.000 km. Jika sudah mencapai angka tersebut maka mulait terlihat gejala kampas kopling mobil matic habis. Namun terkadang karena faktor-faktor tertentu membuat gejala kopling mobil habis bahkan sebelum waktunya. Biasanya ini dikarenakan cara penggunaan kopling yang kurang tepat sehingga menyebabkan kampas kopling menjadi cepat habis. Nah berikut ini ada beberapa penyebab kampas kopling mobil cepat habis, bahkan sebelum mencapai usia pakai normalnya. 

1. Meletakkan Kaki Diatas Pedal Kopling Meski Tidak Digunakan

Kebiasaan ini seperti mungkin banyak dilakukan pengemudia mobil, terutama bagi pengendara-pengendara baru. Sehingga penting sekali untuk mempelajari bagaimana cara aman belajar mengemudi bagi pemula. Biasanya ini dilakukan agar tidak gugup ketika akan melakukan pengoplingan nantinya.

Namun cara ini sebenarnya sangat salah untuk diterapkan, apalagi jika anda terlalu sering menempatkan kaki diatas peda kopling meskipun sedang tidak menggunakannya. Hal ini lambat laun akan mempercepat keausan pada kampas kopling dan release bearing karena secara tidak langsung anda akan melakukan penekanan pada kopling secara terus menerus. Sebaiknya jika kopling mobil sedang tidak gunakan, hindari untuk menaruh kaki diatas pedal kopling. Hal ini akan membuat kampas kopling menjadi lebih awet dan usia penggunaan lebih lama, bahkan kaki anda tidak akan merasa pegal saat mengemudi.

2. Menginjak atau Melepas Pedal Kopling Dengan Kasar

Penyebab kampas kopling mobil cepat habis lainnya bisa dikarenakan kebiasaan anda yang menginjak maupun melepas pedal kopling dengan kasar. ketika transmisi belum berpindah dengan penuh, pengemudi biasanya sudah melepaskan pedal kopling. Saat hal ini terjadi maka akan muncul seperti bunyi yang cukup kasar pada sistem transmisi mobil Anda. Hal ini lah yang kemudian membuat komponen kampas kopling menjadi cepat aus serta menimbulkan gejala kerusakan transmisi mobil.

3. Menginjak Pedal Kopling Setengah Setangah

Penyebab lainnya dapat dikarenakan kebiasaan pengguna mobil yang menginjak pedal kopling setengah-setengah. Biasanya hal ini sering dilakukan ketika berada di jalanan tanjakan ataupun kemacetan. Namun justru hal ini yang membuat keausan pada kampas kopling menjadi lebih cepat. Bahkan tak hanya kampas kopling saja, komponen lainnya seperti clutch cover juga akan mengalami penipisan.

Cara Mengganti Kampas Kopling

Kampas kopling yang mulai menipis tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika ciri ciri kampas kopling mobil habis sudah terlihat pada mobil anda, maka segera mungkin untuk mengganti kampas mobil dengan yang baru. Untuk cara ganti kampas kopling mobil sendiri sebenarnya dapat anda lakukan di rumah. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

  • Persiapkan semua alat-alat yang digunakan untuk proses penggantian kampas kopling mobil.
  • Sebelum melakukan pemasangan, pastikan untuk melumasi grease yang ada pada poros transmisi dan release bearing.
  • Setelah itu lakukan pemasangan kampas kopling beserta rumah kopling yang baru pada roda gaya. Pemasangan dapat dilakukan dengan menggunakan batang pelumas sehingga memudahkan saat memasang poros transmisi.
  • Setelah pemasangan kampas dan rumah kopling selesai, maka anda bisa memasang baut pengikat pada rumah kopling dengan menggunakan kunci sok (12 mm) secara bergantian dan merata.
  • Kenncangkan semua baut dengan menggunakan kunci momeng. Pastikan pemasangan baut sudah kuat dan tidak goyang.
  • Pasang bak tranmsisi yaitu dengan meletakkan bak transmisi di dongkrkan dan kemudian pompa dongkrak hingga ketinggia antra transmisi dan rumah kopling sama. Setelah itu dorong bak transmisi hingga maju sampai poros transmisi dapat masuk ke poros kopling.
  • Pasang baut pengikat pada bak transmisi dengan kunci (14 mm) dengan menyilang dan rata. Setelah itu barulah lepaskan jack stand yang digunakan untuk menahan mesin.
  • Pasang penyangga pada bak transmisi dengan body mobil dengan cara mengikatknya dengan menggunakan 4 baut pengikat. Lakukan dengan menggunakan kunci ring (17 mm)
  • Pasangan poros propeller dengan memasukkan poros, dimulai dari depan hingga masuk ke dalam bak transmisi yang ada pada bagian output. Setelah itu pasang poros propeller yang ada di bagian belakang dengan 4 buah mur dan 1 baut pengikat.
  • Pasang kembali olor kopling yang ada pada garpu pembebas, setelah itu pasang pegas pembalik dengan menggunakan obeng (-) dan tang. Setelah itu pasang kembali kabel mundur yang ada pada soket.
  • Pasang olor perseneling dengan tang
  • Kemudian pasang kembali motor starter dengan 2 baut pengikatnya dan hubungkan kembali kabel aki (-) dengan terminal 30 dan 50 starter serta ST Kunci kontak.
  • Lepaskan dongkrak secara perlahan.
  • Setelah selesai jangan lupa melakukan pengujian. Untuk menguji nya, anda bisa melakukan di jalanan umum dengan memindah-mindahkan perseneling mobil. Jika dapat berjalan mulus tanpa munculnya bunyi-bunyi aneh, maka proses penggantian yang anda lakukan berhasil.

Nah itu tadi beberapa penyebab kampas kopling mobil cepat habis dan cara mengganti kampas kopling sendiri di rumah. Hindari teknik-teknik mengemudi yang malah membuat komponen-komponen di dalam mobil mengalami kerusakan. Selalu lakukan perawatan rutin sehingga kondisi mobil selalu prima. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dengan baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis