Sponsors Link

Mulai dari Interior Entry Level Hingga Supercar, Kenali Ragam Bahan Jok

Untuk bahan jok dan interior, ada beragam material yang kerap digunakan. Untuk penggunannya pun juga beragam, mulai dari mobil entry level sampai premium. Berikut yang merupakan jenis bahan jok yang paling umum digunakan.

Ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu tentang bahan jok dan interior yang umum digunakan, sebelum anda memilih mobil idaman atau memutuskan untuk mengup-grade kenyamanan dari interior mobil anda.

Karena tujuannya yaitu, dengan mengenal berbagai macam bahan jok dan juga interior, anda akan bisa mengetahui karakter, kelebihan, kekurangan, dan juga cara untuk merawatnya. Bahan jok dan interior umumnya dibagi menjadi empat material, yang pertama yaitu kulit asli, kulit sintetis, fabric sampai suede. Berikut penjelasannya mengenai bahan-bahan tersebut.

  • Bahan Fabric

Fabric merupakan kombinasi antara kain, kanvas, dan cotton. Fabric menjadi material paling umum yang digunakan sebagai bahan jok dan interior. Jenis fabric juga kerap digunakan lantaran harganya yang cukup terjangkau.

Untuk jok mobil umumnya menggunakan fabric sintetis dengan campuran bus/cotton, walaupun jenis fabric sendiri memiliki beberapa varian. Sehingga akan lebih nyaman apabila disentuh dan juga tahan lama. Sehingga produsen mobil kerap menggunakannya pada varian entry level.

Kelebihan lainnya, jenis fabric juga lebih kuat terhadap cuaca ekstrim seperti sengatan matahari. Tetapi dibalik keunggulannya, untuk bahan fabric akan sulit untuk dibersihkan, karena bahan fabric tersebut sangat menyerap kotoran dan juga air. Sehingga untuk membersihkannya harus lebih lama dan akan sulit disbanding dengan kulit. cara memperbaiki jok mobil yang keras bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Bahan Kulit Sintetis

Pada masa perkembangannya, kulit sintetis menjadi favorit lantaran memiliki fleksibilitas dan juga harganya yang lebih terjangkau dari kulit asli.

Untuk material kulit sintetis yang terbuat dari bahan dasar kain, yang diolah secara kimiawi dengan pewarna, lilin, atau polyurethane untuk dapat menghasilkan bahan dengan tekstur dan juga warna seperti kulit asli.

Dan akan lebih mudah untuk mix anda match pada interior karena kualitas bahan kulit sintetis juga lebih bagus. Untuk kulit sintetis juga memiliki kelebihan seperti tidak mudah pecah, lebih mudah dibentuk, dan tahan terhadap cuaca panas.

Lantaran memiliki ketebalan yang ideal, kulit sintetis kini juga memberikan handfeel (sensasi ketika menyentuh permukaan kulit). Ketika digunakan untuk melapisi segala macam bentuk jok mobil, akan lebih kuat dan tidak mudah rusak. Dan akan memberikan sensasi kenyamanan dengan adanya lapisan kulit yang tebal.

Untuk perawatan, kulit sintetis juga tidak sulit, karena sifatnya yang tidak mudah menyerap kotoran dan juga cairan. Apabila kesiram air atau kotor mudah untuk dibersihkan, hanya dilap saja.

Khusus kotoran yang membandel dapat diatasi dengan cleaner khusus kulit sintetis yang banyak di jual. Untuk anda yang ingin tampil beda, bahan jok dan interior dari kulit sintetis juga memiliki keunggulan lainnya, lantaran memiliki pilihan warna yang lebih bervariasi.

Dari warna yang kalem sampai warna yang terang. Dan untuk sekarang kulit sintetis memiliki tampilan warna gelap dan agak nge-doff. tips merawat jok mobil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Bahan kulit asli/premium leather

Berbeda dengan kulit sintetis, material dari kulit asli memiliki tekstur dan aroma khusu. Karena untuk bahannya menggunakan kulit hewan, sehingga harganya menjadi lebih mahal.

Dari segi nama, bahan jok dan interior dari kulit asli atau premium leather menggunakan kulit yang diambil dari hewan seperti domba atau sapi. Dan setelah melewati proses produksi, bahan kulit sintetis tersebut dapat digunakan sebagai bahan pelapis jok dan interior.

Ketika terpasang pada jok, kulit asli akan cepat mengikuti bentuk jok karena fleksibel dan mudah untuk dibentuk. Kelebihan kulit asli juga lembut dan nyaman ketika di sentuh. Kulit asli juga memiliki daya tahan yang baik dalam berbagai suhu.

Dengan tekstur yang nyaman dan juga aroma yang khas, dapat membuat kulit asli mampu memberikan nuansa premium pada bagian interior. Tetapi kulit asli ini apabila digunakan untuk bahan jok dan interior yaitu mudah retak ataupun pudar, terlebih pada saat terkena sinar matahari langsung.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya gunakan pelembab atau conditioner yang mengandung lanolin waxy cream. Karena untuk menjaga kondisi kulit. Apabila ke siram cairan, sebaiknya cepat di keringkan. Karena untuk kulit asli tersebut masih mempunyai pori yang dapat membuatnya lebih mudah menyerap cairan dan juga panas.

  • Bahan Suede

Di lain sisi, suede juga kerap digunakan pada pelapis interior pada mobil balap, lantaran mampu mencegah silau ketika dasbor terkena sinar matahari langsung dan memiliki bobot yang lebih ringan dibanding dengan material kulit.

Bahan jok dan interior jenis suede menjadi paling premium, karena kualitas dan tampilannya yang mampu memberikan tampilan berkelas dan personal. Dilihat dari sisi kenyamanan, suede dapat di jadikan favorit.

Karena lembut ketika di sentuh, halus, dan juga mampu menghadirkan kualitas premium karena kualitas kulitnya juga pilihan. Lantaran karakternya yang mudah rusak apabila terkena kotoran atau cairan, material suede memerlukan penanganan khusus.

Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan vacuum atau sikat khusus lembut. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil