Sponsors Link

Cara Aman Mencuci Mesin Mobil dan Penjelasannya

Tak usah ditanyakan lagi ya sobat, bahwasanya mesin dalam kendaraan kita adalah salah satu hal yang sangat penting dan bisa dibilang ibarat jantung pada manusia, maka begitulah fungsi dan peranan komponen mesin mobil tersebut dalam kendaraan anda.

Jika terjadi sesuatu masalah pada mesin ini  maka bisa dipastikan hal ini juga akan  berpengaruh secara keseluruhan pada performance mobil anda. Untuk itulah sobat, anda sebagai pemilik atau pengguna kendaraan diwajibkan untuk melakukan pengecekan, perawatan secara berkala dan juga tentunya tepat waktu untuk memastikan fungsi dan  peranan mesin kendaraan anda dalam kondisi yang stabil.

Berbicara mengenai perawatan mesin tersebut sobat, salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk merawatnya adalah dengan mencuci mesin mobil itu sendiri. Hal ini tentunya penting untuk anda lakukan mengingat fungsi dan peranan mesin tersebut sangatlah penting dan vital bagi kendaraan anda secara keseluruhan.

Selain itu, kebersihan mobil tersebut juga tidak  hanya berbicara mengenai kebersihan kabin atau eksterior saja, namun juga mesin  harus anda perhatikan. Selain itu, mesin tersebut juga sebagai  pusat dari dari kinerja mobil anda, sehingga membutuhkan perhatian dan perawatan yang khusus dari anda.

Mesin mobil tersebut akan beresiko kotor dan berkarat yang pastinya akan berbahaya pada saat anda mengendarainya. Dan biasanya mesin mobil yang kotor disebabkan oleh tetesan oli, panas mesin, dan juga berbagai hal yang lainnya, yang mengharuskan anda untuk memebrsihkannya secara berkala.

Lantas, bagaimana cara aman mencuci mesin mobil tersebut? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Cara Aman Mencuci Mesin Mobil

Sebelum mencuci mesin mobil, maka baiknya anda terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan sebut saja seperti bahan pembersih mesin mobil tersebut. Selain itu, pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin sebelum anda mencucinya. Berikut cara aman mencuci mesin mobil tersebut.

  • Bersihkan bagian mesin mobil yang paling mudah terlebih dahulu. Sebut saja seperti bagaian bawah mobil atau kap mobil. Semprot dengan air, namun jangan menggunakan semprotan yang bertekanan tinggi. 
  • Anda cukup menggunakan sabun khusus untuk mesin mobil, untuk membersihkan bagian bawah atau bagian kap mobil anda. Jika anda tidak memiliki sabun khusus untuk mesin mobil ini,  maka anda juga bisa menggunakan sabun colek, karena sabun  colek juga bisa meluruhkan kotoran pada mesin mobil anda tersebut. 
  • Setelah itu, gosok secara merata menggunakan sikat yang agak kasar, sehingga bersih dari  karatan. Setelah itu, bersihkan dan bilas dengan menggunakan air bersih. 
  • Dan yang perlu anda perhtikan adalah pada saat anda mencuci kap atau bagian bawah  mesin tersebut, maka pastikan sabunnya jangan sampai mengering, agar tidak meninggalakn bekas pada mesin. Setelah itu, barulah anda mengeringaknnya dengan menggunakan kain bersih.
  • Langkah berikutnya adalah mencuci bagian ruang mesin kendaraan anda. Semprotkan air terlebih dahulu pada ruang mesin ( dan pastikan jangan menggunakan tekanan tinggi ). Cukup anda menyemprotkanya dengan menggunakan selang biasa atau botol spray.
  • Anda bisa memulai membersihkan bagian belakang mesin dan dilanjutkan hingga kebagian depan mesin mobil anda. Anda juga dapat menggunakan spons atau kuas dengan pembersih untuk membersihkan bagian mesin kendaraan anda.
  • Pada bagian komponen radiator mesin dan AC, proses pencucian mungkin akan  terasa susah dan harus menggunakan tingkat kehati hatian yang tinggi. Silahkan anda membuka grill bagaian depan dan pastikan secara perlahan agar tak patah.
  • Apabila anda menggunakan engine degreaser, cobalah untuk menyemprotkan terlebih dahulu pada bagian mesin yang terkena noda dan diamka selama 10 menit. Setelah itu, anda dapat menggunakan kuas untuk menyapukan keseluruh bagian mesin mobil anda sehingga semua kotoran bisa anda bersihkan.
  • Khusus untuk bagian mesin yang terkena kerak oli dan susah untuk dihilangkan, anda dapat menggunakan pembersih khusus yang umumnya banyak dijual di toko otomotif, karena umumnya kerak bekas oli tersebut susah untuk dibersihkan. Maka gunakanlah cairan tersebut agar mendapatkan hasil yamng besar.
  • Untuk bagian yang kecil dan rumit, maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas yang kecil, agar bagian tersebut dapat dibersihkan dengan secara menyeluruh dan maksimal.
  • Selanjutnya anda bisa membilasnya, gunakan spray dan juga selang air yang tidak terlalu deras agar tida menyebar ke bagian bagian yang lainnya. Setelah itu, lap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian mesin yang terdapat noda tersebut.

Sebagai tambahan informasi, berikut ini adalah beberapa jenis pembersh mobil yang direkomendasikan untuk anda, antara lain :

Pembersih Mesin Mobil

  • Engine Clean, yakni pembersih mesin mobil yang digunakan pada kotoran kotoran yang cukup melekat pada mesin mobil.
  • Engine Dressing, yakni pembersih yang digunakan untuk mengembalikan warna komponen mesin mobil anda.

Sekian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda mengenai cara aman mencuci mesin mobil tersebut untuk anda. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa diulasan selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick