Sponsors Link

7 Ciri Ciri Mobil Bekas Yang Masih Bagus dan Berkualitas

Mobil sudah menjadi kebutuhan sendiri yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari, terutama bagi anda yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Sehingga tak heran jika banyak orang yang memasukkan mobil sebagai salah satu kebutuhan utama di dalam hidupnya. Namun bagi sebagian orang, mobil merupakan barang yang memiliki nilai cukup tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti jika anda tidak dapat memiliki mobil idaman. Solusi alternatif yang sering dilakukan orang-orang saat in adalah dengan membeli mobil bekas. Meskipun dalam kondisi second,  namun bukan berarti jika anda tidak bisa mendapatkan mobil bekas dalam kondisi yang masih baik. Bagi anda yang ingin mendapatkan mobil bekas dengan kondisi masih bagus, berikut ini ciri ciri mobil bekas yang masih bagus yang dapat anda perhatikan.

1. Kondisi Body Mobil Bebas Dari Penyok atau Lecet

Salah satu ciri ciri utama dari mobil bekas yang masih bagus dapat dilihat dari kondisi body mobil. Mobil bekas yang masih bagus akan terlihat dari body nya yang masih kinclong, bebas dari lecet maupun penyok. Jika kondisi mobil penuh dengan lecet dan beberapa bagian terlihat penyok, maka bisa menunjukkan kemungkinan ciri ciri mobil bekas tabrakan. Sehingga saat membeli mobil bekas, pastikan jika kondisi body mobil bebas dari lecet maupun penyok. Selain itu perhatikan kondisi cat mobil. Jika terdapat bagian yang belang, kemungkinan pemilik sebelumnya menutupi bagian yang lecet dan penyok.

2. Fitur-Fitur Mobil Masih Berfungsi Dengan Baik

Lanjut ke dalam bagian mobil, ciri ciri mobil bekas masih bagus dapat dilihat dari berfungsinya semua fitur-fitur yang ada pada mobil tersebut. Sehingga lakukanlah pengecekan seluruh fitur-fitur interior mobil, mulai dari sistem pendingin (AC), lampu mobil, fitur hiburan, dan lainnya. Jika kondisi fitur-fitur interior masih berfungsi dengan baik, tentu saja dapat dikatakan jika mobil bekas tersebut masih dalam kondisi yang bagus dan layak untuk dibeli.

3. Jarak Tempuh Mobil Normal

Ciri-ciri lainnya dapat dilihat dari jarak tempuh mobil tersebut. Kondisi mobil bekas yang bagus dan layak dibeli adalah jika jarak tempuh rata-rata mobil tersebut masih normal, tidak terlalu sedikit maupun tidak terlalu banyak. Rata-rata pemakaian mobil yang bagus adalah pada jarak 16.000-24.000 km setiap tahunnya. Jika kurang ataupun lebih dari angka tersebut kemungkinan jika terjadi resiko-resiko yang tidak diinginkan akan membuat anda mengeluarkan banyak biaya kedepannya.

4. Kondisi Mesin Mobil Masih Bersih

Kebersihan mesin dapat menunjukkan adanya permasalahan pada mesin kendaraan. Mobil bekas yang masih bagus tentunya memiliki kondisi mesin yang bersih. Hal ini menunjukkan jika pemilik sebelumnya merawat mesin mobil dengan baik. Sehingga lakukan lah pengecekan secara detail pada mesin mobil bekas tersebut. Perhatikan komponen-komponen pada mesin mobil, apakah terdapat bercak kotoran ataupun kerak yang menempel. Meskipun sepele, namun masalah kebersihan pada mesin kendaraan akan memunculkan sebuah permasalahan di kemudian harinya.

5. Kondisi Oli Masih Bagus dan Penuh

Kondisi oli mobil juga menjadi indikator jika mobil bekas tersebut masih dalam kondisi bagus atau tidak. Hal yang harus diperhatikan adalah volume dan kualitas oli mobil. Oli mobil yang masih bagus dapat dilihat dari warna oli. Oli yang masih baik berwarna merah ataupun merah jambu dan bening. Jika kondisinya mulai menghitam, maka menandakan jika pemilik mobil sudah lama tidak mengganti oli. Gunakan stick untuk memeriksa kondisi oli mobil. Selain itu kondisi mobil yang bagus juga dilihat dari volume oli yang masih full, karena hal ini menunjukkan jika tidak terjadi kebocoran pada oli mobil anda.

6. Suara Mesin Masih Halus

Jangan lupa untuk melakukan test drive dalam tips membeli mobil bekas. Dengan melakukan uji jalan anda bisa melihat dan merasakan jika tidak terdapat masalah pada mobil bekas tersebut. Pertama kali cobalah untuk menghidupkan mesin kendaraa, kondisi mobil bekas yang masih bagus memiliki kondisi mesin yang sehat pula. Kondisi mesin yang sehat ditunjukkan dengan satu kali start mesin saja mesin dapat langsung hidup. Sehingga jika anda harus berulang kali melakukan starting, maka menunjukkan jika terjadi kebocoran pada bagian kompresi.

Kondisi mobil yang masih bagus juga dapat terdengar dari suara mesin yang masih halus, meskipun sudah sering digunakan. Suara mesin yang tenang dan stabil merupakan ciri ciri mobil bekas yang masih bagus. Jika suara mobil bekas tersebut terdengar kasar dan terdapat hentakan, maka menunjukkan jika kondisi mobil bermasalah.

7. Asap Kendaraan Bening

Untuk mengetahui ciri ciri lainnya jika mobil bekas tersebut masih bagus dapat dilihat dari asap hasil pembakaran. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan kondisi mesin yang juga sehat. Mesin mobil yang masih sehat akan terlihat dari asap pembakarannya yang bening. Namun jika emisi yang dihasilkan berupa asap berwarna hitam ataupun putih tebal, maka menunjukkan jika terjadi kerusakan dalam mobil anda. Yang mana nantinya akan membutuhkan biaya banyak untuk memperbaikinya.

Nah itu tadi beberapa ciri ciri mobil bekas yang masih bagus yang dapat anda perhatikan. Ciri-ciri diatas tentunya harus ada saat anda memilih mobil bekas. Sehingga nantinya anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik di pasaran. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil