Sponsors Link

10 Perbedaan Mobil SUV dan MPV Terlengkap

Sponsors Link

Saat ini banyak sekali jenis mobil yang beredar di pasaran, dan tentu saja setiap jenis mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa jenis mobil yang mungkin tidak asing di telinga masyarakat adalah SUV dan MPV. Kedua jenis mobil ini memang sering dipilih kebanyakan orang sebagai pilihan mobil yang digunakan. Baik SUV dan MPV sama sama memiliki pembagian lagi di dalamnya, yaitu

ads

Mobil SUV

  • Medium SUV, jenis SUV dengan kategori mewah dan mahal dan memiliki ebntuk bodi mobil yang cukup besar namun hanya berkapasitas sekitar 5 orang didalamnya. Contoh: Suzuki Grand Vitara, KIA Sportage, Honda CRV, dan lainnya.
  • Low SUV, jenis SUV yang memang ditujukan untuk menengah ke bawah. Rata-rata berkapasitas 7 orang penumpang. Biasanya mobil ini dilengkapi dengan kaki-kaki serta aksesoris SUV. Contoh: Toyota Rush, Honda BR-V, Daihatsu Terios, dan lainnya
  • Mini SUV atau Crossover, jenis SUV yang memiliki bodi lebih kecil dibandingkan jenis SUV lainnya. Jenis SUV ini menggabungkan antara desain SUV dan MPV. Contoh: Nissan Juke, Suzuki S-Cross, dan lainnya.

Mobil MPV

  • Low MPV, jenis MPV yang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah dengan kapasitas penumpang hingga 7 orang. Harga jenis mobil ini memang terbilang murah sehingga banyak dipilih konsumen di Indonesia. Beberapa diantaranya pun juga sudah masuh ke dalam kategori LCGC. Contoh: Datsun Go+ Panca, Toyota Calya, dan lainnya.
  • Medium MPV, berada diatas kelas low MPV dengan ukuran bodi mobil yang cukup besar dan mengutamakan kelegaan dan kenyamanan kabin mobil. Harga nya pun juga terbilang masih dapat terjangkau. Contoh: KIA Sedona, Nissan Serena, dan lainnya.
  • Compact MPV, sebenarnya hampir sama dengan low MPV hanya saja harganya lebih mahal dikarenakan fitur-fitur serta kualitasnya yang lebih baik. Contoh: Toyota Sienta, Honda Freed, dan lainnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kedua mobil ini memiliki perbedaan satu sama lainnya. Nah berikut ini beberapa perbedaan dari mobil SUV dan mobil MPV yang dapat anda ketahui. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mini Cooper)

1. Dilihat Dari Tujuan Penggunaan Mobil

Perbedaan yang paling terlihat diantara kedua jenis mobil ini adalah tujuan dari penggunaan mobil ini. SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil yang ditujukan untuk dapat melewati berbagai jalan dan medan yang susah dan menantang ataupun digunakan sebagai keperluan olahraga-olahraga yang menantang adrenalin. Sedangkan MPV atau Multi Purpose Vehicle merupakan jenis mobil yang memang dirancang untuk keluarga. Sehingga lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain itu, mobil ini juga sering dilengkapi dengan bagasi yang cukup luas. Bahkan mobil ini juga dapat menampung hingga 7 orang penumpang di dalamnya. Ditambah lagi dengan sistem jok yang dapat dilipat, sehingga membuat bagasi dapat menjadi lebih luas lagi. Sehingga jenis mobil seperti ini dinamakan Multi Purpose, karena memiliki banyak fungsi. (baca juga: Macam Macam Velg Mobil)

2. Kapasitas Penumpang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mobil-mobil MPV memang diperuntukkan untuk keluarga. Sehingga tak heran jika memiliki kabin mobil yang cukup luas sehingga mampu menampung hingga 8 orang penumpang didalamnya. Sedangkan untuk mobil SUV, sebenarnya juga dapat dijadikan sebagai mobil keluarga hanya saja kapasitas penumpang yang dapat diangkut di dalam mobil lebih sedikit jika dibandingkan dengan mobil MPV. (baca juga: Cara Membuat Turbo Whistler)

Sponsors Link

3. Konsumsi Bahan Bakar

Pada mobil SUV biasanya dilengkapi dengan mesin-mesin yang berkapasitas besar, hal ini dikarenakan tenaga mobil harus kuat agar bisa melewati berbagai jalanan dan medan yang sulit. Karena hal ini lah membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya. Berbeda dengan jenis mobil MPV yang memang ditujukan sebagai mobil keluarga, kebanyakan sudah dilengkapi dengan sistem pengelolaan bahan bakar yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit. (baca juga: Cara Menyetel Gardan Mobil)

4. Sistem Penggerak 

Pada awal produksi mobil SUV, jenis mobil ini menggunakan sistem penggerak 4wd (Four Wheel Drive) yaitu 4 penggerak roda. Hal ini dikarenakan sistem penggerak ini dapat menghasilan tenaga dari mesin yang lebih besar yang disalurkan menuju semua roda agar dapat menggerakkan kendaraan. Namun seiring dengan berjalannya waktu beberapa SUV kini menggunakan sistem pengerak dua roda agar lebih menghemat konsumsi bahan bakar. Berbeda dengan mobil MPV, karena memang ditujukan sebagai mobil keluarga yang hemat bahan bakar. Hampir semua mobil MPV menggunakan sistem penggerak dua roda, bahkan hal ini masih dibagi lagi yaitu penggerak roda depan atau penggerak roda belakang. (baca juga: Mobil SUV Termurah

ads

5. Kapasitas Mesin

Hal lainnya yang menjadi perbedaan cukup signifikan antara mobil SUV dan MPV adalah pada mesin yang digunakan. Pada mobil SUV yang memang digunakan untuk melewati jalanan off road, maka sudah pasti membutuhkan mesin dengan kapasitas yang besar. Rata-rata mobil SUV dibekali dengan mesin yang memiliki kapasitas diatas 1500 cc. Sedangkan untuk mobil MPV sendiri kebanyakan dilengkapi dengan mesin berkapasitas dibawah 1500 cc.

6. Bobot Mobil

Karena memang didesain agar tangguh di berbagai jalanan off road maupun on road, maka membuat bobot mobil SUV menjadi lebih berat. Bahkan hampir semua mobil SUV lebih berat jika dibandingkan dengan mobil MPV. Rata-rata perbedaan beratnya dapat mencapai 0,5 ton hingga 1 ton. Sehingga bagi anda pemilih mobil SUV, sangatlah harus memperhatikan mengenai load index. Untuk mobil MPV sendiri, memang memiliki bobot yang ringan sehingga dapat mudah dikendarai di jalanan. Bobot yang ringan ini juga sering dikaitkan dengan material pembuatannya yang ringan.

7. Bodi Mobil

Sesuai dengan tujuannya, mobil SUV memang diperuntukkan untuk melewati medan yang sulit dilalui. Sehingga pembuatan mobil SUV menggunakan stuktur body on frame atau bodi mobil yang diposisikan berada diatas sasis. Cara ini memang dilakukan agar mobil dapat mudah melintasi jalanan yang off road sekalipun seperti tanah berlumpu hingga bebatuan. Keberadaan sasis ini memang membuat struktur mobil menjadi lebih kuat serta tidak mudah untuk berubah bentuk. Sedangkan MPV memang didesain lebih tinggi dan lebar sehingga kabin mobil menjadi lebih luas. Hal ini lah yang membuat jenis mobil MPV memang diperuntukkan sebagai mobil keluarga. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Brio)

8. Pilihan Ban Mobil

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bobot mobil antara SUV dan MPV berbeda satu sama lainnya. Bobot SUV memang lebih berat jika dibandingkan dengan MPV karena stuktur dari mobil tersebut. Hal ini tentu saja berpengaruh pada load index mobil tersebut. Load Index yang tidak sesuai tentu saja dapat berakibat pada ban yang dapat meledak karena kelebihan bobot. Kekuatan dari load index sendiri dapat dilihat dari berbagai hal, salah satunya yaitu pemilihan ban yang digunakan. (baca juga: Cara Merawat Power Steering)

Setiap jenis mobil tentu memiliki ukuran ban berbeda yang digunakan, sehingga jka anda salah pilih ban maka dapat berakibat fatal. Jika dulunya model ban hanya berjumlah 1-2, namun kini ban mobil lebih spesifik. Jika ban mobil untuk jenis MPV, maka dibuat lebih rapat lagi pada kembangannya. Sedangkan untuk mobil SUV dibuat dengan desain yang lebih kasar sesuai dengan tujuan penggunaannya tadi. (baca juga: Mobil MPV Terbaik)

ads

9. Ground Clearance

 Perbedaan lainnya yang paling terlihat dari jenis mobil SUV dan MPV adalah pada ground clearance nya atau jarak dari bodi ke tanah. Untuk mobil SUV sendiri memang ditujukan untuk melewati berbagai medan yang sulit sekalipun mulai dari on road hingga off road, sehingga tak heran jika ground clearance nya cukup tinggi. Berbeda dengan mobil MPV yang memang digunakan untuk keperluan mengendarai umumnya, rata-rata memiliki ground clearance yang rendah jika dibandingkan dengan mobil SUV. (baca juga: Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi)

10. Harga Mobil

Sebenarnya untuk harga mobil, baik MPV ataupun SUV memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan kategori mobil-mobil tersebut. Namun kebanyakan yang ada di pasaran, harga mobil MPV memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan SUV. Hal ini tidak mengherankan karena mobil SUV memang dilengkapi dengan fitur-fitur kelas premium. Bahkan harga mobil low SUV sendiri sama dengan MPV pada kelas terbaik. (baca juga: Cara Menyetel Rem Tangan)

Nah itu tadi beberapa perbedaan mobil SUV dan MPV. Tentu saja setiap jenis mobil memiliki karakteristiknya masing-masing. Tinggal anda sendirilah yang harus menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara yang anda inginkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 22nd, July 2017 / 16:52 Oleh :
Kategori : Info Mobil