Sponsors Link

Cara Memperbaiki Bumper Mobil Penyok Pakai Hair Dryer

Sponsors Link

Hair dryer merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengeringkan rambut seseorang. Hair dryer yang dapat menghasilkan udara atau angin yang kencang dan juga bisa disetel pada angin yang hangat atau panas. Hair dryer kerap kali digunakan para tukang ketok magic mobil untuk membenahi salah satu bagian mobil yang penyok.

ads

Pada saat ini mobil yang menjadi keluaran terbaru pada umumnya memiliki desain bodi yang lebih modern jika dibandingkan dengan mobil keluaran yang lama. Bahkan rata – rata bahan material bodi mobil modern lebih didominasi campuran serat alumunium, karbon, fiberglass dan juga plastik.

Ini jela berbeda dengan mobil yang dikeluarkan pada era 90 an yang masih menggunakan bahan plat logam serta besi pada bodi mobil sepenuhnya. Perubahan ini tak lain dan bukan demi menekan biaya produksi serta efektifitas dalam proses produksi dan tentunya lebih ramah lingkungan. aerodinamika pada body mobil merupakan pertimbangan cukup penting.

Terbyata oenggunaan bahan material dari fiberglass dan plastik mempunyai kelebihan tersendiri. Yakni untuk mempermudah perbaikan pada saat bodi mobil mengalami kerusakan. Bumper atau bagian bawah bodi mobil sangat rentan mengalami kerusakan, terutama penyok, pada saat megalami benturan atau hanya sekedar bersenggolan halus saja dengan benda lain yang lebih keras atau sejenisnya karena pada bagian tersebut terbuat dari bahan plastik.

Pada bagian tersebut bisa diperbaiki tanpa harus pergi ke bengkel resmi. Hair dryer merupakan salah satu alat yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki bagian bumper mobil yang penyok. Alat ini biasa digunakan untuk mengeringkan dan menata rambut bisa menjadi alat bantu untuk mengembalikan bumper mobil penyok menjadi seperti semula.

Bila bodi mobil atau bumper hanya mengalami penyok sedikit saja atau tidak terlalu parah, maka anda tidak perlu membawanya pergi ke bengkel resmi, kita lihat dahulu. Kalau kita bisa tangani kerusakan itu sendiri, itu akan mengirit pengeluaran dan pastinya memberi rasa kepuasan tersendiri bagi anda. Terpenting kerusakannya tidak terlalu besar.

Cara melakukan cara ini pun cukup mudah saja, hanya bermodalkan hair dryer dan cairan karbondioksida. Seseorang bertugas memanaskan bagian luar bumper. Sementara seseorang lagi bertugas untuk menekan dari bagian dalam bumper yang sudah panas tadi sehingga kembali ke bentuk aslinya. Anda dapat membeli cairan karbondioksida pada toko kimia terdekat.

Cara ini memanfaatkan perubahan suhu secara tiba – tiba dari panas menjadi dingin, dimana penyok bodi mobil ini akan tertarik akibat hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastis di dalm waktu yang sangat singkat.

Seperti yang anda ketahui, hair dryer mampu meningkatkan suhu secara drastis dan cairan karbondioksida yang mampu menurunkannya secara cepat sekitar -109 derajat celcius. Dengan perubahan suhu yang drastis dapat mengembalikan bentuk bodi mobil yang tadinya penyok menjadi ke bentuk semula lagi. Namun ingat, cara ini hanya dapat anda gunakan untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan ukuran yang kecil bukan dalam skala yang besar dan terdapat bagian yang hancur.

Walaupun membutuhkan sedikit ketelitian dan kesabaran, namun hal ini diyakini sebagai salah satu solusi untuk menghemat biaya servis di bengkel profesional yang harganya bisa saja lebih mahal dari sekedar membayar biaya bulanan listrik rumah anda. Setelah itu jika anda mendapati cat mobil anda yang tidak rata maka anda dapat mengecat ulang dengan menggunakan cat semprot atau anda bisa membaanya ke bengkel cat.

Selain menggunakan bahan – bahan kimia, anda juga sapat memperbaiki bodi mobil anda menggunakan hari dryer tetapi dengan cara yang lebih tradisional. Namun cara ini sebaiknya dilakukan oleh dua orang agar lebih mudah dikerjakan. Cara ini juga sangat mudah cukup mengarahkan pengering rambut ke bagian bodi mobil yang pentok tersebut. Semakin panas suhu hair dryer maka akan semakin bagus.

Lalu setelah dirasa cukup, anda bisa menghentikan perbaikan tersebut. Sekali lagi saya ingatkan bahwa cara ini tidak disarankan untuk kerusakan pada bodi atau bumper mobil yang mengalami penyok secara berlebihan. Cara ini dapat anda terapkan hanya pada bumper mobil yang mengalami penyok pada skala tertentu saja atau penyok pada bumper kecil. jenis kerusakan pada bumper mobil juga wajib anda ketahui untuk memberikan penanganan terbaik.

Jika penyok yang terjadi pada bumper mobil anda cukup besar skalanya. Maka disarankan untuk anda membawa mobil ke bengkel yang menerima jasa perbaikan bodi mobil. anda juga dapat membawanya ke tukang cat dan disana penyok pada bumper yang besar. Tukang cat atau tenaga di sana akan mendempul bagian bumper mobil anda yang penyok.

Lalu kemudian langkah selanjutnya setelah didempul adalah mengamplas bagian yang didempul tadi hingga rat dengan bagian disekitarnya. Kemudian jika proses pengamplasan selesai tukang cat tersebut akan mengecat bagian yang didempul tadi menggunakan warna yang sama dengan warna mobil anda.

Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai cara memeperbaiki bumper mobil yang penyok menggunakan hair dryer. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil