Sponsors Link

Penyebab Mobil Ngebul dan Berisik

Menjadi pemilik kendaraan tentunya mewajibkan anda untuk terus menerus melakukan perawatan agar peforma mobil yang anda miliki tetap terjaga dengan baik dan meminimalisir terjadinya kerusakan kerusakan yang menganggu peforma mobil yang anda jalankan. Salah satu masalah yang bisa saja terjadi pada mobil akibat kurangnya perawatan adalah mobil menjadi ngebul. Mobil ngebul sebenarnya bisa menjadi masalah atau bukan menjadi masalah. (baca juga: Perbedaan Panther Touring dan Grand Touring)

Mobil yang ngebul dapat diartikan jika kendaraan tersebut terus mengeluarkan asap melalui knalpot mobil. Asap tersebut dapat berwarna putih maupun berwarna hitam. Mobil ngebul dengan mengeluarkan asap warna putih tersebut menandakan jika di dalam proses pembakaran melibatkan oli yang ikut terbakar. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya mengapa mobil dapat ngebul mengeluarkan asap berwarna putih, seperti:

  • Seal klep yang mengalami kebocoran, seal valve atau seal klep memiliki fungsi untuk dapat mencegah oli dapat mengalir menuju saluran ruang bakar yang ada dalam mesin. Bila seal klep mengalami kebocoran atau robek, maka tentu saja membuat gas buang yang melalui knalpot berrwana putih tebal dikarenakan oli meresap serta mengalir ke dalam ruang bakar. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Brio)
  • Ring piston mengalami kebocoran, fungsi dari ring piston disini adalah sebagai sealing yang berfungsi untuk merapatkan pada bagian piston serta silinder head agar mencegah terjadinya kebocoran kompresi dalam bagian mesin. Jika terjadi kebocoran maka tentu saja membuat gas buang berbentuk asap putih yang tebal (baca juga: Mobil MPV Diesel Paling Irit)
  • Kebocoran Kit Master Rem, hal ini ditandai dengan terjadinya rembesan yang mana berasal dari tabung master rem serta masuk ke dalam bagian tabung booster. Dan akhirnya menggenang serta ikut terbakar ketika kondisi mesin panas yang akhirnya menyebabkan asap putih tebal keluar melalui knalpot. (baca juga: Perbandingan Mobil Rush dan Terios)

baca juga:

Namun jika mobil anda ngebul dengan mengeluarkan asap berwarna hitam, maka menandakan jika dalam pembakarannya kaya akan campuran bahan bakar serta udara yang mana dapat menghasilkan Hidrocarbon yang lebih banyak. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan mobil mengalami ngebul, antara lain adalah:

  • Oli mobil yang tidak pernah diganti, hal ini dikarenakan oli tersebut nantinya akan membuat perputaran yang terjadi antara mesin dan oli. Sehingga penggantian oli mobil memang harus diperhatikan. (baca juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas)
  • Penyaringan filter asap yang tidak bekerja optimal sehingga membuat asap knalpot menjadi mengebul dan membuat polusi udara membahayakan untuk orang-orang di sekitar.
  • Ketidaksempurnaan saat proses pembakaran pada bahan bakar minyak, semisal premium atau solar. Hal ini dikarenakan saluran serta klep injektor dalam kondisi kotor dikarenakan adanya kesumbat kotoran yang akhirnya terbawa oleh bahan bakar. (baca juga: Ciri Kampas Rem Mobil Habis)
  • Tidak melakukan servis mobil secara rutin sehingga menyebabkan mobil akan mengebul bahkan hingga mengeluarkan bunyi yang kasar. (baca juga: Penyebab Air Radiator Berkurang)

Mobil yang ngebul dengan mengeluarkan asap berwarna hitam dapat ditangani dengan cara melakukan servis dan penyetelan pada campuran bahan bakar serta udara. Sedangkan jika mobil ngebul dengan mengeluarkan asap berwarna putih, maka hal yang harus anda lakukan adalah mencari tahu penyebab oli tersebut dapat ikut terbakar. (baca juga: Ciri Ciri Alternatir Mobil Rusak)

Untuk mengetahui bagaimana asal dari oli tersebut dapat masuk ke dalam ruang bakar, anda bisa melakukan tes kompresi. Tes kompresi ini dapat dilakukan dengan cara memasukkan beberapa tetes oli di dalam ruang bakar dengan melalui lubang busi. Dan setelah itu anda bisa melihat hasil tes kompresi tersebut. Bula tes kompresi naik saat oli tersebut ditambahkan di dalam ruang bakar, maka hal tersebut menandakan jika terdapat bagian yang bocor yang kemudian menyebabkan oli yang ada di bagian bawah kepala silinder masuk ke dalam ruang bakar, entah itu pada bagian gasket ataupun pada bagian blok silinder dan ring piston. (baca juga: Ciri Ciri Kampas Kopling Mobil Habis)

Namun jika tekanan kompresi tersebut tetap sama bahkan tidak mengalami kenaikan saat oli sedang ditambahkan di dalam ruang bakar maka hal tersebut menandakan jika pada bagian yang bocor tersebut menyebabkan oli yang berasal dari bagian atas silinder dapat masuk bisa melalui mekanisme katup nya. Setelah anda mengetahui dari mana asalnya oli tersebut dapat masuk, maka anda bisa langsung segera melakukan perbaikan. (baca juga: Penyebab Lampu Depan Mobil Mati)

Cara Merawat Mobil Yang Sering Ngebul

Jika anda memiliki mobil yang seringkali negbul, maka tentu saja anda harus memberikan perhatian yang cukup ekstra pada mobil yang anda miliki. Berikut ini beberapa perawatan mobil yang sering ngebul yang dapat anda lakukan.

  • Lakukan penggantian oli mobil, setidaknya 1x dalam sebulan. Hal ini diperuntukkan agar oli mobil dapat bekerja optimal untuk menyaring kotoran yang berada di dalam bahan bakar.
  • Bersihkan beberapa bagian yang ada di bagian penyaringan mobil secara rutin. Hal ini dilakukan untuk dapat membuat kondisi bagian dalam mobil selalu bersih dan menghindari resiko penumpukan kotoran yang menganggu peforma mesin mobil. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Mini Cooper)
  • Lakukan turun mesin, hal ini adalah cara terakhir yang dapat anda lakukan jika memang mobil anda sudah tidak dapat diajak berkompromi lagi. Turun mesin ini diperuntukkan untuk memperbaiki setiap bagian di dalam mobil hingga mobil bekerja kembali layaknya mobil baru.
  • Jangan lupa untuk melakukan servis mobil, setidaknya 1 kali dalam sebulan. Memang sedikti sering karena kondisi mobil anda yang memang kurang begitu baik.
  • Hindari untuk membersihkan mobil jika mobil menunjukkan gejala-gejala yang tidak sesuai. Hal ini akan membuat mobil malah menjadi cepat rusak. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla)
  • Perhatikan pula perawatan suku cadang. Pemilihan suku cadang yang tepat dan baik juga dapat membuat pembersihan mobil akan lebih cepat. (baca juga: Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Rendah)

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mobil ngebul yang dapat anda ketahui. Kondisi mobil yang seperti ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan menganggu peforma mobil. Lakukan perawatan dan servis secara berkala sehingga kondisi mobil anda tetap terjaga dengan baik. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis