Sponsors Link

3 Pelindung Cat Mobil Terbaik – Jenis dan Penggunaannya

Sponsors Link

Saat ini perlindungan terhadap cat mobil atau biasa disebut paint protection menjadi sebuah keharusan bagi anda yang memiliki kendaraan mobil dan sejenisnya. Kondisi jalanan yang semakin padat memungkinkan setiap kendaraan dapat bergesekan satu sama lain sehingga menyebabkan bodi mobil dapat tergores oleh mobil lainnya, sepeda motor, atau bahkan dengan berbagai benda tajam.

ads

Selain itu, pengaruh terik sinar matahari, air hujan, pemilihan shampo mobil yang tidak tepat dan adanya kandungan garam pada air di sekitar dapat mempercepat pemudaran cat pada mobil bahkan juga dapat membuat beberapa bagian mobil yang berbahan logam menjadi  berkarat dan keropos.

Maka dari itu paint protection sangat penting untuk sebuah mobil. Bahkan setiap pembelian mobil baru, pembeli akan langsung ditawarkan untuk pemakaian paint protection pada mobil mereka. Dengan adanya perlindungan cat pada mobil akan membuat cat mobil tetap awetdan tidak berubah warna (memudar).

Akan tetapi bagi anda yang ingin melakukan paint protection, akan lebih baik apabila anda mengetahui dan mempelajari lebih lanjut tentang paint protection , karena banyak sekali jenis nya dan cara pemakaiannya yang berbeda beda. Sehingga anda dapat memutuskan paint protection seperti apa yang cocok untuk mobil anda. Baca juga: mengecat mobil.

Jenis-Jenis Bahan Perlindungan Cat Mobil

Terdapat tiga jenis bahan paint protection yang dapat anda gunakan pada kendaraan anda. Berikut penjelasan dan ciri masing-masing jenis bahan paint protection yang terkenal sebagai pelindung cat mobil terbaik :

1. Wax

Pelindung Cat Mobil pertama adalah Wax. Jenis bahan paint protection ini hanya bersifat sementara, jenis wax hanya mampu bertahan selama 2 minggu sampai 6 bulan. Apabila anda terlalu sering mencuci mobil atau mobil anda sering terkena hujan, maka lapisan wax akan lebih cepat memudar dan cat mobil akan kembali menjadi kusam.

Kebanyakan  jenis wax,  terutama untuk yang memiliki karakteristik wet look pasti terdapat kandungan minyak didalamnya. Sehingga terasa lengket ketika anda menyentuh bodi mobil. Selain itu, debu dan kotoran akan mudah menempel di permukaan cat dan susah untuk membersihkannya.

2. Polymer/Plastik (Protection Film)

Keunggulan dari jenis bahan paint protection ini dibandingkan dengan jenis wax adalah dapat bertahan lebih lama. Kelebihan lainnya adalah jenis bahan ini sangat tahan dari noda dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Namun harganya relatif mahal apalagi jika anda menginginkan pelapisan jenis bahan ini di seluruh permukaan mobil anda.

Bahan ini memiliki beberapa pantangan tertentu yang harus diperhatikan pemilik mobil. Beberapa pantangan yang harus dihindari antara lain adalah jangan mencuci mobil dengan menggunakan air panas, hindari mobil dari air hujan dan paparan sinar matahari yang terus menerus, pilihlah shampo mobil yang tepat, jangan memilih  shampo dengan kandungan pH yang tidak seimbang, dan perhatikan penggunaan air, jangan menggunakan air yang sembarangan untuk mencuci mobil. Apabila mobil anda terlihat kotor karena debu, anda tidak cukup membersihkan nya dengan kemoceng saja namun dengan air.

Sponsors Link

3. Keramik

Jenis bahan paint protection ini memiliki sifat yang permanen dan dapat bertahan selama kurang lebih dua tahun. Tidak ada pantangan khusus bagi anda yang menginginkan jenis bahan ini sebagai perlindungan cat mobil anda. Anda dapat menggunakan jenis air dan shampo apapun untuk mencuci mobil anda. Keunggulan ini disebabkan karena sifat dari jenis bahan keramin yang keras dan tahan lama. Selain itu, sifat dari jenis bahan keramik lainnya adalah mempunyai penampilan yang kilap seperti cermin sehingga mobil anda akan memiliki gaya wet look yang tahan lebih lama.

Salah satu paint protection berbahan keramik adalah  Nano Ceramic. Jenis paint protection ini diproses dengan menggunakan teknologi nano yang menjadikan partikel keramik memiliki ukuran nano sehingga dapat menutupi pori-pori cat sangat rapat sehingga dapat mencegah kotoran dan debu masuk ke dalam pori-pori cat. Selain itu, dengan perlindungan nano ceramic juda dapat mencegah terjadinya jamur, oksidasi udara, dan mampu melindungi bodi mobil dari sinar UV.

Cara Penggunaan Pelindung Cat  

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk melindungi cat mobil anda agar tetap seperti aslinya. Salah satunya dengan paint protection. Berikut beberapa cara paint protection yang dapat anda aplikasikan pada mobil anda:

1. Pelapisan Wax

Proses waxing pada mobil yaitu berarti memberikan lapisan (sejenis lilin) yang tipis sehingga menutupi permukaan bodi mobil. Cara melapisi wax pada mobil harus dilakukan secara tepat agar tidak merusak mobil. Agar mendapat hasil yang maksimal, anda harus mencuci mobil anda terlebih dahulu dengan menggunakan air. Keringkan bodi mobil anda dengan menggunakan kain chamois agar dapat kering dengan sempurna.

Hal ini dikarenakan, pengeringan mobil yang tepat dapat membuat wax menempel dengan sempurna nantinya. Selanjutnya melapisi permukaan mobil dengan wax dengan cara memberi tekanan pada wax dan sambil diputar. Semakin lama waktu pemutaran akan memberikan hasil pelapisan yang maksimal. Lakukan pelapisan ini pada seluruh bagian luar mobil. Setelah itu lakukan pengelapan menggunakan lap mikrofiber. Proses waxing akan sempurna ketika suhu mobil anda dingin. Jangan lupa untuk memilih wax yang sesuai dengan warna mobil anda.

2. Sealant

Sealant merupakan proses pelapisan cat mobil menggunakan polymer, PTFE, glasspexin man made ataupun kombinasinya. Cara ini mungkin satu tingkat diatas proses wax karena sealant dapat bertahan selama 3-5 bulan. Keuntungan yang bisa anda peroleh dengan menggunakan proses sealant adalah dapat memberikan perlindungan yang lebih kuat daripada wax, sangat susah dihilangkan dan tahan lebih lama dibandingkan wax. Namun pada hasil akhirnya, penampilan mobil tidak seglow ketika menggunakan wax.

3. Nano Ceramic

Nano Ceramic merupakan perlindungan cat mobil dengan menggunakan bahan keramik. Keunggulan dari nano ceramic adalah daya tahannya yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan wax atau sealant. Nano ceramic adalah membentuk lapisan seperti kaca keras yang digunakan untuk melindungi seluruh bagian bodi mobil anda. Daya tahannya permanent dan dapat bertahan hingga beberapa tahun. Cara merawatnya pun tidak terlalu susah, anda hanya perlu mencuci mobil dengan metode yang benar. dan menggunakan shampo mobil yang memiliki pH balance. Pengerjaan proses nano ceramic membutuhkan waktu 2-3 hari pengerjaan tergantung dari kondisi awal dan ukuran mobil.

Sponsors Link

Mobil yang akan dilapisi akan melewati proses correction terlebih dahulu. Proses correction pertama yaitu mencuci bodi mobil agar bersih dan mengclay bodi mobil dengan clay bar. Hal ini agar kotoran-kotoran dapat terangkat dengan sempurna.  Proses correction kedua yaitu menghilangkan cacat yang terdapat pada permukaan mobil, hal ini hanya dapat dilakukan oleh profesional detailer. Proses menghilangkan cacat yang ada biasnaya menggunakan polish, compound dan lainnya. Setelah itu, mobil akan dilapisi Nano Coating. Pada proses ini dilakukan di ruangan tertutup steril dengan suhu ruangan normal. Tunggu hingga beberapa saat agar kering merata antara coating dan bodi mobil anda.

4. Premium Shield

Premium Shield merupakan pelapisan cat mobil terbaru dengan menggunakan protection film. Produksi premium shield berasal dari Amerika Serikat dan menjadi produk yang memiliki angka penjualan fantastis. Bagian mobil yang dilindungi premium shield mulai dari kap mesin,fender, spion, bemper depan, pilar A, lampu depan, splash guard, rocker planel, dan roof edges.

Bahan yang digunakan dalam premium shield yaitu plastik adhesif. Bahan ini dapat melindungi cat mobil di daerah-daerah tertentu yang tergores pada dengan kendaraan lain ataupun benda tajam. Premium shield sendiri juga dapat digunakan untuk headlamp agar melindunginya dari kabut, perubahan warna, atau goresan.

5. WetGloss

Saat ini wetgloss merupakan teknologi pelapisan cat mobil yang terbaru. Wetgloss merupakan pelapisan cat yang menggunakan teknologi coating protection yang memiliki hasil permanen. Berbeda dengan pelapisan cat biasanya, wetgloss hanya memerlukan satu kali pengaplikasian untuk daya tahan yang cukup lama (jaminan minimal 5 tahun). Wetgloss memiliki ketebalan sekitar 800 micron atau 0,8 mm setelah diaplikasikan pada mobil.

Hal ini sangat berbeda pada pelapisan cat lainnya yang hanya memiliki ketebalan sekitar 150 micron dari lapisan bodi mobil ke lapisan pernis. Harga wetgloss di Indonesia saat ini masih terbilang mahal, yaitu sekitar Rp 20.000.000 untuk yang standar. Untuk yang flat bahkan mencapai minimal Rp 80.000.000.


Artikel Terkait

Artikel Lainnya


Bagaimana? Apakah anda sudah jelas memahaminya?  Pilihlah paint protection yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda. Pastikan memilih tempat pelapisan cat mobil anda di tempat yang terpercaya dan direkomendasikan. Semoga informasi diatas dapat membantu anda memilih perlindungan cat mobil yang tepat untuk anda.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 30th, November 2016 / 10:01 Oleh :
Kategori : Perawatan