Sponsors Link

10 Cara Merawat Mobil Baru dengan Baik dan Benar

Sponsors Link

Cara merawat mobil baru sangatlah mudah. Memiliki mobil tentunya menjadi idaman bagi setiap orang. Bagi anda yang memiliki mobil baru tentunya akan menjaga dan merawat mobil agar tetap prima ketika digunakan. Meskipun mobil baru bukan berarti mobil tersebut tidak memerlukan perawatan intensif seperti mobil-mobil lainnya. Mobil baru anda perlu perawatan agar tetap terlihat bagus baik dalam penampilan maupun dalam peforma mesin.

ads

Anda pun dapat melakukan perawatan rutin tersebut dirumah. Meskipun perawatan ini sederhana, namun akan mempengaruhi kinerja mobil anda. Nah bagi anda yang memiliki mobil baru, berikut beberapa cara merawat mobil baru yang dapat anda lakukan untuk menjaga peforma mobil anda. (Baca juga: Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil)

1. Menjaga Interior Mobil dari Jamur

Cara merawat mobil baru yang pertama adalah dengan menjaga bodi mobil dari jamur yang biasanya dapat menyerang bagian kaca mobil maupun cat bodi mobil. Bila sampai terdapat jamur yang melekat pada bagian bagian mobil tersebut tentunya akan mengurangi tampilan mobil anda dan membuat mobil terlihat kotor.

Untuk menghindari jamur pada mobil, hal yang anda lakukan sangatlah mudah. Anda hanya perlu menjaga kondisi mobil tidak dalam keadaan lembab jangan biarkan mobil terkena hujan lalu panas secara terus menerus. Sebaiknya ketika mobil terkena hujan, lakukan pembersihan dengan menggunakan lap kering.

Anda dapat menggunakan lap microfiber untuk membersihkan mobil anda. Jangan menggunakan mantel pada mobil ketika sedang hujan, hal ini justru akan memancing munculnya jamur-jamur pada bagian bodi mobil anda. (Baca juga: Tips Memilih Amplifier Mobil)

2. Rutin Mencuci Mobil

Cara merawat mobil baru selanjutnya adalah rutin mencuci mobil anda. Meskipun terkesan sepele, namun nyatanya membersihkan mobil dengan teratur dapat mempengaruhi kinerja mobil anda. Sebenarnya, mencuci mobil sendiri adalah hal yang mudah hanya saja diperlukan kehati-hatian dan kecermatan sehingga nantinya tidak ada bagian mobil yang rusak akibat proses pencucian mobil tersebut.

Cucilah mobil setiap kali mobil kotor, hal ini akan sangat membantu untuk membersihkan kotoran-kotoran yang melekat selama anda mengendarai nya. Kotoran yang terlalu lama melekat akan susah untuk dibersihkan dan mengakibatkan kerusakan pada bagian mobil tersebut. Setelah mencuci bersih, gunakan lap microfiber untuk mengeringkan nya agar tidak menimbulkan baret pada bodi mobil anda. Bila anda ragu, anda dapat mencuci mobil di salon-salon mobil.

Baca juga:

3. Menghindari Sinar Matahari Berlebih

Bukan tidak mungkin bila mobil anda tentunya akan terkena paparan sinar matahari selama perjalanan. Namun cobalah untuk sebisa mungkin mengalihkan kendaraan pada posisi yang teduh. Misalnya saja, parkir kan mobil anda pada tempat tempat yang teduh dibawah pohon atau di garasi ketika sedang berada di rumah. Hal ini akan mengurangi efek dari paparan sinar matahari tersebut.

Anda juga dapat memberikan kain penutup pada mobil anda bila kondisi sedang panas.  Terkena sinar matahari yang berlebih akan membuat cat mobil anda menjadi cepat kusam dan memudar. Tentunya anda tidak ingin bukan bila cat bodi mobil anda cepat memudar? (Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil)

4. Menjaga Cat Mobil

Cara merawat mobil baru lainnya adalah menjaga cat bodi mobil anda. Pengaruh cuaca, sinar matahari, dan lainnya dapat membuat cat mobil anda menjadi kusam. Anda dapat menggunakan pelindung cat mobil. Saat ini terdapat beberapa jenis pelindung cat mobil di pasaran dengan harga, kelebihan dan kekurangan masing-masing yang berbeda. Anda dapat menanyakan ke tempat-tempat yang menyediakan jasa pelapisan cat agar lebih jelas.  (baca juga: Pelindung Cat Mobil Terbaik)

Sponsors Link

5. Rutin Membersihkan Bagian dalam Mobil

Selain membersihkan bagian luar mobil secara rutin, anda juga harus memperhatikan kondisi interior mobil anda. Untuk membersihkan bagian dalam mobil, anda hanya perlu menyiapkan lap bersih dan cairan pembersih. Semprotkan cairan pembersih ke lap kering kemudian gosokkan bagian-bagian interior yang akan dibersihkan dengan menggunakan lap tersebut.

Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke bagian mobil, takutnya akan terjadi hal-hal yang dapat mengganggu bagian kelistrikan mobil sehingga menimbulkan kerusakan. Bagian yang anda dapat bersihkan merupakan bagian mobil berbahan karet saja seperti dashboard, doortrim, dan bagian lainnya.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan debu di dalam mobil secara rutin. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner khusus untuk mobil. Bersihkan debu-debu yang menempel pada bagian kolong jok mobil, karpet, sela-sela mobil, dan lainnya. Bila anda tidak memiliki vaccum cleaner, anda dapat mencuci bagian mobil yang terbuat dari karet atau kain tersebut.

Keluarkan bagian-bagian mobil yang kotor, cuci hingga bersih dan kemudian keringkan. Dengan rutin membersihkan debu pada mobil akan membuat sirkulasi udara didalam mobil akan lebih sehat dan bersih. Selain itu, hal ini juga dapat menjaga filter udara didalamnya agar lebih tahan lama dalam pemakaian.

6. Merawat Mesin Mobil

Mesin mobil merupakan komponen penting yang bekerja untuk menggerakkan kendaraan. Namun seringkali, kondisi mesin mobil tidak terlalu diperhatikan oleh para pemiliknya. Kondisi mesin sangat berpengaruh pada kinerja mobil, sehingga diperlukan perawatan khusus untuk mesin mobil.

Cara perawatan yang mudah adalah dengan rutin membersihkan debu-debu yang ada pada bagian mesin mobil. Anda dapat membersihkannya dengan cara mengelap dengan kain ataupun dengan menggunakan sikat pembersih. Saat ini sudah banyak jenis pembersih khusus untuk meisn mobil yang dijual di pasaran.

7. Rutin Mengganti Oli Mesin

Salah satu hal yang wajib anda lakukan sebagai cara merawat mobil baru adalah rutin melakukan pergantian oli mobil anda. Paling tidak lakukan hal ini selama enam bulan sekali. Oli yang terlalu lama didalam mesin mobil akan menyebabkan pengendapan sehingga menimbulkan gangguanpada peforma mesin mobil anda. Selain oli mesin, perhatikan pula kondisi oli power steering, rem, dan transmisi. Fungsi oli dalam mobil akan melancarkan kinerja komponen-komponen didalam mobil.

8. Gunakan BBM yang Berkualiatas

Tips dan cara merawat mobil baru  yang lainnya adalah dengan menggunakan bahan bakar kendaraan yang berkualitas. Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat akan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil anda. Sehingga akan mempengaruhi kinerja dari mesin mobil anda sendiri. Anda dapat membeli bahan bakar resmi dan terdaftar di stasiun pengisian bahan bakar.

9. Bersihkan Bagian Bawah Mobil

Selain membersihkan bagian luar dan dalam mobil, anda juga perlu memperhatikan kondisi bagian bawah mobil. Anda dapat menggunakan kain dan cairan pembersih untuk membersihkan debu dan kotoran yang melekat di bagian-bagian kolong spartbor dan bagian bawah lainnya.

Tujuan dari membersihkan bagian bawah mobil secara teratur akan menjaga bagian mobil yang berfungsi sebagai penopang bodi mobil dari bahaya karat yang dapat merusak bagian mobil tersebut. Jangan lupa untuk rutin memeriksa ban mobil anda ketika akan bepergian. Baik tekanan angin maupun ketebalan ban. Pemeriksaan rutin ini dapat menghindari anda dari bahaya kecelakaan dalam berkendara.

Sponsors Link

10. Hindari Penggunaan Kendaraan yang Tidak Tepat

Beberapa hal yang perlu dihindari pada penggunaan mobil baru adalah menggunakan mobil dengan kecepatan yang tinggi. Upayakan untuk menghindari menggunakan mobil dengan kecepatan yang tinggi, hal ini akan membuat anda mempercepat kerusakan pada mesin mobil. Selain itu, perhatikan penggunaan transmisi yang benar. Sesuaikan transmisi mobil anda dengan fungsi yang sebenarnya. Bila anda sedang dalam kecepatan yang rendah, maka gunakan gigi yang rendah begitupun sebaliknya.

Hindari juga untuk terlalu sering mengerem mobil secara mendadak , selain membuat kampas rem mobil anda menjadi cepat rusak. Perlakuan ini akan membahayakan anda dalam berkendara. Dan yang terakhir, sesuaikan beban yang ada di mobil anda dengan beban ideal. Hindari memasukkan muatan yang berlebih yang dapat membuat mobil anda cepat rusak. Kelebihan muatan juga dapat menyebabkan mobil menjadi tidak stabil dan menjadi penyebab kecelakaan dalam berkendara.

Nah itu tadi beberapa cara merawat mobil baru sehingga mobil dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perawatan mobil tidak hanya dilakukan pada mobil mobil baru saja namun pada mobil yang sudah lama anda gunakan. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 28th, December 2016 / 03:13 Oleh :
Kategori : Perawatan