Sponsors Link

6 Jenis Jenis Mobil: Ciri Ciri, Karakteristik, dan Contoh

Sponsors Link

Sejak pertama kali diproduksi hingga saat ini, mobil telah mengalami perubahan yang sangat siginifikan. Bila dulunya mobil hanya digunakan untuk bepergian dengan cepat yang kecepetannya hanya mencampai 10 mph, kini mobil telah mengalami kemajuanj dengan kecepatan rata-rata mencapai 150-200 mph. Tak hanya mengalami perubahan pada kecepatan, bahkan mobil-mobi saat ini dibekali dengan teknologi yang tinggi, sehingga membuat pengguna semakin nyaman ketika berkendara. Saat ini banyak sekali tipe-tipe mobil yang beredar di pasaran, tentunya setiap tipe memiliki ciri, bentuk, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. (baca jug: Cara Membersihkan Velg Mobil)

ads

1. Tipe Mobil Convertible

Tipe Mobil ConvertibleSalah satu jenis mobil yang populer di pasaran saat ini adalah tipe mobil conertible. Mobil ini biasanya memiliki bentuk yang kecil dengan bagian atap yang dapat dilipat sehingga membuat pengguna mobil dapat mengubah mobil dari kendaraan tertutup menjadi kendaraan terbuka.

Terdapat dua jenis mobil tipe convertible ini, antara lain adalag covertible soft top dan hard convertible. Untuk jenis mobil tipe convertible soft top biasanya pada bagian atap terbuat dari bahan vinyl atau kanvas.

Sedangkan pada mobil tipe hard convertible, bagian atap biasanya berbahan baja atau plastik. Pada beberapa mobil tipe convertible biasanya dapat dilipat dengan cara manual, sedangkan beberapa lainnya sudah menggunakan cara yang otomatis. (baca juga: Komponen Kopling Mobil)

Karakteristik lainnya dari mobil convertible ini biasanya memiliki dua pintu, empat convertible, serta jok mobil dari dua hingga 4 buah. Berikut ini beberapa mobil tipe convertible yang populer di dunia, seperti Volkswagen New Beetle, Dodge Avenger, Ford Mustang, PontiacSunfire, Mitsubishi Eclipse Spyder, dan masih banyak lainnya. Salah satu keunggulan dari mobil ini terletak pada bagian atapnya yang dapat didesain sesuai dengan keinginan pengguna mobil.

2. Tipe Mobil Coupe

Tipe Mobil CoupeMobil coupe ini merupakan mobil yang memiliki ukuran kecil dengan jumlah pintu dan jok penumpang berjumlah dua, namun beberapa diantaranya ada yang memiliki jok penumpang berjumlah empat. Ciri lainnya yang bisa anda lihat adalah pada bagian atap mobil.

Biasanya desain dari atap mobil ini cenderung ke arah belakang. Mobil ini didesain dengan unik dengan interior nya yang memang realtif sempit, antara jarak kursi depan dengan belakang berkurang drastis sehingga membuat tampilannya seperti tipe sedan. Berikut ini beberapa jenis mobil tipe Coupe. (baca juga: Mobil Antik Termahal Di Dunia)

  • Notchback Coupe 

Mobil coupe ini memiliki bagasi mobil yang datar seperti pada tipe mobil sedan. Jenis mobil ini antara lain adalah BMW Seri 3 Coupe, Nissan Silvia, Mercedes Bez CL, dan lainnya.

Sponsors Link

  • Fastback Coupe 

Mobil Coupe ini terbilang cukup unik karena memiliki ciri khas pada bagian kaca belakang mobil yang miring dengan luas bagasi yang lebih kecil. Contoh dari jenis mobil ini adalah Ford Mustang, berbagai tipe mobil ferarri, dan masih banyak lainnya. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil APV)

  • Liftback Coupe

Bisa dikatakan bahwa jenis mobil coupe ini terbilang paling praktis dibandingkan dengan mobil coupe jenis lainnya. Mobil coupe ini memiliki desain yang indah dengan ciri khas yaitu dua pintu penumpang serta satu pintu pada bagian bagasi. Beberapa contoh mobil dari jenis mobil coupe ini adalah Supra, Toyota Celica, dan lainnya. (baca juga: Cara Membersihkan Headlamp Mobil)

  • Convertible Coupe

Mobil ini juga sering kali disebut sebagai Cabriolet karena memiliki keunggulan pada bagian atap mobil yang dapat dibuka atau ditutup sesuai dengan keinginan pengguna. Biasanya mobil ini memiliki karakterirstik 4 tempak duduk, namun terkadang juga ada beberapa diantaranya yang hanya memiliki 2 jok penumpang saja atau yang dikenal dengan nama roadster. (baca juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil)

  • Coupe 4 Pintu

Mobil coupe 4 pintu ini menjadi varian terbaru dari jenis mobil coupe. Sebenarnya bentuk mobil ini tidak dapat dikatakan sebagai mobil coupe, namun lebih cenderung ke bentuk mobil sport yang memiliki bentuk yang sama dengan mocil coupe. Contoh dari mobil coupe 4 pintu ini adalah Mercedes Benz CLS.

3. Tipe Mobil Hatchback

Tipe Mobil HatchbackMobil yang masuk ke dalam kategori tipe mobil Hatchback adalah mobil yang bagian kabinnya menyatu dengan ruang bagasi mobil. Biasanya tipe mobil hatchback ini memiliki 5 pintu, 4 pintu khusus digunakan pada penumpang dan 1 pintu lainnya digunakan sebagai pintu bagasi.
Sehingga ruang barang dapat anda akses dari kursi penumpang bagian belakang. Untuk ukuran mobil nya sendiri, mobil hatchback ini berukuran mobil mid-size yang sangat menguntungkan bila dikendari di jalaanan-jalanan perkotaan. (baca juga: Cara Membersihkan Injektor Mobil)
Ciri lainnya yang dapat terlihat dari tipe mobil hatchback adalah bentuknya yang kecil sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menjalankan mobil ini. Penggerak roda depan didesain agar mobil lebih lincah dijalankan. Untuk itulah mobil ini seringkali dinamakan city car. Ada tiga jenis mobil hatcback yang ada di Indonesia, mulai dari hatchback mini, compact hatcback, serta hatchback kecil. Beberapa mobil tipe hatcback yang populer di saat ini adalah Geo Metro, Dodge Caliber, Mini Cooper, Audi S3, Chevrolet Aveo, Lexus CT 200 h, dan masih banyak lainnya. (baca juga: Penyebab Lampu Mobil Berembun)

4. Tipe Mobil Minivan (MPV)

Tipe Mobil Minivan (MPV)Tipe mobil lainnya yang beredar di pasaran saat ini adalah minivan atau yang dikenal dengan nama MPV (Multi Purposes Vehicle). Mobil MPV terbagi ke dalam empat kategori, yaitu tipe LOW MPV, Medium MPV, Luxury MPV, serta High MPV.

Tipe mobil MPV memang didesain dengan sangat nyaman serta memiliki sistem handling yang sama dengan mobil sedan. Didesain dengan interior maksimum sehingga membuat pengguna nayaman selama berkendarai. Konsep mobil MVP memang didesain untuk keluarga karena dapat menampung penumpang lebih banyak. Berikut ini beberapa contoh mobil dengan konsep MPV. (baca juga: Komponen Mesin Mobil)

  • MPV: Nissan Grand Livina, Nissan Serena, Honda Stream, Kijang Innova, dan lainnya
  • MiniMPV: Nissan Livina XR, Suzuki Swift, Chevrolet Aveo, Toyota Yaris.
  • Crossover: Suzuki SsX-4
  • City Car: KIA Picanti, Hyundai i10, Karimun Estilo
  • Luxury Hatchback: VW GOlf, Audi A3, dll. (baca juga: Cara Memperbaiki Rem Cakram)

5. Mobil SUV

Mobil SUVMobil bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan jenis mobil yang memadupadankan antara mobil sedan dengan mobil jeep. Mobil SUV terbagi menjadi beberapa kategor, antara lain adalah Low SUV, Medium SUV, High SUV, serta Double Cabin. Prioritas utama dari desain mobil SUV ini adalah dapat digunakan di berbagai medan, bahkan hingga medan yang sulit sekalipun. (baca juga: Cara Memperbaiki Bumper Mobil)

Desain dari mobil SUV memang ditujukan untuk dapat mengangkut banyak penumpang di dalamnya. Tipe mobil SUV menggunakan penggerak empat roda atau Four Wheel Drive yang kemudian berkembang menjadi seven seater. Namun ada beberapa mobil SUV yang menggunakan penggerak dua roda untuk membuatnya lebih nyaman digunakan. Berikut ini beberapa contoh dari mobil SUV. (baca juga: Penyebab Lampu Depan Mobil Mati)

ads
  • Small SUV: Daihatsu Terios, Daihatsu Taruna, Toyota Rush, dll.
  • Medium SUV: Nissan X-Trail, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CRV, Toyota Fortuner, dll.
  • Large SUV: Nissan Patrol, Toyota Lnad Cruiser
  • Large Luxury SUV: BMW X5, Audi Q7, Mercedes Benz GL-Class, Lexus LX 570, Range Rover
  • Medium Luxury SUV: Audi Q5, Mercedes Benz ML-Class
  • Small Luxury SUV: Mercedes Benz GLK, BMW X1

6. Tipe Mobil Sedan

Tipe Mobil SedanTipe mobil lainnya adalah tipe mobil sedan. Mobil sedan ini didesain dengan bodi mobil yang cukup pendek dan memanjang. Sudah cukup lama sedan menjadi favorit mobil banyak orang karena desainnya yang mewah dan anggun.

Namun kelemahan dari tipe mobil ini adalah bodinya yang sulit menerjang jalanan yang banjir, hal ini dikarenakan bodi mobil nya yang ceper. Mobil sedan digolongkan menjadi beberapa kategori, antara lain adalah:

  • Small Sedan: Honda City, Toyota Vios
  • Medium Sedan: Honda Civic, Chevrolet Cruze, Toyota Corolla Altis
  • Large Sedan: Toyota Carmy, Nissan Teana, Toyota Camry
  • Large Luxury Sedan: Mercedes Benz S-Class, Audi A, BMW 7 Series
  • Medium Luxury Sedan: BMW 5 Series, Audi A6, Mercedes Benz E-Class
  • Small Luxury Sedan: Mercedes Benz C-Class, Audi A4, BMW 3 Series

7. Tipe Mobil Station Wagon

Tipe Mobil Station WagonTipe mobil station wagon merupakan jenis mobil yang memiliki desain atap mobil yang relatif panjang dan memiliki kargo yang cukup luas dibagian belakang. Namun meskipun ruang kargo tak seluas tipe mobil MPV, namun ruang kabin untuk penumpang hampir setara dengan tipe mobil sedan.

Ciri khas dari mobil ini adalah terdapat 5 pintu mobil, 4 untuk penumpang sedangkan satu pintu lainnya digunakan untuk akses ke bagasi/kargo. Meskipun konsep mobil ini sejenis dengan hatchback, namun terdapat perbedaan yang cukup jelas terutama dalam hal ukuran mobil. Berikut ini ada beberapa contoh mobil-mobil bertipe station wagon, antara lain adalah:

  • Volvo 245DL Wagon
  • Nissan Avenir
  • Honda Accord Wagon
  • dll

Nah itu tadi beberapa tipe mobil bserta ciri-ciri dan karakteristiknya. Anda bisa memilih tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. 

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil