Sponsors Link

Cara Mengecat Mobil Sendiri Agar Mengkilap

Sponsors Link

Cat Mobil? bagaimana cara mengecat mobil ? mari kita simak ulasan – ulasan di bawah ini yang tentunya tentang seputar cat mobil. Mengecat kendaraan terutama mobil memang harus melibatkan lebih dari satu orang. Orang yang terlibat dalam proses pengecatan mobil pun juga harus orang – orang yang sudah profesional, orang – orang yang memang memiliki ahli dalam bidang mengecat mobil. Dalam pengecatan mobil bisa membutuhkan dua orang yang ahli, karena salah satu diantara nya bertugas sebagai yang mengecat dan yang satu nya di bagian dempulan mobil. Apabila anda hanya memakai satu orang saja sebenarnya bisa – bisa saja, tapi proses pengecatan nya akan selesai lebih lama, sangat berbeda jika di lakukan oleh dua orang yang sudah ahli dalam bidang pengecatan.

ads

Dalam pengecatan mobil yang hasilnya bagus dan sempurna maka harus menggunakan teknik dan cara pengecatan yang baik. Selain cara dan teknik yang di gunakan maka anda juga harus memperhatikan cat apa yang akan di gunakan untuk mengecat mobil dan Pelindung Cat Mobil anda. Karena cat juga bisa mempengaruhi hasilnya nanti. Untuk pengecatan mobil maupun velg mobil sebenar nya hampir sama. Agar hasil pengecatan mobil nya bagus maka anda juga perlu melakukan pengulangan atau di ulang berkali – kali dalam melakukan pengecatan agar hasilnya bisa rata dan sempurna.

Sebelum melakukan pengecatan mobil maka bodi mobil yang tidak di cat di tutup terlebih dahulu dengan menggunakan kertas koran atau kertas bekas lainnya. Penutupan pada body mobil yang tidak di cat juga harus rapat karena cat bisa menembus walaupun hanya sela – sela kecil saja. Cara mengecat mobil dengan benar maka akan mendapatkan hasil yang sempurna tidak mengalami keriput atau kecacatan.(Baca : Cara Memperbaiki Body Mobil)

Cara Dempul Mobil

  • Membersihkan dan mengamplas pada area yang ingin di cat.
  • Mengoleskan dempul tipis – tipis dan secara merata. Lakukan dengan cara perlahan dan dengan konsisten pada saat anda mengoles dempul, pengolesan nya pun tidak di saran kan cepat – cepat. Jika masih terlihat bolong – bolong maka ulangi sampai merata. Tunggu sampai dempulan kering, dan lakukan dempul kembali berulang – ulang sampai sesuai dengan ketebalan yang di ingin kan.
  • Tunggu kering sampai dempul bisa di ampelas.
  • Cara pengampelas nya bisa juga di gunakan dengan ampelas yang kasar. Bisa juga dengan menggunakan lempengan yang di tempel pada ampelas.
  • Mengulangi ampelas dengan menggunakan ampelas dengan halus atau anda juga bisa menggunakan dengan air
  • Memperhatikan hasil nya apabila sudah sempurna maka tunggulah hingga kering.

Baca juga :

Cara Cat Mobil

Pada dasar nya cat mobil bukan lah warna yang sama seperti warna dasar mobil anda, maka dari itu bagi anda tidak akan mudah untuk mendapatkan warna cat yang sama dan sesuai dengan warna asli mobil anda. Maka dari itu bagi anda seharusnya membeli cat di toko khusus seperti cat duco, pilih dengan tipe yang bagus. Biaya dalam pengecatan mobil terutama jika yang di cat secara keseluruhan maka bisa sekitar puluhan juta rupiah.(Baca : Cara Memperbaiki Cat Mobil)

Proses yang di lakukan untuk mengecat mobil sangat sederhana. Akan tetapi untuk melakukan proses pengecatan yang sederhana ini juga membutuhkan seseorang yang memiliki pengalaman dalam pengecatan dan orang – orang yang sudah profesional juga karena pekerjaan ini juga membutuhkan konsentrasi dalam pengecatan nya. Karena mayoritas dari proses pengecatan mobil cuma melalui dua tahap saja, yaitu tahap dempul dan tahap pengecatan.

Sponsors Link

Dempul adalah Pekerjaan yang di lakukan untuk membantu proses pengecatan yang menghasilkan kesempurnaan maka mendempul ini sangat penting karena pengecatan akan berhasil dengan sempurna jika di lakukan dempulan terlebih dahulu. Dan jangan remeh kan orang yang melakukan dempulan sebelum mobil di cat karena hasil dempul yang bagus juga akan menghasilkan pengecatan yang bagus pula. Dempulan yang bagus akan terlihat padat dan tidak menimbulkan lubang – lubang kecil. Hasil dempulan yang tidak bagus atau tidak rata maka sangat berpengaruh hasil dari proses pengecatan.(Baca : Cara Memperbaiki Cat Mobil)

  • dempul mobil :
    • Persiapkan dempul yang akan di gunakan, apabila anda bingung untuk mendapat kan dempul di mana maka anda bisa mencari dempul di toko cat yang berada di dekat rumah anda.
    • Membersihkan area mobil yang akan di dempul dari kotoran – kotoran yang menempel dan juga bersih kan area mobil yang sudah mengalami karat. Agar dempul nya nanti bisa merekat dengan kuat pada mobil anda. Ada Cara Membersihkan Karat Pada Mobil yang bisa membantu dan memberikan panduan anda dengan mudah.
    • Aduk dempul sampai rata kemudian anda bisa mengoleskan dempul yang sudah diaduk rata ke mobil anda secara tipis – tipis.
    • Lakukan pendempulan dengan gerakan searah jarum jam. sampai dempul benar – benar menempel dengan mobil anda.
    • Diamkan hingga kering. Apabila sudah kering maka gunakan amplas untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
ads
  • Cat Mobil :
    • Persiapkan Cat mobil yang akan anda gunakan, anda bisa membeli cat nya di toko yang mungkin dekat dengan rumah anda. Cat yang akan di gunakan untuk mengecat mobil sering di sebut dengan cat duco yang memiliki jenis  NC dan PU.
    • Cat NC yang di pasarkan biasanya sekitar Rp. 100.000 – 300.000 tergantung jenis dan type nya.
    • Cat PU adalah cat yang berbentu Ready Mix atau sering di sebut dengan warna biang.

Tidak sembarangan orang yang bisa melakukan proses pengecatan, terutama jika pengecatan menggunakan cat semprot. Cat semprot sangat berbeda cara penggunaan nya dengan cat yang di aplikasi kan menggunakan kuas. Pengecatan dengan menggunakan kuas lebih mudah dilakukan dan bisa semua orang melakukan proses pengecatan dengan kuas. Mengecat dengan menggunakan spray gun hanya bisa di lakukan dengan orang – orang yang ahli yang cuma bisa melakukannya.

Jenis cat

  • Nitro Cellulose 

Cat Nitro Cellulose ini adalah jenis cat yang sering di gunakan pada kendaraan kendaraan yang besar seperti kendaraan niaga dan truk. Bisa di dapatkan dari keunggulan cat Nitro cellulose adalah cat yang cepat kering akan tetapi jika di gunakan untuk mengecat mobil maka hasil dari pengecatan nya tidak terlalu mengkilap dan cepat pudar.

  • Poly Urethane

Cat Poly Urethane atau cat oven adalah cat yang sering di bilang mahal. Kekurangan dari cat poly urethane ini adalah apabila di gunakan untuk pengecatan mobil maka cat ini tidak cepat kering, maka dari itu jika menggunakan cat ini di lakukan pengeringan dengan cara di oven. Untuk kualitas Cat Poly Urethane apabila di aplikasi kan pada mobil bisa sangat mengkilap dan keras sehingga apabila menggunakan cat jenis ini maka mobil anda bisa tahan dengan goresan.(Baca : Cara Mengkilapkan Cat Mobil Yang Pudar, Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil)

  • Lacquer

Cat Lacquer adalah salah satu cat yang memiliki harga murah di bandingkan cat – cat yang lain nya. Dengan harga yang murah sehingga cat ini jika di aplikasi kan pada mobil anda maka cat ini akan cepat pudar.

Maka bagi anda yang ingin membeli cat duco maka anda tidak usah membawa kendaraan yang nanti nya akan anda cat. Anda bisa membuka tutup bahan bakar mobil anda dan bisa anda bawa ke toko cat duco yang anda tuju untuk mendapatkan warna cat yang sesuai dengan cat asli mobil. Membeli cat dengan kebutuhan yang akan anda perlukan saja. Cat juga memiliki banyak ukuran, ada cat yang memiliki ukuran kaleng besar dan ada juga yang kaleng kecil. Anda tidak harus membeli cat yang besar semua, anda bisa mencampur nya dengan cat yang kecil. Apabila anda ingin mengecat maka anda juga jangan lupa membeli tinner untuk campuran cat mobil yang akan anda gunakan.

Baca juga :

Sponsors Link

Step – step Untuk mengecat

  • Membersihkan bagian yang ingin di cat dengan menggunakan kain bersih yang halus.
  • Mencampur cat dengan tinner
  • Menghidupkan kompresor kemudian menyambung kan selang angin nya.
  • Pengecatan dengan gerakan yang sama. Usahakan jangan terburu – buru, lebih baik pengecatan dalam kecepatan yang standar. Tidak terlalu buru – buru dan tidak terlalu lambat, karena terburu- buru ataupun terlambat tidak akan menghasilkan hasil yang sempurna.
  • Mengecat dalam satu arah, tetap seperti arah jarum jam.
  • Mengatur jarak pengecatan yang di lakukan dengan penyemprotan ± 30 cc dari permukaan yang akan di cat.
  • Ulangi pengecatan jika pengecatan sebelum nya sudah kering.
  • Menggunakan clear agar hasil nya berkilau

Artikel Terkait :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 02:28 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick