Sponsors Link

5 Penyebab Aki Tekor Pada Mobil dan Cara Mengatasinya

Mobil yang sangat memerlukan aki agar bisa menyala dan berjalan. Selain itu, lampu dan beberapa komponen listrik lainnya juga membutuhkan aki agar bisa menyala. Tentu ini berpengaruh ke kenyamanan berkendara. Sehingga menjadikan aki sebagai bagian yang sangat penting dan vital dalam mobil. Aki yang sudah lemah atau sudah tidak bagus bisa mengakibatkan mobil tidak bisa distarter dan bagian lainnya tidak bisa menyala.

Tentunya anda tidak mau ketika pagi hari akan berangkat kerja, tiba-tiba akinya bermasalah sehingga mobil tidak mogok dan tidak bisa distarter. mungkin rasanya anda ingin menendang mobil gara-gara masalah yang sangat mendadak ini. Ketika dalam kondisi ini, bisa dibilang akinya tekor, ngedrop atau soak. Sebelum masuk ke pokok bahasan utama, pahami dulu jenis-jenis aki mobil, fungsi aki secara mobil dan komponen penyusun aki mobil agar anda lebih memahami seluk beluk dunia perakian. Berikut beberapa penyebab aki tekor pada mobil dan solusi atau pencegahannya.

  • Kelalaian Penggunaan

Penyebab aki tekor pada mobil pertama adalah kelalaian pengguna. Meninggalkan komponen listrik menyala bisa membuat aki cepat habis apalagi dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya kondisi semacam ini terjadi ketika pengemudi terburu-buru. Contohnya seperti lupa mematikan lampu mobil, audio yang lupa dimatikan (biasanya ini terjadi karena dalam kondisi mute), charger ponsel yang masih menempel. Kelalaian seperti ini membuat listrik dari aki terbuang percuma. Pencegahannya yaitu pastikan semua komponen mobil yang terhubung ke listrik sudah mati sebelum anda tinggal dalam waktu yang lama. Biasanya jika dibiarkan maka power audio mobil cepat panas.

  • Konslet Pada Aki

Penyebab aki tekor pada mobil kedua adalah terjadinya konslet. Konslet adalah mengalirnya arus listrik dari kutub positif ke kutub negatif tanpa melewati hambatan. Jika tidak ada hambatan, maka arus listrik akan mengalir dalam jumlah yang tidak terkontrol. Arus yang tidak terkontrol semacam ini bisa mengakibatkan kebakaran. Dan peluang terjadinya kebakaran semakin besar jika arus listrik lebih besar daripada luas penampang kabel. Untuk pencegahan konslet, sebaiknya ada sekring pengaman dan melakukan perawatan. Anda perlu tahu penyebab korsleting pada mobil.

  • Lama Tidak Dipakai

Penyebab aki tekor pada mobil ketiga adalah karena lama tidak dipakai. Mungkin anda heran padahal tidak pernah dipakai tapi malah habis sendiri. Fenomena ini dikenal dengan nama self discharge. Self discharge adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam aki mengurangi persediaan listrik meskipun tidak terhubung dengan elektroda. Sebenarnya fenomena kimiawi ini tidak hanya terjadi di aki tapi juga terjadi di baterai. Laju pengurangan berbeda sesuai dengan komponen atau unsur kimia penyusunnya. Pencegahannya yaitu panasi mobil sekali dalam beberapa hari.

  • Umur Aki yang Sudah Tua

Penyebab aki tekor pada mobil keempat adalah umur aki anda yang sudah tua. Solusinya tentu isi ulang atau ganti aki. Umur aki bervariasi. Tergantung jenis aki dan bagaimana cara perawatan aki. Dengan asumsi pemakaian normal, umur aki kurang lebih satu hingga dua tahun. Biasanya dealer mobil yang resmi memberi garansi aki selama dua tahun. Tapi jika anda mengetahui tips dan trik perawatan aki yang benar, maka umur aki bisa tiga hingga empat tahun. Dengan begitu anda bisa mencegah pemborosan aki.

  • Terlalu Banyak Memakai Listrik

Penyebab aki tekor terakhir adalah terlalu banyak penggunaan listrik. Ini sudah dibahas di penyebab aki tekor sebelumnya. Perawatan yang buruk dan pemakaian yang boros bisa mengakibatkan berkurangnya umur aki. Sebaiknya kurangi pemakaian alat-alat yang membutuhkan banyak listrik. Dengan kata lain alat-alat yang bersifat sekunder. Seperti lampu dan klakson aksesoris. Selain itu juga pemasangan perangkat video dan audio. Jika memang anda ingin menambah beberapa aksesoris sekunder ini, maka tambahlah daya kapasitas aki. Tapi tetap perhatikan sebelum menambah kapasitas aki. Jangan terlalu jauh dari titik maksimal kapasitas aki.

Ada dua cara untuk mengatasi penyebab aki tekor pada mobil. Cara pertama dengan jumper aki. Jumper aki dengan kendaraan lain agar energi aki bisa terisi lagi. Mungkin bisa menggunakan aki mobil tetangga atau aki lain yang sudah ada di rumah. Kalau menggunakan aki tetangga gunakan secukupnya saja. Setelah energi aki terisi, coba nyalakan mobil. Selama pasokan listrik cukup, mobil kemungkinan besar bisa menyala. Cara kedua yaitu doronglah mobilnya. Cara ini digunakan ketika tidak ada aki lain atau tetangga anda terlalu pelit untuk membagi akinya. Namun cara ini hanya bisa digunakan untuk mobil bertransmisi manual. Bagi anda pemiliki mobil bertransmisi matic hanya bisa menggunakan cara pertama.

Demikian beberapa penyebab aki tekor pada mobil beserta solusi atau pencegahannya. Semoga anda selalu merawat aki anda agar kondisinya selalu sempurna. Cegah sebisa mungkin jangan sampai tekor agar tidak menyusahkan anda ketika anda membutuhkan mobil. Ketika anda membeli aki baru, anda perlu mengetahui tips memilih aki mobil dan aki mobil yang bagus. Aki kering dan aki basah memiliki cara perawatan yang berbeda. Anda perlu membaca cara memperbaiki aki basah pada mobil jika anda pemilik aki basah atau cara merawat aki kering dan cara memperbaiki aki kering mobil gs jika anda pemilik aki kering.

, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis