Sponsors Link

4 Penyebab Embun Pada Kaca Mobil dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kejernihan kaca mobil sangatlah mempengaruhi kenyamanan mengemudi dan berkendara. Singkatnya membatasi pandangan. Kaca yang buram, beret, terkena gesekan, kotor dan sebagainya membuat pandangan penumpang terganggu. Penumpang tidak bisa mengamati kondisi di luar jendela. Bahkan dalam kondisi ekstrim terkadang berbahaya dan bisa mengganggu keamanan berkendara dan berakibat kecelakaan. Salah satu contohnya selain yang disebutkan tadi adalah embun yang timbul pada kaca mobil.

ads

Pada umumnya embun terbentuk karena terjadinya perubahan suhu. Entah itu di dalam mobil atau di luar mobil. Biasanya terjadi ketika musim hujan jika dari luar mobil. Atau bisa juga terjadi ketika suhu di dalam mobil lebih panas daripada suhu di luar mobil. Berikut dibahas beberapa penyebab embun pada kaca mobil.

  • Tiupan Udara Dingin Dari AC

Penyebab embun pada kaca mobil yang pertama adalah tiupan udara dingin dari AC. Pengemudi bisa mengatur arah tiupan AC. Udara dingin dari AC inilah yang membuat kaca mobil berembun. Kondisi ini bisa terjadi ketika kondisi interior mobil dingin tapi kondisi di luar Aturlah agar jangan mengarah ke kaca atau kurangilah suhu AC. Arahkan ke tengah mobil atau diri anda sendiri.

  • Perbedaan Suhu Antara Bagian Dalam Mobil dan Luar Mobil

Penyebab embun pada kaca mobil yang kedua adalah perbedaan suhu antara interior mobil dan luar mobil. Suhu bagian dalam mobil lebih panas dari bagian luar mobil. Kondisi seperti ini sering kali terjadi ketika hujan. Cara untuk mengatasi hal ini coba nyalakan AC anda untuk menurunkan suhu panas yang ada di bagian dalam mobil.

Suhu bagian dalam mobil akan seimbang dengan suhu bagian luar mobil atau minimal mengurangi selisih suhu yang besar antara suhu bagian luar mobil dan suhu bagian dalam mobil. Dengan menyalakan AC, suhu bagian dalam mobil bisa lebih teratur dan diharapkan embun di kaca mobil bisa hilang sedikit demi sedikit. Tidak perlu menyalakan AC secara maksimal karena membuat laju mobil lemah. Secukupnya saja asal embun di kaca bisa hilang.

  • Kerusakan dan Kebocoran Pada AC

Penyebab embun pada kaca mobil ketiga adalah terjadinya kerusakan dan kebocoran pada AC. Anda bisa memeriksa hal ini ketika suhu antara bagian luar mobil dan bagian dalam mobil sedang stabil. Ada beberapa penyebab kenapa terjadi kerusakan dan kebocoran pada AC. Seperti pipa yang sudah aus atau terlalu tua, pemasangan AC yang kurang pas dan adanya debu dan jamur yang mengganggu kerja AC.

Ada beberapa cara untuk memeriksa tanda-tanda kerusakan dan kebocoran pada AC. Kenali dulu komponen AC mobilmasalah pada AC mobil dan ciri-ciri freon AC mobil habis. Pemeriksaan awalnya, hidupkan magnetic switch, blower dan kipas pendinginnya lalu amati caranya bekerja. Untuk pemeriksaan visual, gunakan senter untuk memeriksanya. Kebocoran freon akan terlihat rembesan di selang AC. Kemudian periksa tekanan AC menggunakan manifold AC tester, menggunakan AC Recovery Tool atau tekanan angin. Jika beberapa tanda kerusakan dan kebocoran AC sudah teridentifikasi, maka servislah AC anda.

Sponsors Link

  • Karet Kaca yang Aus

Penyebab embun pada kaca mobil keempat adalah karet kaca yang aus. Jika AC anda sedang dalam kondisi baik dan selisih suhu antara luar dan dalam juga tidak begitu besar maka kemungkinan terjadi kerusakan di karet kaca. Air hujan bisa masuk karena ausnya karet kaca. Tentu solusinya adalah mengganti karet kaca yang aus, rusak, getas, kempes atau kering. Harganya Rp 100.000 hingga Rp 250.000 per satu kaca jika anda membeli secara meteran.

Selain cara yang telah disebutkan di atas, ada beberapa cara lain untuk mengatasi embun yang muncul pada kaca mobil. Seperti tombol recirculation dan defogger. Fungsi recirculation adalah untuk mengatur udara mana yang didinginkan. Biasanya untuk mencegah udara kotor dan asap mengganggu pengendara mobil. Untuk defogger, biasanya ada di mobil yang harganya cenderung mahal.

Mobil kelas menengah ke bawah tidak bisa menikmati fitur ini. Fungsi dari defogger adalah untuk memberikan suhu panas agar embun di kaca mobil berkurang sehingga pandangan pengendara tidak terhalang. Pengaktifan defogger dilakukan secara manual. Tombol defogger biasanya terletak di dekat setir mobil. Simbolnya ada persegi panjang dan tiga panah. Ada dua jenis defogger yaitu defogger elektrik dan defogger udara.

Sponsors Link

Demikian informasi tentang beberapa penyebab embun pada kaca mobil dan solusinya. Memang sebagian besar disebabkan oleh perbedaan suhu yang besar antara bagian dalam mobil dan bagian luar mobil dan AC mobil. Karena itulah terapkan tips pemakaian AC mobil yang benar. Selain itu jangan gunakan AC terlalu over karena dampak penggunaan AC mobil berlebihan sangat buruk sehingga bisa merusak dan mengurangi umur AC.

Jangan lupa hindari kebiasaan yang menyebabkan kerusakan AC mobil. Jika terjadi masalah embun, maka sebaiknya segera anda selesaikan agar kenyamanan dan keamanan berkendara terjamin. Selain kaca, ada beberapa bagian mobil yang bisa terkena embun. Contohnya seperti lampu dan knalpot. Periksa juga penyebab lampu mobil berembun dan penyebab knalpot mobil berembun.

Sponsors Link
, , , ,