Sponsors Link

4 Akibat Kelebihan Oli Pada Mobil Dan Cara Mengatasinya

Oli merupakan bagian yang cukup vital dalam sebuah kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Untuk itulah, akan lebih baik jika pemilik kendaraan melakukan penggantian oli secara teratur agar fungsi oli pada mobil tetap optimal untuk melumasi komponen-komponen di dalam mobil. Jangan sampai mobil kekurangan oli yang menyebabkan peforma tidak maksimal. Tak hanya kekurangan, hindari kondisi dimana kendaraan kelebihan oli mobil. Hal ini juga dapat menyebabkan permasalahan tersendiri. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa akibat kelebihan oli pada mobil yang harus anda perhatikan.

1. Kualitas Oli Menurun

Kelebihan oli juga akan memberikan dampak negatif pada mobil anda, salah satunya yaitu menurunnya kualitas oli mobil. Ketika kondisi oli terlalu banyak di dalam mesin mobil, maka ruang engkol oli akan menggenangi bagian poros engkol. Jika dalam kondisi normal, maka harusnya oli hanya akan menggenangi bagian pompa oli saja tidak sampai ke bagian poros engkol. Namun jika kondisinya terlalu banyak maka oli dapat membanjiri hingga setengah dari poros engkol. hal ini akan menyebabkan munculnya busa atau gelembung udara yang secara tidak langsung membuat daya pelumasan menjadi menurun. Akibatnya tentu saja komponen mesin tidak akan terlumasi dengan baik dan menyebabkan komponen menjadi cepat aus.

2. Langkah Piston Terhambat

Akibat kelebihan oli pada mobil lainnya dapat menyebabkan langkah piston menjadi terhambat. Dalam kondisi normal, poros engkol memang tidak akan terendam dengan oli mesin. Sehingga gerakannya menjadi bebas dari hambatan cairan. Namun jika poros engkol sampai terendam oli, hal ini akan membuat gerakan menjadi terhambat. Jika dibiarkan terus menerus menyebbakan piston akan bekerja lebih ekstra dibandingkan normalnya. Hal ini akan menjadi penyebab mobil boros BBM dan RPM mesin tidak maksimal.

3. Mobil Terasa Lebih Berat

Mobil juga akan terasa lebih berat ketika terjadi kelebihan oli. Hal ini akan menyebabkan akselerasi mobil berkurang dikarenakan mekanisme di dalam mesin. Karena komponen di dalamnya jadi terendam sepenuhnya, maka akan menyebabkan komponen-komponen di dalam mesin bergerak lebih lama.

4. Mesin Cepat Kotor

Akibat negatif lainnya adalah mesin menjadi cepat kotor. Dalam mesin mobil terdapat bagian PCV yang akan menjadi kotor saat kelebihan oli mobil. Kondisi yang kotor ini disebabkan karena pembakaran oli yang menghasilkan uap oli. Upa oli ini tentu tidak bisa sembatang dibuang karena berkaitan dengan lingkungan hidup. Sehingga menyebabkan uap oli akan dimasukkan kembali ke mesin melalui saluran PCV ini. Jika oli terlalu banyak, maka tentu saja menyebabkan mesin menjadi cepat kotor. Jika kondisi mesin sudah terlalu kotor, cara mencuci mesin mobil sekalipun tidak dapat mengatasinya. Anda harus membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pembongkaran pada beberapa komponen.

Cara Mengatasi Kelebihan Oli Pada Mobil

Untuk mengatasi kelebihan oli ini, maka sebagai pemilik mobil tentunya anda harus melakukan pengecekan rutin pada oli erutama pada ketinggian oli. Caranya sangat mudah dan anda bisa dibantu dengan menggunakan deep stick.

  • Buka kap mesin mobil
  • Gunakan deep stick yang biasanya terdapat di area mesin, dengan ujung berwarna kuning
  • Cabut stick dan lihat pada ujung bawah
  • Masukka deep stick ke dalam oli hingga benar-benar sampai di dasarnya
  • Setelah itu cabut kembali dan lihat berapa volume oli mesin mobil anda
  • Jika volume oli berada di range indikator, maka hal tersebut tidak masalah
  • Namun jika sampai kelebihan, maka hal ini menunjukkan jika volume oli kelebihan

Untuk mengurangi kelebihan oli pada mobil, ada 2 cara yang bisa anda lakukan. Jika kelebihan oli yang dialami sedikit, maka anda bisa mengendurkan baut penguras oli perlahan saja dan jangan sampai terlepas. Siapakan wadah yang digunakan  untuk menampung oli dan letakkan di bagian bawah lubang penguras. Kendurkan perlahan dan jangan sampai baut terlepas. Tunggu beberapa saat dan cek volume oli kembali.

Namun jika kelebihan oli yang dialami cukup banyak, maka cara yang anda perlu lakukan selanjutnya adalah dengan menguras total dan kembali mengisinya dengan oli mobil terbaik hingga pas.  Nah itu tadi beberapa akibat kelebihan oli pada mobil yang perlu diperhatikan. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis