Sponsors Link

8 Fungsi Oli Pada Mobil Secara Umum

Sponsors Link

Hello sobat terkasih yang selalu penulis rindukan, semoga sobat semua dalam keadaan baik – baik saja ya sobat, sama seperti penulis yang selalu dalam keadaan baik – baik juga pada saat menulis artikel ini buat sobat semua. Tidak jauh berbeda dengan artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas mengenai otomotif.

ads

Nah sobat semua, adapun topik atau materi yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai fungsi oli pada mobil secara umum. Bagi sobat semua yang selama ini belum terlalu mengerti akan fungsi oli tersebut, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini. Yuk sobat, langsung saja kita simak dengan seksama.

Seperti yang sudah sobat pecinta otomotif ketahui, bahwasannya oli memiliki peranan yang cukup penting untuk menunjang performa kendaraan roda empat atau mobil anda. Apabila oli ini tidak ada maka kemungkinan besar mesin pada kendaraan anda tidak akan bisa berfungsi secara maksimal, atau bahkan bisa merusak komponen mesin kendaraan itu sendiri. Oleh karena itulah sobat, fungsi oli ini sangatlah penting untuk menunjang performa kendaraan anda.

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi oli tersebut, berikut ini penulis akan mengulas mengenai fungsi oli pada mobil secara umum. Yuk sobat, berikut ulasannya untuk anda.

1. Oli Berfungsi Sebagai Pelumas

Fungsi oli pada mobil yang pertama adalah sebagi pelumas. Fungsinya sebagai pelumas maksudnya adalah untuk memudahkan komponen – komponen mesin mobil bergerak, atau dengan kata lain berfungsi untuk melicinkan komponen mesin kendaraan anda. Untuk itu jangan lupa ganti oli mobil secara rutin ya sobat.

2. Oli Berfungsi Sebagai Peliindung Dari Karat

Fungsi oli pada mobil yang kedua adalah sebagai pelindung dari karat. Zat yang terdapat dalam oli ini akan mencegah terjadinya karat pada komponen mesin mobil anda. Selain itu, oli juga mampu mereduksi kimia pada mesin yang berpotensi menimbulkan karat. Bisa dikatakan dalam poin ini oli mempunyai peran yang digunakan sebagai cara membersihkan karat mesin mobil yang cukup baik.

3. Oli Berfungsi Sebagai Pembersih Mesin

Fungsi yang ketiga adalah sebagai pembersih mesin. Oli ini mampu untuk melarutkan kotoran yang ada dalam mesin anda. Adapun kotoran ini bisa timbul dari debu yang masuk melalui seal ( terutama yang bocor ). Kotoran ini bisa juga terjadi akibat gesekan antar komponen dalam mesin ( biasanya berupa serpihan logam halus ) . Nah sobat semua untuk membersihkan kotoran tersebut dari mesin anda, maka oli inilah yang berperan penting.

4. Oli Berfungsi Sebagai Untuk Mendinginkan Mesin

Fungsi yang keempat adalah untuk mendinginkan mesin. Panas yang dibawa oleh komponen  yang ada dalam mesin mobil anda, akan dibawa oleh oli ini ke dinding mesin sehingga bisa disalurkan keluar dengan cara konduksi, sehingga mesin anda akan tetap dingin.

5. Oli Berfungsi Untuk Menghemat Bahan Bakar

Fungsi yang kelima adalah untuk menghemat bahan bakar. Menurut penelitian, bahwasanya oli yang baik akan berguna untuk menghemat bahan bakar pada mesin anda karena dengan adanya oli maka gesekan pada mobil anda juga akan berkurang, yang tentunya akan mengurangi jumlah pemakaian bahan bakar anda juga tentunya. Disin berarti bisa diambil kesimpulan bahwa adanya oli bisa dijadikan sebagai salah satu cara membuat mobil irit bahan bakar yang wajib anda berikan perhatian khusus.

Sponsors Link

6. Oli Berfungsi Untuk Memperpanjang Usia Komponen Mesin Anda

Fungsi yang keenam adalah untuk memperpanjang usia komponen mesin mobil anda. Zat kimia yang ada pada oli yang baik akan berfungsi untuk mengiuranhi korosi yang terjadi dalam mesin kendaraan anda. Sedangkan fungsi pelumasan dari oli tersebut adalah untuk mengurangi gesekan antar komponen pada mesin itu sendiri.

Nah sobat semua, kedua fungsi oli ini tentunya akan berpengaruh pada usia komponen mesin kendaraan anda tentunya. Pasalnya denagn kata lain kedua fungsi atau tugas tersebut sama saja dengan langkah perbaikan atau langkah perawatan terhadap mesin itu juga tentunya. Dan segala sesuatu yang dirawat atau dijaga secara teratur akan membuat usia atau umur pemakaian dari mesin atau komponen mesin tersebut akan menjadi lebih panjang.

7. Oli Berfungsi Untuk Meningkatkan Performa Mesin

Fungsi yang ketujuh adalah untuk meningkatkan perfoma mesin kendaraan anda. Pemakaian oli yang tepat akan meningkatkan performa mesin sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh komponen mesin kendaraan anda bisa maksimal sesuai dengan standarnya. Nah sobat semua pecinta otomotif, memilih oli yang tepat akan berfungsi untuk membaut mesin anda bsa bekerja lebih lama karena kondisi mesin yang tetap dingin sekaipun sudah dipakai dalam waktu yang lama.

Sponsors Link

8. Menghemat Pengeluaran Uang Anda

Nah sobat yang terakhir fungsi dari pemakaian oli mobil secara umum yang tidak kalah penting lainnya adalah bisa menghemat pengeluaran uang anda. Dikatakan bisa menghemat pengeluaran karena seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, bahwasannya menggunakan oli bisa membuat komponen mesin anda lebih awet, tentunya apabila komponen mesinnya lebih awet akan membuat anda melakukan service dalam jangka waktu yang panjang. Dengan demikian uang pengeluaran anda untuk service pun akan bisa hemat ya sobat.

Oke sobat semua yang terkasih, sekian informasi mengenai fungsi oli pada mobil secara umum yang bisa penulis  bagikan pada sobat semua. Terima  kasih buat sobat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis dan salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil