Sponsors Link

5 Penyebab Mobil Limbung dan Cara Mengatasinya

Memiliki mobil tentu saja mengharuskan anda untuk perlu melakukan perawatan rutin, mulai dalam dan luar mobil juga perlu diperhatikan dengan baik kondisinya agar menunjang peforma mobil yang maksimal. Mobil yang kurang dirawat tentunya akan menyebabkan permasalah yang mana menganggu kenyamanan dalam berkendara, bahkan terkadang hal tersebut dapat membahayakan anda ketika berada di jalanan. Masalah yang mungkin seringkali dirasakan saat mobil jarang dirawat adalah mobil yang terasa limbung saat dikendarai, terutama dalam kecepatan tinggi.

Biasanya ketidaknyamanan ini muncul sedikit demi sedikit dan bertahap dan banyak pengemudi yang terkadang kurang begitu memperhatikan. Sehingga saat kondisi sudah mulai parah barulah akan sangat terasa. Tentu saja kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, hal ini akan sangat menganggu saat berkendara. Namun sebelum mengatasinya, tentu saja akan lebih baik untuk mengetahui penyebab kerusakan seperti ini terjadi.  Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab mobil goyang saat dikendarai, berikut ini penjelasannya.

1. Masalah Pada Mesin

Salah satu penyebab mobil limbung yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada bagian mesin. Bisa jadi hal ini dikarenakan mesin kendaraan yang tidak mendapatkan pasokan udara yang cukup ataupun proses pembakaran yang tidak berjalan lancar dan kurang sempurna. Ada beberapa tanda-tanda yang paling sering muncul yang memang menandakan jika terdapat masalah pada mesin kendaraan, antara lain adalah:

  • Mesin tersendat atau menyentak ketika proses percepatan terjadi
  • Getaran yang dirasakan saat dikendarai seakan-akan seperti sedang berjalan diatas polisi tidur pada kecepatan tertentu.
  • Mobil dapat berjalan dengan lancar pada kecepatan kecepatan tertentu, namun setelah beberapa saat akan terasa limbung.

Jika gejala-gejala diatas terjadi pada mobil anda, maka sudah saatnya untuk melakukan penggantian set busi dengan komponen yang baru. Namun jika kondisi komponen tersebut masih baik, maka cobalah untuk memeriksa kabel busi. Tak hanya pada bagian busi saja, filter udara dan bahan bakar yang tersumbat juga dapat menyebabkan masalah seperti mesin yang kekurangan pasokan bahan bakar dan oksigen sehingga menjadi penyebab mobil limbung. Untuk itu selalu pastikan jika komponen-komponen tersebut dalam kondisi yang baik dan ganti jika sekiranya sudah mengalami kerusakan.

2. Masalah Pada Poros Roda

Masalah lainnya yang dapat menyebabkan mobil terasa limbung ketika dikendarai adalah pada bagian poros roda. Jika poros roda mengalami kerusakan seperti tidak lurus lagi dan sebagainya maka akan menyebabkan terjadinya gesekan dengan komponen-komponen mobil lainnya. Masalah ini bisa akan semakin memperparah kondisi kerusakan jika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi. Selain itu penting pula untuk memperhatikan masalah pada gardan mobil. Hal ini perlu diperhatikan dengan rutin agar kondisi gardan mobil selalu dalam keadaan baik. Jika bentuk gardan sudah tidak normal maka tentu saja getaran dan limbung akan terasa saat dikendarai. Penting untuk mengetahui cara memperbaiki gardan mobil agar anda bisa mengetahui cara memperbaiki sendiri di rumah.

3. Masalah Pada Rem

Penyebab mobil limbung lainnya dapat dikarenakan masalah pada sistem pengereman mobil. Masalah ini akan dirasakan ketika anda mengerem kendaraan. Biasanya ini disebabkan kondisi rotor rem yang melengkung. Rotor merupakan logam berbentuk lingkaran cakram yang mana terdapat pada sistem rem cakram. Rotor tersebut dapat berubah bentuk jika digunakan dalam waktu yang lama.

Selain itu, rotor rem yang terlalu panas juga dapat mengalami kerusakan karena terlalu membawa beban yang berat dibandingkan dengan kemampuannya. Hal ini juga dapat menyebabkan rotor berubah bentuk. Jika anda tidak terlalu mengetahui tentang komponen yang ada di dalam sistem pengereman, maka cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan membawa mobil ke bengkel-bengkel terdekat dan resmi untuk diperbaiki langsung oleh teknisi yang sudah ahli.

4. Masalah Pada Roda

Jika anda sering merasakan mobil yang terasa limbung saat anda memegang kemudian, maka hal ini mungkin dapat disebabkan masalah pada keseimbangan ataupun keselarasan. Biasanya hal ini terjadi saat salah satu roda maupun beberapa roda menahan beban berat yang terlalu berlebih. Sehingga menyebabkan mobil akan terasa limbung saat dikendarai apalagi dalam kecepatan tinggi. Untuk mengatasi hal ini, maka tentu saja diperlukan penggantian bantalan roda dengan komponen yang baru.

Bantalan roda memang mudah rusak apalagi jika anda sering menggunakan mobil dalam jalur yang buruk yang membuatnya cepat aus. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah masalah pada roda yang menyimpang dari rotasi saat berputar. Selain itu penyebab lainnya dapat dikarenakan kondsii ball joint yang sudah mengalami keausan sehingga mobil akan terasa oleng saat dikendarai.  Untuk mengatasinya akan lebih baik untuk segera mengganti komponen yang sudah aus agar tidak menyebabkan resiko yang dapat membahayakan saat digunakan.

5. Masalah pada Ban

Ban mobil dapat menjadi penyebab mobil limbung lainnya yang sering terjadi karena ban menjadi komponen  yang langsung bersentuhan dengan jalanan. Masalah yang terjadi biasanya dikarenakan kondisi ban yang tidak seimbang yang mana membutuhkan servis untuk menyeimbangkan kembali posisi ban mobil. Selain itu kondisi ban yang sudah mengalami keretakan maka tentu saja menyebabkan perputaran menjadi tidak merata yang membutuhkan penggantian segera.

Namun terkadang masalah yang terjadi tidak hanya pada kondisi ban mobil, bisa jadi roda yang melilit dapat menyebabkan mobil terasa limbung dan bergetar saat dikendarai. Sehingga perhatikan cara mengendarai mobil yang baik dan tepat. Hindari untuk menggunakan mobil pada jalanan yang berlubang pada kecepatan tinggi yang mana akan sangat berbahaya untuk kondisi ban mobil anda.

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil limbung yang sering terjadi. Tentu saja kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan membahayakan ketika dikendarai. Selain itu jangan lupa untuk melakukan tips perawatan mobil baru agar kondisi dan peforma mobil selalu maksimal dan nyaman dikendarai. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis