8 Komponen Transmisi Otomatis Mobil dan Fungsinya
Saat ini banyak sekali mobil yang menggunakan komponen transmisi otomatis sebagai sistem transmisi nya. Transmisi otomatis merupakan sistem transmisi yang perpindahan gigi nya dilakukan secara otomatis berdasarkan beban mesin dan kecepatan pada kendaraan. Tentunya sistem transmisi otomatis berbeda dengan sistem transmisi manual. Bila pada transmisi manual, pengemudi kendaraan tersebut menggunakan shift leve runtuk memindahkan tingkatan gigi transmisi ke tingkat yang lebih tinggi untuk menambah kecepatan pada kendaraan.
Pada saat kendaraan berjalan ke tanjakan maka diperlukan penurunan tingkatan gigi agar kendaraan memiliki tenaga yang cukup untuk menanjak. Namun dengan menggunakan sistem transmisi otomatis, anda tidak perlu melakukan hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan sistem transmisi otomatis, pengemudi kendaraan dapat lebih fokus untuk mengendarai kendaraan karena perpindahan gigi transmisi akan dilakukan secara otomatis pada saat kondisi yang tepat sesuai dengan beban mesin dan juga kecepatan kendaraan. (baca juga: Mobil Matic Bekas Yang Bagus)
Sistem transmisi otomatis dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan sistem perpindahan gigi dan waktu lock up, yaitu:
- Electronic Control Transmision (ECT), waktu perpindahan gigi dan waktu lock up yang dapat diatur secara elektronik. Tipe sistem transmisi ini menggunakan data yang tersimpan didalam ECU sebagai pusat kontrol nya.
- Full Hydraulic, waktu perpindahan gigi dan waktu lock up dapat diatur sepenuhnya secara hidraulis.
- Akan mengurangi kelelahan pengemudi kendaraan karena meniadakan pengoperasian pedal kopling serta pemindahan gigi transmisi.
- Perpindahan gigi transmisi dilakukan secara otomatis pada kecepatan yang sesuai dengan kondisi kendaraan, sehingga dapat membebaskan pengemudi kendaraan dari teknik mengemudi yang sulit terutama pada pengoperasian kopling. Sehingga sangat cocok untuk digunakan pengemudi yang masih pemula.
- Dapat mencegah mesin dan perpindahan tenaga dari beban yang berlebih karena semuanya dihubungkan secara hidraulis dan bukan mekanik. (baca juga: Mobil Yang Cocok Untuk Rental)
Sistem transmisi otomatis memiliki beberapa jenis yang dibuat dengan proses yang berbeda-beda namun fungsi dasar dan prinsip kerjanya tetap sama. Transmisi otomatis memiliki beberapa komponen yang utama. Tentunya agar dapat bekerja dengan baik, komponen-komponen ini harus dapat bekerja sesuai fungsinya. Komponen utama dari transmisi otomatis antara lain adalah:
- Torque Converter
- Planetary Gear Unit
- Hydraulic Control Unit
- Manual Linkage
- Automatic Transmission Fluida
Nah berikut ini beberapa penjelasan mengenai komponen utama dan bagiannya yang ada di dalam transmisi otomatis beserta fungsinya. (baca juga: Cara Merawat Mobil Baru).
1. Torque Converter
Torque converter merupakan komponen transmisi otomatis yang memiliki konstruksi dan prinsip kerja yang sama dengan kopling fluida. Komponen ini dipasang pada sisi input shaft transmisi dan diikat dengan menggunakan baut ke flywheel crankshaft. Komponen ini diisi dengan minyak transmisi yang memiliki fungsi untuk memperbesar momen mesin dan kemudian diteruskan ke transmisi.
Torque converter dilengkapi dengan sudut-sudut yang berbentuk seperti kurva dan stator yang dipasang di antara pump impeller dengan turbine runner.Stator ini berfungsi untuk mengubah aliran minyak searah dengan putaran pompa impeller dengan menggunakan tenaga yang ada di dalam minyak. Torque converter mengubah momen dalam langkah yang tidak memiliki batas.
Pada saat mobil dalam keadaan di rem, converter tetap ada dan terjadi sirkulasi minyak namun akan memberikan penambahan momen yang berfungsi sebagai kopling seperti kopling fluida. (baca juga: Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil)Berikut beberapa fungsi torque converter:
- Bekerja untuk memperbesar momen yang dihasilkan oleh mesin kendaraan
- Sebagai kopling otomatis yang memindahkan atau memutuskan momen mesin ke transmisi
- Berfungsi sebagai flywheel yang dapat memperlembut putaran mesin kendaraan
- Dapat meredam getaran yang diakibatkan oleh momen dari mesin dan pemindahan daya (driver train)
- Dapat menggerakkan pompa oli dari hydraulic control system
2. Brake
Brake merupakan salah satu komponen yang ada pada planetary gear ( sun gear, ring gear, atau carrier) yang dapat bergerak untuk mendapatkan perbandingan gigi yang dibutuhkan kendaraan. Brake dapat dioperasikan dengan tekanan hidrolik. Ada dua jenis brake yang ada yaitu band type brake serta wet multiple disc brake. (Baca juga: Cara Membersihkan Interior Mobil)
Pada jenis multiple disc brake, plate-plate yang ada diikatkan pada transmisi dan disc yang berputar integral dengan masing-masing planetary gear set yang ditekan satu sama lainnya untuk memegang bagian dari planteray gear tersebut agar tidak dapat bergerak.
Sedangkan untuk tipe band brake, jenis ini dilingkarkan di sekeliling brake drum yang disatukan dengan salah satu bagian dari planetary. Bila tekanan hidrolik bekerja pada piston yang berkaitan dengan brake band, maka brake band akan mengikat brake drum untuk memegang bagian dari planetary agar tidak dapat bergerak. (baca juga: Cara Mencuci Mesin Mobil).
3. Clutch dan One-way Clutch
Komponen ini menghubungkan antara torque yang digunakan untuk memindahkan momen mesin ke intermediate shaft serta memutuskan hubungan torque converter dariconverter dari planetary gear untuk menghentikan perpindahan momen mesin.
Clucth berjenis multiple disc ini terdiri dari beberapa dics yang disusun secara bolak balik. Clutch ini dihubungkan serta dibebaskan dengan tekanan hidrolik. Sedangkan one-way clucth terdiri dari komponen inner race dan outer race serta sprag (roller) yang ditempatkan diantara keduanya. Jenis clucth ini hanya dapat meneruskan momen puntir ke satu arah saja.
Berikut adalah komponen transmisi otomatis pada mobil yang juga sering anda jumpai pada kendaraan mobil anda. Dengan adanya model gambar seperti ini maka akan membuat anda lebih paham tentang komponen otomatis.
4. Hydraulic Control System
- Mengalirkan minyak transmisi ke bagian torque connverter
- Mengubah beban mesin dan kecepatan kendaraan menjadi hidrolik
- Melumasi bagian-bagian sistem transmisi dengan minyak
- Mengatur tekanan hidrolik yang dihasilkan dari pompa oli
- Memberikan tekanan hidrolik ke bagian clucth dan brake untuk mengatur pengoperasian planetary gear
- Mendinginkan bagian torque converter dan transmisi dengan menggunakan minyak
5. Manual Linkage
Selain yang sudah di jelaskan di atas maka di samping ini juga merupakan salah satu komponen otomotis yang akan anda jumpai pada kendaraan mobil anda. Anda harus mengetahui posisi letak komponen ini.
Sistem transmisi otomatis melakukan up-shift dan down-shift secara otomatis. Untuk mengoperasikan nya, terdapat dua buah linkage yang dioperasikan secara manual oleh pengendara yang dihubungkan dengan menggunakan transmisi otomatis.
Linkage merupakan selector lever dengan cable serta accelerator pedal dan throttle cable. Dengan adanya sistem komponen ini maka mobil anda bisa berfungsi dengan maksimal. Anda juga harus sering – sering mengecek komponen mesin mobil anda seperti ini dan bahkan perlu adanya perawatan yang khusus.
6. Shifting Control
Komponen otomatis yang lain nya yang juga harus anda ketahui dan anda perhatikan adalah Shifting Control. Dimana ini merupakan komponen yang paling di utamakan dalam kendaraan.
Pada sistem hydraulic control akan mengubah beban mesin dan kecepatan kendaraan menjadi hydraulic. Berdasarkan kondisi inilah tekanan hidrolik kemudian dialirkan ke kopling, rem, serta planetary gear untuk mengubah getaran ratio secara otomatis yang disesuaikan dengan kondisi pengemudi kendaraan.
Apabila anda sudah mengetahui apa saja fungsi – fungsinya maka anda bisa lebih hati – hati dan waspada dalam menggunakan kendaraan anda dan anda juga sudah menentukan jadwal sendiri untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara rutin. Pengecekan dengan cara sendiri di rumah atau dengan mendatangi bengkel kepercayaan anda.
7. Pedal Akselerasi
Komponen ini dihubungkan menggunakan kabel pada throttle valve. Derajat penekanan akselerasi yang juga merupakan pembukaan throttle valve kemudian diteruskan ke sistem transmisi menggunakan kabel ini. Sistem transmisi otomatis akan melakukan shift up dan down up tergantung dari beban mesin serta pengemudi yang dapat mengubahnya dengan mengatur penekanan pedal akselerasi.
Komponen ini juga membutuhkan perawatan khusus dan juga harus di perhatikan kebersihannya. Sebagai pemilik kendaraan anda juga harus mengetahui fungsi – fungsi komponen yang berada pada kendaraan mobil anda.
Salah satu komponen otomatis pada mobil anda adalah pedal akselerasi. Apabila anda tidak mengetahui nama dari komponen ini maka artikel ini sangat cocok untuk anda dan membantu anda untuk mengetahui nama – nama komponen dan fungsi dari komponen tersebut.
8. Automatic Transmission Fluid (ATF)
ATF atau merupakan kepanjangan dari Automatic Tranmission Fluid merupakan minyak pelumas yang dicampurkan dengan beberapa bahan tambahan yang digunakan untuk melumasi transmisi otomatis. Hal inilah yang membedakan nya dari jenis minyak lainnya. Sistem transmisi otomatis harus selalu menggunakan ATF yang sudah ditentukan.
Penggunaan ATF yang berbeda akan membuat kemampuan transmisi otomatis akan menurun. Untuk memastikan bahwa sistem transmisi otomatis dapat bekerja dengan benar, tingkat level minyak juga perlu diperhatikan. Untuk memeriksanya, anda dapat menggunakan dipstick pada saat mesin berputar dan transmisi berada pada suhu normal serta tuas transmisi berada di posisi P. Berikut beberapa fungsi ATF:
- Dapat memindahkan momen puntir pada torque converter
- Melumasi bagian planetery gear serta bagian lainnya yang bergerak
- Mendinginkan komponen-komponen yang bergerak
- Mengendalikan sistem hydraulic control yang akan berpengaruh pada kerja kopling dan rem pada transmisi otomatis
Nah itu tadi beberapa bagian dari komponen transmisi otomatis beserta fungsinya. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.
[accordion]
[toggle title=”Artikel Terkait”]
- Komponen Mesin Mobil Lengkap
- Komponen Suspensi Mobil
- Komponen Karburator Mobil
- Komponen Kaki Kaki Mobil
- Komponen Gardan Mobil
- Komponen Kopling Mobil
- Komponen Starter Mobil
- Komponen Transmisi Manual Mobil
- Komponen AC Mobil
- Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil
- Perbedaan Mobil Matic dan Manual
- Cara Mengemudi Mobil Manual
- Ciri Ciri Shockbreaker Rusak
- Cara Mengatasi Mobil Mogok
- Cara Memperbaiki Rem Cakram
- Cara Membersihkan Injektor Mobil
[/toggle]
[toggle title=”Artikel Lainnya”]
[one_third]
- Sistem Pengapian Pada Mobil
- Ciri Ciri Kampas kopling Mobil Habis
- Perawatan Mesin Diesel
- Jenis Oli Mobil
- Cara Kerja Kopling Mobil
- Cara Memperbaiki CDI Mobil
- Cara Merawat Mobil Bekas
- Cara Memperbaiki Dongkrak Mobil
- Cara Memperbaiki Alternator Mobil
- ara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil
- Cara Memperbaiki Master Rem Mobil
- Tips Membersihkan Mesin Mobil
- Cara Merawat Power Steering
- Cara Memperbaiki Gardan Mobil
- Jenis Jenis Aki Mobil
- Cara Overhaul Mesin Mobil
- Cara Merawat Mobil Avanza
- Cara Merawat Mesin Mobil Manual
- Cara Merawat Mobil Tua
- Cara Ganti Kampas Kopling
- Cara Menyetel Platina Mobil
- Cara Menyetel Kopling Mobil
- Cara Mencuci Mobil
- Penyebab Setir Mobil Bergetar
- Ciri Ciri Mobil Bekas Tabrakan Kecelakaan Parah
- Kelebihan Dan Kekurangan Mobil BMW
- Cara Parkir Mobil
- Cara Memperbaiki Bumper Mobil
- Tips Membeli Mobil Bekas
- Cara Membersihkan Velg Mobil
- Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil
- Mobil Sedan Paling Irit
- Mobil Yang Cocok Untuk Wanita
- Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga
- Cara Memperbaiki Body Mobil
- Cara Mencuci Mesin Mobil
- Cara Merawat Kopling Mobil
- Cara Perawatan AC Mobil
- Cara Mengecek Mesin Pada Mobil Bekas
- Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Rendah
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Timor
- Cara Membersihkan Radiator Mobil
[/one_third]
[one_third]
- Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras
- Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir
- Cara Merawat Mesin Mobil Matic
- Cara Mengkilapkan Cat Mobil
- Tips Mobil Anti Maling
- Cara Membersihkan Karat Pada Mobil
- Ciri Ciri Freon AC Mobil Habis
- Cara Membersihkan Interior Mobil
- Perbedaan Mobilio dan BRV
- Cara Perawatan Mobil Matic
- Cara Merawat Mobil Datsun
- Cara Ganti Oli Mobil
- Penyebab Rem Mobil Blong
- Penyebab Mobil Susah Distarter
- Cara Mengganti Air Radiator Mobil
- Mobil Matic vs Manual
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ertiga
- Mobil Antik Termahal di Dunia
- Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Baleno
- Ciri Ciri Mobil Matic Bermasalah
- Jenis Jenis Mobil
- Penyebab Lampu Depan Mobil Mati
- Cara Mengatasi Pedal Kopling
- Penyebab Mobil Terbakar
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Alphard
- Aki Mobil Yang Bagus
- Mobil Paling Irit BBM
- Cara Kerja Karburator Mobil
- Mobil Matic Termurah
- Kelebihan dan Kekurangan Mobilio Tipe S
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna
- Cara Membersihkan Kabin Mobil
- Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio
- Cara Menghilangkan Baret Mobil
- Cara Membersihkan Plafon Mobil
- Mobil Matic Terbaru
- Mobil Diesel Yang Cocok untuk Keluarga
- Cara Menghilangkan Bau di Mobi
[/one_third]
[one_third_last]
- Cara Membersihkan Headlamp Mobil
- Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi
- Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi
- Mobil Paling Mahal Di Dunia
- Ciri Mesin Mobil Masih Bagus
- Cara Membersihkan Kaca Mobil
- Cara Membersihkan Jok Mobil
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Panther
- Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Avanza
- Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter
- Penyebab Lampu Mobil Berembun
- Kelebihan dan Kekurangan Mobilio
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Brio
- Ciri Ciri Mobil Turun Mesin
- Mobil Matic Bekas yang Bagus
- Tips Berkendara Jarak Jauh
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla
- Penyebab Mobil Cepat Panas
- Tips Memilih Amplifier Mobil
- Cara Mengecat Mobil Sendiri
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil Feroza
- Ciri Ciri Shockbreaker yang Rusak
- Mobil Yang Cocok Untuk Keluarga
- Kelebihan dan kekurangan Mobil Datsun
- Jenis Mobil Yang Cocok Untuk Rental
- Tips Membeli Mobil Baru
- Tips Membeli Mobil Bekas Bermesin Diesel
- Cara Menghemat BBM
- Pelindung Cat Mobil
- Cara Merawat Aki Mobil
- Cara Memperbaiki Amplifier Mobil
- Cara Merawat Mobil Baru
- Cara Merawat Jok Mobil
- Kelebihan dan Kekurangan Mobil APV
- Cara Memperbaiki Aki Kering
- Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil
- Penyebab Mobil Berasap
- Mobil Matic Paling Irit
- Mobil MPV Paling Irit
[/one_third_last]
[/toggle]
[/accordion]