Sponsors Link

7 Cara Merawat Aki Mobil Biar Awet dan Tidak Soak Tanpa Biaya

Sponsors Link

Aki adalah salah satu bagian dari kendaraan yang sangat penting baik itu motor atau mobil. Karena aki berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke bagian yang lain nya seperti starter, lampu, dan lain nya. Tapi dari sebagian orang yang memiliki kendaraan sangat tidak terlalu menghiraukan bagian yang sangat terpenting ini. Banyak orang yang hampir tidak pernah mengecek aki kendaraannya. Pada dasar nya aki juga harus di rawat agar aki yang ada pada kendaraan anda bisa awet dan bisa bertahan lama tanpa kendala apapun.

ads

Aki berfungsi sebagai penyalur daya listrik atau sumber listrik tetapi aki juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai sumber listrik untuk sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil ketika mesin mobil sedang mati. Apabila mesin mobil akan di hidupkan kembali maka aki sepenuhnya sudah di gantungan dengan charging sistem pada mobil. Pentingnya aki untuk kendaraan anda atau untuk mobil anda maka memang sangat perlu dilakukan perawatan. Karena untuk anda yang kurang merawat aki mobil anda maka akan berdampak pada usia aki.

1. Memeriksa Jumlah Elektrolit Aki

Untuk awal permulaan dalam merawat aki kendaraan terutama aki mobil adalah anda dengan rutin memeriksa jumlah elekrolit aki mobil anda. Hal ini sangat mudah di lakukan , pada dasarnya anda hanya melakukan pemeriksaan selama satu bulan sekali. Bila aki berkurang atau berada di bawah garis low level maka itu menandakan bahwa garis yang sudah berada di low berarti elektrolit aki sudah berkurang dan membutuhkan tambahan air aki.

Dalam proses penambahan atau pengurangan aki maka elektrolit baterai sangatlah penting untuk membantu prosesnya, apabila jumlah aki kendaraan anda jumlahnya sudah berkurang maka anda bisa merasakan bahwa aki anda akan mengalami masalah. Untuk saat ini yang paling sering terjadi adalah aki tekor dan kendaraan anda tidak akan bisa di hidupkan karena elektrolit sudah tidak menampung baterai.

2. Memeriksa Terminal Aki

Langkah selanjutnya cara merawat aki mobil adalah dengan memeriksa terminal aki. Anda sebagai pemilik mobil bisa memeriksanya dengan cara visual yaitu pastikan terlebih dahulu bahwa terminal aki tidak berkarat, terminal aki tidak berjamur, dan terminal aki tidak mengalami kelonggaran. Apabila aki mobil anda mengalami jamuran dan berkarat maka anda bisa membersihkan aki mobil anda, jika anda ingin membersihkan nya maka cara nya sangat mudah yaitu dengan menggunakan air panas. Jamur akan lebih mudah hilang jika anda siram dengan air panas.

Dan apabila terminal aki anda mengalami kelonggaran atau kendor maka terlebih nya anda harus mengencangkan terminal aki anda terlebih dahulu, apabila sudah tidak mungkin untuk di kencang kan maka anda bisa mengganti dengan terminal aki yang baru.

3. Memanaskan Mobil

Apabila anda jarang menggunakan mobil untuk bepergian maka anda juga harus tau cara merawat aki mobil anda dengan cara memanaskan mobil setiap hari, walaupun tidak akan anda gunakan untuk pergi. Karena pada dasarnya semua aki mobil akan mengalami self discharge karena kapasitas aki akan berkurang walaupun mobil tidak di gunakan.

Itu adalah salah satu alasan mengapa kendaraan itu yang sudah di diamkan lama berminggu – minggu bahkan sampai berbulan – bulan aki pada kendaraan anda bisa mengalami kerusakan dan tidak kuat untuk menghidupkan mesin kendaraan anda.

Sponsors Link

Maka bisa anda ketahui seberapa besar pentinya untuk memanaskan kendaraan. Dalam memanaskan kendaraan anda hanya membutuhkan waktu selama 15 menit – 20 menit setiap hari nya. Tetapi apabila mobil anda di gunakan setiap hari maka proses untuk memanaskan nya tidak sampai 20 menit, anda bisa memanaskan hanya dengan waktu 15 menit saja sebelum di gunakan.

Baca juga : Cara Perawatan Mobil Matic

4. Memeriksa Sistem Pengisian

Cara merawat aki mobil yang sangat sederhana untuk memeriksa sistem pengisian adalah hanya dengan melihat indikator pada baterai aki yang ada pada dashbord mobil, pada saat kunci dalam keadaan on dan mesin mati maka baterai akan menyala. Dan apabila anda menghidupkan mesin kendaraan anda maka gambar baterai pada aki mobil akan mati. Apabila mesin mobil dalam keadaan hidup dan gambar baterai baterai aki mobil tetap hidup maka aki mobil anda mengalami permasalahan pada sistem pengisiannya.

Maka anda harus lebih hati – hati dan usahakan untuk melakukan service pada sistem pengisian di bengkel langganan anda. Selain melakukan service maka bisa di lakukan dengan cara lain yaitu melepas terminal negatif pada baterai aki saat mesin mobil anda di hidupkan. Dan apabila mesin mobil anda mati setelah terminal negatif di lepaskan maka sistem pada pengisian bermasalah. Tetapi jika mesin hidup setelah terminal negatif dilepas maka sistem pengisian bekerja secara normal.

5. Menghidupkan Mesin saat tidak ada beban

Cara merawat aki mobil selanjutnya adalah menghindari menghidupkan beban – beban yang berat saat ingin menghidupkan mesin mobil, seperti lampu utama, tv, radio dan lain sebagainya. Apabila mesin dalam keadaan mati dan mesin mati dalam jangka yang lama maka kapasitas baterai akan terkuras dan lama – lama aki mobil anda akan tekor dan tidak akan mampu untuk melakukan stater. Maka periksalah pada sistem pengisiannya.

Tips Membeli Mobil Bekas Bermesin Diesel

 6. Tune Up secara Rutin 

Selain dari yang sudah di jelaskan di atas maka cara lain untuk merawat aki kendaraan mobil adalah dengan melakukan secara rutin tune up. Karena pada umum nya jika saat anda melakukan tune up, baterai atau aki mobil jumlah elektrolitnya akan diperiksa, kondisi terminal aki juga akan di periksa. Aki adalah vital bagi kendaraan sehingga menmang diharuskan untuk di rawat agar bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.

7. Memeriksa Kualitas Aki

Dalam perawatan aki mobil ini untuk mendapatkan hasil yang akan terbukti tentang kualitas aki mobil yang anda gunakan maka anda bisa menggunakan alat yang namanya batteray load tester. Apabila anda sudah menggunakan alat ini untuk mengetes aki anda maka kualitas aki anda bisa terlihat apakah aki masih baik atau sudah tidak baik.

Apabila anda sudah melakukan hal yang sudah di jelas kan di atas untuk merawat aki mobil agar baterai aki mobil anda bisa awet dan tahan lama karena jika di gunakan dengan baik dan di rawat, aki mobil akan bertahan dalam waktu 3 – 5 tahun tetapi semuanya tergantung dengan pemakaian anda. Setiap aki mobil memiliki waktu keawetan yang berbeda – beda karena dalam penggunaan mobil sendiri ada yang di pakai setiap hari dan ada juga yang di pakai seminggu sekali.

Agar anda tidak salah dalam membedakan terminal aki yang positif (+) dengan terminal aki yang negatif (-) anda bisa melihat secara fisik aki nya langsung yaitu dengan melihat terminal aki yag positif (+) memiliki ukuran yang lebih besar jika di bandingkan dengan terminal aki yang (-).

Mengatasi Aki Tekor

Aki mobil bisa saja tekor di saat yang tidak anda ketahui, maka ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan apabila aki mobil anda tekor :

1. Aki Tekor di Perjalanan 

  • Dengan cara mendorong mobil.
  • Menginjak kopling mobil dan memasukkan tuas transmisi 2
  • Dorong mobil sejauh 5 meter jika dalam keadaan rata, Jika dalam keadaan menurut tidak perlu di dorong sejauh itu.
  • Lepas pedal kopling hingga mobil hidup.

Cara di atas bisa anda lakukan jika mobil yang anda kendarai aki nya tekor sampai 8 Volt. Tetapi apabila tegangan aki sudah habis dan dengan adanya tanda lampu indikator yang tidak menyala terang atau bisa di bilang redup yang berada di dashboard maka dengan cara mendorong mobil seperti yang di atas maka bisa menghidupkan mesin mobil, terutama jika yang anda gunakan adalah mesin injeksi.

Sponsors Link

Apabila mobil yang anda kendarai sudah hidup maka biarkan terlebih dahulu agar aki mobil bisa terisi dengan setrum yang disalurkan oleh Alternator, kemungkinan lamanya hanya sekitar 15 sampai 30 menit, dalam hal ini anda perhatikan lampu di dashboard apakah nyala atau mati ketika mesin masih hidup. Apabila lampu aki di dashboard nyala di saat mesin hidup maka periksalah pada bagian alternator atau dinamo mobil.

Apabila sudah selama 15 menit mobil di hidupkan dan lampu pada aki di dashboard sudah tidak menyala saat mesin mobil hidup maka mesin sudah bisa di matikan dan mencoba menghidupkan kembali dengan cara di stater untuk menguji aki mobil anda apakah masih menyimpan setrum atau tidak.

Aki bisa tekor jika sedang di gunakan dalam perjalanan karena salah satu akibatnya adalah kerusakan dinamo isi sehingga pengisisan aki tidak bisa maksimal saat mesin mobil di hidupkan.

2. Aki Tekor Terus

  • Melihat volume aki masih berada di lower atau upper. Karena bisa disebabkan karna salah satu sel aki kering atau aki basah berada di bawah garis lower.
  • Kekeringan air aki, maka tambah kan air aki kemudian di charger accu.
  • Memeriksa tegangan pada pengisian dari alternator yang dilakukan pada saat mesin mobil masih dalam keadaan hidup.


Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Friday 18th, November 2016 / 07:16 Oleh :
Kategori : Perawatan