Sponsors Link

Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem dan Cara Mengatasinya

Untuk menghindari kecelakaan, setiap pemilik mobil harus peka dan segera mengecek apabila ada keanehan pada rem. Jangan malas untuk mengecek dan melakukan tune-up. Jika malas untuk tune-up maka pemilik mobil harus membayar lebih mahal bila terjadi kecelakaan. Pengemudi perlu mengetahui tanda-tanda mobil perlu tune-up dan cara tune up sendiri. Terutama bagian-bagian utama pada mobil.

Rem adalah salah satu dari beberapa bagian utama pada mobil. Bersama dengan gas, fungsinya untuk mengendalikan laju mobil. Akan sangat menganggu bagi pengemudi jika rem bermasalah. Salah satu masalah yang terjadi pada rem adalah kurang pakem. Mobil yang remnya tidak berfungsi dengan baik, maka dikhawatirkan terjadi kecelakaan. Keadaan semakin buruk jika mobil sedang dalam kecepatan tinggi dan rem tiba-tiba tidak berfungsi.

Untuk menghindari kecelakaan, kita perlu tahu mengecek beberapa bagian dari rem, mengetahui alasannya dan memperbaikinya. Berikut cara mengatasi sendiri rem mobil kurang pakem jika permasalahannya di booster rem, kampas rem dan master rem.

Berkat adanya booster rem, pengemudi bisa menginjak pedal rem dengan lebih ringan. Cara kerjanya yaitu memberi tekanan ke master rem. Jika tidak ada booster rem, maka pengemudi harus menginjak pedal rem lebih dalam. Jika pengemudi merasa harus menginjak pedal rem lebih dalam, berarti ada yang salah dengan booster rem.

Indikasi kerusakan pada booster rem ada tiga. Pertama, seperti yang sudah diceritakan,  pengemudi butuh usaha lebih ketika menginjak pedal rem karena pedal rem keras ketika diinjak. Kedua, terdengar suara desisan di udara ketika pengemudi menyalakan mesin mobil. Penyebab desis di udara karena karet seal pada booster rem mengalami kebocoran. Ketiga, kebocoran pada booster atau servo rem membuat mobil susah langsam.

Penurunan performa mobil karena kerusakan booster atau servo rem memiliki beberapa sebab. Pada bagian selang vakum booster rem atau servo, bisa dicek apakah terjadi kebocoran atau tersumbat kotoran. Masalah kebocoran, jangan lupa untuk mengecek seal booster rem karena juga berpotensi mengalami kebocoran. Khusus mesin diesel perlu mengecek blower vakum dan tabung angin.  Pengemudi perawatan mobil diesel dan perawatan mobil kijang diesel.

Jika ingin membeli mobil kijang diesel, maka anda perlu tahu mobil MPV diesel paling irit. Contoh mobil diesel seperti Kijang Innova Type E MT Diesel dan New Ertiga Diesel Hybrid.

Jika dilihat dari booster rem, berikut cara mengatasi sendiri rem mobil kurang pakem.

  1. Pengecekan stasioner mesin. Stasioner mesin yang mengalami kenaikan bisa jadi karena karet membrannya rusak.
  2. Pengecekan kevakuman manifold-booster. Lepas selang yang terpasang pada booster. Kalau tidak ada kevakuman, berarti selang sedang terjadi kebuntuan.
  3. Pengecekan karet booster. Terdengar suara bising jika karet booster robek.
  4. Jika langkah 1, 2, 3 terjadi, maka kita perlu memeriksa karet boosternya.
  5. Lepas master rem, booster rem, tabung booster.
  6. Cek membran yang robek dan tambal. ,
  7. Pasang kembali bagian-bagian rem yang tadi dilepas.
  8. Uji kendaraan

Kampas rem adalah penyusun sistem rem yang sangat penting. Pengemudi perlu memahami reliabilitas kampas rem dan paham kondisi-kondisi ketika kampas rem harus diganti. Memaksakan kampas rem yang sudah saatnya diganti mengakibatkan pengemudi kesulitan untuk mengendalikan kecepatan mobil.

Ada kondisi-kondisi dimana pengemudi harus mengganti kampas rem. Jika pengemudi harus menginjak rem lebih dalam dari biasanya, merasakan getaran pada pedal ketika menginjak rem, terdengar gesekan logam ketika mengerem, penurunan minyak rem, terlihat serbuk kampas di velg bagian dalam dan penipisan kampas. Munculnya kondisi-kondisi ini berarti pengemudi perlu mengganti kampas rem. Jika dilihat dari kampas rem, berikut adalah cara mengatasi sendiri rem mobil kurang pakem.

  1. Persiapakan dongkrak, kunci roda, kunci pas dan kampas rem yang baru.
  2. Longgarkan mur di roda yang akan dilepas.
  3. Gunakan dongkrak pada bagian depan mobil.
  4. Buka kampas rem di belakang roda.
  5. Gunakan kunci 12 atau 14 untuk membuka pen caliper. Tapi ada jenis mobil yang harus dibuka selang minyak remnya dulu. Buka dulu baut dari pen caliper lalu tarik pen caliper ke atas.
  6. Dari samping, keluarkan kampas rem.
  7. Pindahkan plat kampas rem yang aus ke kampas rem baru.
  8. Sesuaikan ketebalan kampas rem baru dengan cara mendorong piston ke belakang.
  9. Pasang brake pad baru dan kembalikan bagian-bagian yang tadi dibongkar.

Jika rem mobil kurang pakem, perlu diperiksa bagian master remnya. Master rem termasuk bagian penting di sistem pengereman. Master rem punya cara kerja yang berbeda  pada jenis rem cakram dan tromol. Pada rem cakram, master rem bertugas untuk mencegah minyak rem masuk ke brake caliper. Jika rem cakram seret, pengemudi perlu memahami cara memperbaiki rem cakram mobil yang seret dan jika rem cakram lengket maka solusinya cara mengatasi rem cakram lengket.

Pada rem tromol, master rem bertugas untuk menekan brake shoe floating untuk mengungkit brake shoe. Rem master bisa bergerak karena dukungan dari minyak rem dari booster rem. Letak master rem ada di balik roda. Ketika pengemudi menginjak pedal rem, maka piston akan piston akan bergerak ke depan. Tentang rem tromol, driver perlu memahami penyebab rem tromol macet.

Kerusakan pada master rem berarti masalah pada sistem pengereman. Akibatnya, kinerja sistem pengereman berkurang. Ada beberapa indikator kerusakan pada master rem. Harus menginjak pedal beberapa kali untuk menghentikan mobil, penyusutan minyak rem, perlu menginjak lem dalam-dalam, setelan rem mengunci sendiri dan asap yang dihasilkan berwarna putih. Jika dilihat dari master rem, berikut adalah cara mengatasi sendiri rem mobil kurang pakem.

  1. Lakukan buang angin untuk membuang angin yang terjebak pada saluran oli rem.
  2. Coba jalankan mobil lalu tes remnya. Jika rem mobil masih tidak pakem, maka jelaslah ada kerusakan pada master rem.
  3. Bongkar master rem dan periksa dengan jari telunjuk. Apakah terasa kasar atau berkarat?
  4. Jika ada bagian yang kasar atau berkarat, gosok bagian itu dengan amplas berukuran 1000.

Sekian cara-cara menangani rem mobil yang tidak pakem. Semoga informasi ini bisa menyelesaikan masalah ketidak pakeman rem yang dialami oleh mobil pengemudi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis