Sponsors Link

17 Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio Terbaru (#2 Wajib Diketahui)

Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio yang wajib anda ketahui ada beberapa poin peting. Mobil sudah menjadi kebutuhan transportasi utama bagi sebagian orang. semakin banyaknya permintaan akan mobil, kini sudah banyak jenis dan berbagai merk mobil yang terjual di pasaran. Dari mobil manual hingga matic, hingga mobil yang menawarkan fitur-fitur canggih didalamnya.

ads

Salah satu mobil yang cukup laris di pasaran Indonesia saat ini adalah Honda Mobilio. Mobilio merupakan salah satu jenis mobil keluarga dengan harga yang terjangkau dan didukung fasilitas dan design yang mewah serta nyaman digunakan dalam berkendara. Bagi anda yang tertarik dengan Mobil keluaran Honda ini, berikut kami jelaskan kekurangan dan kelebihan Honda Mobilio agar dapat anda pahami. (baca juga : Mobil MPV Paling Irit)

Bagi anda yang sangat mengidamkan kendaraan honda mobilio maka anda juga harus memperhatikan Kelebihan dari mobilio. Berikut ini ada beberapa kelebihan yang harus anda ketahui :

Kelebihan Honda Mobilio

1. Kabin mobil yang cukup luas

Walaupun terlihat pendek dari luar, nyatanya Honda Mobilio memiliki kabin yang paling luas untuk ukuran sekelas mobil MPV. Honda sangat memaksimalkan desain mobil ini sehingga kabin mobil terasa lenggang tanpa harus memberikan kesan yang besar pada bagian eksterior mobil. Bahkan mobil ini dapat menampung 7 orang penumpang didalamnya. Cukup luas bukan?

2. Sistem Handling

Meskipun Mobilio menggunakan sistem EPS yang dapat mengurangi feel pada pengemudi, namun Mobilio memiliki sistem handling yang sangat baik dibandingkan dengan jenis mobil dalam sekelasnya. Body roll dan feedback setir pada mobil ini dinilai cukup baik. Bahkan anda akan serasa mengendarai hatchback bili dilihat dari segi handling dan driving position.

3. Peforma mesin mobil

Untuk mesin mobil, Mobilio sudah dibekali dengan mesin 1500 cc L15Z1 yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 118 HP. Jenis mesin ini sebelumnya sudah diberikan pada mobil Honda lainnya yaitu Honda City keluaran 2014. Dengan mesin tersebut, Mobilio menjadi mobil yang memiliki peforma mesin yang cukup tangguh namun tetap hemat dalam penggunaan bahan bakar. Dengan tambahan teknologi injeksi yang disematkan didalam mobil, mampu membuat mobil berjalan hingga 13-16 km hanya berbekal 1 liter bahan bakar. Selain itu, ada tambahan bahan plastik pada bagian intake manifold yang menjadikan mobil menjadi lebih ringan.

4. Bagasi Mobil

Bisa dibilang bahwa bagian bagasi mobil Honda Mobilio termasuk yang paling luas bila dibandingkan dengan mobil sekelasnya. Selain itu, terdapat tambahan dongkrak dan toolkit yang tersembunyi pada ruang bagasi namun tidak mengurangi luas bagian bagasi mobil. Sehingga menambah kesan mewah pada bagian bagasinya.

5. Desain eksterior mobil yang mewah

Tidak hanya bagian interior nya saja, bagian eksterior Honda Mobilio terbilang cukup menawan dan mewah. Bahkan design eskteriornya dapat diadu untuk mobil-mobil yang berada dalam tingkatannya. Bagian depan hingga belakang mobil didesain dengan tampilan yang sangat sporty. Bahkan untuk anda yang hobi memodifikasi mobil, Honda Mobilio dapat sangat mudah untuk dimodifikasi bagian-bagiannya.

6. Mudah untuk diparkirkan

Meskipun memiliki ukuran badan mobil yang cukup panjang ditambah pula dengan  Groun Clearance yang memiliki ukuran tinggi 185 mm serta bagian Wheelbase yang berukuran 2.650 mm nyatanya tidak membuat Mobilio menjadi susah ketika akan diparkirkan. Dengan tambahan fitur ini pula, Mobilio menjadi lebih aman bila anda mengendarainya pada jalanan yang berlubang atau pada saat banjir.

ads

7. Fitur keamanan yang lengkap

Sebagai salah satu mobil MVP sudah seharusnya dibekali dengan fitur keamanan yang lengkap yang menjamin keselamatan pengemudi selama mengendarai. Mobilio sudah dilengkapi dengan standar keamanan yang cukup tinggi. Bagian kerangka mobilnya sudah dilengkapi dengan pengaplikasian G CON+ACE yang merupakan standar keamanan dari Honda. Selain itu, tambahan DUAL SRS Airbags, sistem pengereman ABS plus EBD makin menambah rasa aman dalam berkendara. Untuk bagian seatbelt sudah dilengkapi fitur pretensioner dengan Load Limiter yang dapat mengurangi cedera pada pengemudi ketika terjadi kecelakaan. Pada bagian jok mobil, sudah dilengkapi dengan jok ISOFIX dan Tether yang diletakkan pada baris kedua. (baca juga: Tips Mobil Anti Maling).

Kekurangan Honda Mobilio

Selain adanya kelebihan maka honda mobilio juga memiliki beberapa kekurangan yang juga harus anda ketahui :

1. Kualitas pada pembuatan mobil

kekurangan Honda Mobilio yang pertama adalah dari segi pengerjaan mobilnya. Banyak dari beberapa bagian mobil yang perlu ditingkatkan lagi kualitasnya. Beberapa bagian mobil tersebut antara lain adalah bagian door trim, dashboard mobil, engine bay yang agak kurang presisi, serta bagian bodi mobil. Beberapa kekurangan tersebut sangat mempengaruhi peforma mobil ini.

2. Peforma transmisi CVT

Honda mobilio menggunakan jenis transmisi CVT pada sistem transmisinya. Transmisi yang digunakan ternyata masih belum terlalu mampu menyalurkan tenaga maksimal seperti yang dimiliki oleh Honda Mobilio versi manual. Peforma mobil terasa melambat pada saat dikendarai dengan kecepatang sedang. kketika berada di kecepatan seperti 40-80 km/jam, transmisi CVT akan terasa sangat lambat dan tidak memberikan peforma mesin yang maksimal meskipun sudah dipindahkan ke mode S. Bahkan ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi seperti 150 km/ jam , transmisi CVT tidak mampu menyanggupi untuk memacu mobil agar lebih cepat lagi. Bila anda memilih mobil dari segi akselerasinya, sangat disarankan untuk memilih Honda Mobilio versi manual.

3. Kekedapan kabin

Kualitas pengerjaan mobil ternyata memiliki pengaruh pada kekedapan bagian kabin mobil. Pada saat posisi idle, suara mesin mobil memang sangat tenang dan halus. Namun pada saat anda mengendarainya dengan kecepatan lebih dari 80km/ jam, maka suara mesin mobil akan terasa sangat mengganggu dalam berkendara. Suara luar nya pun juga cukup mengganggu. Bahkan anda dapat mendengar dengan jelas suara-suara yang ada diluar mobil. Hal ini dikarenakan Mobilio hanya menggunakan plat bodi yang tipi dan peredam karet yang digunakan hanya berlapis satu saja.

4. Harga sparepart yang mahal

Kekurangan Honda Mobilio lainnya adalah harga sparepart mobil yang terbilang sangat mahal. Seperti yang anda ketahui, kendaraan mobil honda memang dikenal dengan harga pasaran sparepart mobil yang cukup mahal. Sehingga tentunya anda akan mengeluarkan banyak biaya ketika akan mengganti beberapa bagian mobil yang rusak.

5. Bagian Suspensi kurang nyaman

Bagian suspensi yang dimiliki oleh Honda Mobilio terasa agak kaku bila anda bandingkan dengan mobil Honda lainnya seperti Jazz. Sehingga anda harus sedikit lebih berhati-hati bila menggunakannya mobil ini pada jalanan yang rusak ataupun berlubang. Selain itu, bagian handling mobil ini terasa susah sehingga akan kurang nyaman ketika dikendarai.

6. Kurangnya kemampuan traksi roda mobil

Kekurangan lainnya ada pada bagian traksi mobil. Kurangnya kemampuan traksi roda mobil ini akan sangat terasa pada saat anda mengendarai di jalan tanjakan dengan penumpang yang penuh didalam mobil. Hal ini dikarenakan, Mobilio hanya menggunakan penggerak roda depan saja.

Sponsors Link

7. Tidak adanya filter AC

Satu hal yang selalu dikritik konsumen dari awal Honda Mobilio ini diluncurkan adalah tidak terpasangnya filter pada pendingin udara di dalam mobil. Sehingga tidak ada yang menyaring udara kotor yang ada didalamnya. Filter udara merupakan salah satu komponen penting yang harus diterapkan dalam sebuah kendaraan mobil. Tentunya akan sangat tidak sehat bila kita menghirup udara yang kotor secara langsung bukan? (baca juga: Perawatan AC Mobil)

8. Design Interior mobil

Design interior Honda Mobilio memiliki design yang hampir sama dengan Honda Brio, hanya saja berbeda pada aksen warna nya. Selain bentuk mobil yang terlihat kurang menarik, kualitas material dan fit & finishing yang digunakan pada mobil kurang baik. Hampir sekitar 80 % bahan material interior menggunakan plastik sehingga terlihat kurang elegan dan high class. Selain itu, anda juga tidak mendapatkan kompartemen kompartemen penyimpanan yang maksimal seperti yang terdapat pada mobil-mobil lainnya.

Nah itu tadi beberapa poin yang menjadi kelebihan dan kekurangan pada Mobil Honda Mobilio. Mobil ini dijual di pasaran dengan berbagai tipe dan harga. Untuk tipe dan harga anda dapat melihat data dibawah ini

  • Mobilio Type S Manual : harga sekitar 168 juta rupiah
  • Mobilio Type E Manual : harga sekitar 189 juta rupiah
  • Mobilio Type E CVT :  harga sekitar 200 juta rupiah
  • Mobilio Type Prestige CVT : harga sekitar 208 juta rupiah
  • Mobilio Type RS Manual :  harga sekitar 212 juta rupiah
  • Mobilio Type RS CVT :  harga sekitar 222 juta rupiah

Itu tadi penjelasan rinci terkait mobil Honda Mobilio. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.



Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 02:14 Oleh :
Kategori : Review Mobil