Sponsors Link

3 Cara Memilih Sarung Penutup Mobil yang Tepat

Sponsors Link

Bagi kamu yang biasa memarkir mobilnya ditempat yang tidak beratap pasti sudah sangat familiar dengan yang satu ini, yaitu sarung mobil atau cover mobil. Sarung mobil ini berguna untuk melindungi mobil bagian luar dari berbagai masalah seperti hujan dan panas. Tetapi tidak sedikit orang yang menggunakan cover mobil untuk digunakan di parkir dalam ruangan.

ads

Kegunaan lain dari cover mobil ini adalah agar mobil bagian luar tidak terkena debu ataupun kotoran yang mungkin ada di dalam ruangan. Tetapi terkadang ada beberapa cover mobil yang kurang bagus sehingga bisa merusak bagian luar mobil.

Nah berikut beberapa cara atau tips memilih sarung penutup mobil yang tepat.

1. Mengetahui Komposisi Bahan

Bagi Anda yang ingin memiliki cover yang bagus bagi mobil, Anda harus memilih bahan yang berkualitas. Untuk itu Anda perlu mengetahui komposisinya terlebih dahulu. Komposisinya sendiri ada beberapa macam.

Pertama adalah komposisi luar yang berguna untuk melindungi dari air hujan dan sinar matahari secara langsung. Berikutnya ada komposisi lapisan kedua di mana memiliki rongga sehingga terdapat sirkulasi udara. Dengan adanya lapisan kedua ini akan menghindarkan dari penguapan udara yang menyebabkan terjadinya embun.

Selanjutnya untuk komposisi ke tiga berguna sebagai penguatan lapisan terbawah sehingga tidak mudah merusak bodi mobil. Untuk lapisan yang ke empat atau komposisi lapisan paling dasar merupakan bahan yang lembut. Hal ini karena tidak mudah terjadi gesekan yang dapat merusak mobil. Terdapat solusi cara memperbaiki bodi mobil yang lecet jika anda sedang mengalaminya.

2. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bahan yang ada, Anda akan lebih mudah dalam memutuskan bahan yang akan digunakan. Bahan yang pertama yaitu ada bahan 100% sintetis di mana bahan ini termasuk bahan yang licin sehingga anti air. Namun bahan ini memiliki kekurangan yang perlu dihindari.

Kekurangan dari bahan ini adalah dapat menjadikan bodi mobil bagian luar terlihat seperti ada gesekan-gesekan. Munculnya gesekan tersebut adalah karena adanya kontak langsung dari kain dengan permukaan cat pada mobil yang dipasangi pelindung berbahan sintetis. Mobil yang menggunakan pelindung berbahan sintetis biasanya akan meninggalkan pola gesekan sarang laba-laba di bodi nya.

Kemudian ada bahan fabric yang memiliki kelebihan yaitu bahannya yang biasanya berongga atau perforated. Hal ini akan mendukung untuk terjadinya sirkulasi udara di dalam pelindung mobil ini dan mobil bagian luar akan menjadi lembap, sehingga mobil Anda pun akan terjaga dengan lebih baik. Sayangnya bahan yang satu ini tergolong bahan yang mahal untuk sebuah pelindung mobil.

3. Memilih Bahan

Pemilihan bahan ini sangat perlu untuk diperhatikan. Pastikan untuk memilih bahan yang tidak tembus air serta tidak menimbulkan gesekan yang mengakibatkan bodi mobil menjadi rusak. Bagi Anda yang ingin memiliki body cover mobil untuk indoor, pilihlah bahan yang berongga, sedangkan untuk outdoor Anda bisa memilih bahan yang memiliki coating anti-air namun tidak mudah merusak bodi mobil. Kenali juga komponen karburator mobil sebagai antisipasi saat terjadi masalah.

Sponsors Link

Berikut jenis-jenis bahan yang bagus untuk cover mobil anda.

  • Bahan Polyester

Jenis bahan ini adalah bahan yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap terpaan air hujan dan sinar matahari, selain itu bahan ini tidak mudah pudar terhadap cuaca apapun, bahan ini cocok untuk digunakan secara outdoor.

  • Bahan Milky

Bahan ini memliki coating anti gores dan anti bocor hal ini dapat dilihat ketika air mengenai bahan ini akan menimbulkan efek daun talas atau bias dikatakan waterproof. Jenis bahan ini lebih kuat dan tebal dari jenis bahan lainnya.

  • Bahan Taslan

Bahan ini memiliki lapisan karet yang kuat yang memiliki kelebihan yaitu ringan dan tidak mudah sobek sekilas bahan ini mirip dengan bahan paarasut tetapi bahan jauh lebih lembut, tebal dan ringan disbanding bahan polyester (parasut). Bahan taslan ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik karena kerapatan bahan yang sangat rapat dan lebih terlindungi.

  • Bahan Puma

Sebenarnya bahan ini tidak berbeda jauh dengan bahan taslan tetapi hal yang cukup membedakan adalah dari segi kualitas coating bagian dalam yang tebal dan anti air. Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk pelindung mobil di dalam ruangan adalah bahan fabric. Hal ini karena bahannya yang berongga sehingga dapat memberikan sirkulasi udara bagi mobil Anda.

Untuk mengetahui apakah pelindung mobil tersebut dilapisi coating, Anda bisa mencari tahunya dengan cara menyiramkan air ke cover yang ada. Perhatikan hasil dari apa yang telah Anda lakukan. Jika efek yang ada seperti air yang dijatuhkan ke daun talas, maka artinya bahan tersebut baik untuk digunakan sebagai cover di luar ruangan.

Sponsors Link

Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa cover untuk mobil yang bagus digunakan saat ada di luar ruangan merupakan cover yang memiliki 4 layer seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pada bagian komposisi bahan. Dengan adanya keempat layer tersebut mobil Anda akan lebih aman dan terjaga sehingga Anda pun bisa merasa tenang tanpa khawatir bodi mobil akan cepat rusak dan tidak indah lagi. Jangan lupa untuk kenali kerusakan yang ada pada kendaraan anda sebelum mencoba cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan slam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick