Sponsors Link

Dampak Buruk Lampu Rem Mobil Mati Bagi Pengendara Lain

Sponsors Link

Lampu rem ini terletak di bagian belakang, di bagian depan tidak terdapat lampu rem. Baik di motor maupun di mobil pasti terdapat lampu rem. Sesuai dengan namnya, lampu rem ini berfungsi sebagai tanda atau isyarat kepada pengemudi atau pengendara di belakangnya bahwa mobil tersebut melakukan pengereman atau memperlambat laju kendaraan.

ads

Beberapa kasus kecelakaan yang terjadi pada umumnya bisa dipicu oleh beberapa sebab. Hal sepele seperti lampu rem yang mati pun sanggup membuat kecelakaan beruntun yang fatal ketika anda berada di jalan raya. Itulah sebabnya, lampu rem termasuk bagian yang harus kita periksa sebelum menjalankan mobil.

Pastikan komponen penting ini menyala terang dengan warna merahnya. Karena letaknya di belakang, kami sarankan Anda untuk menginjak-injak pedal rem dan melihat pantulan cahayanya untuk memastikan lampu rem berfungsi dengan baik.

Penyebab kecelakaan di jalan raya dapat berasal dari kondisi kendaraan, situasi jalan sampai perilaku pengendara. Bahkan hal-hal sepele seperti lampu rem yang mati pun dapat mengakibatkan kecelakaan beruntun ketika di jalan raya. Hal tersebut bisa terjadi akibat kendaraan yang berada di depan berhenti tanpa memberikan tanda berupa lampu rem yang menyala. Bisa jadi karena memang lampu rem nya yang mati.

Tetapi, jika kedua lampu rem mati, kemungkinan besar sekring stop putus. Periksa saja sekring stop yang umumnya terletak di bawah setir. Posisi tepatnya bisa dilihat di buku manual mobil. Copot dan lihat apakah ada bagian sekring yang terputus. Jika benar putus, segera ganti sekring baru.

Bagaimana jika kita baru mengetahui lampu rem mati saat berkendaraa? Pada siang hari Anda bisa menghidupkan lampu -lampu kecil. Tujuannya agar pengendara mobil di belakang tetap peduli dengan posisi mobil kita. Selain itu, perhatikan jarak aman berkendara, serta usahakan jangan melakukan pengereman mendadak.

Begitu tiba di tujuan, segera lakukan pemeriksaan terhadap lampu rem. Bisa juga dengan datang ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan jika diperlukan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah warna lampu rem. Sah-sah saja memodifikasi tampilan lampu rem tetapi jangan sampai membawa dampak buruk terhadap keselamatan di jalanan. Jika lapisan mika pelindung lampu tidak bewarna atau bening, pastikan bohlam berwarna merah sehingga sewaktu menyala tidak menyilaukan pengendara lainnya yang berada dibelakang mobil.

Perubahan warna mika lampu rem menjadi lebih hitam juga akan mengurangi pancaran sinar lampu rem. Segera ganti lapisan mika pelindung jika warnanya sudah berubah kusam atau kehitam-hitaman agar sinar lampu rem tetap cemerlang.

Sponsors Link

Hindari juga memindah-mindahkan posisi lampu sein, lampu rem, dan lampu mundur karena hal ini jelas-jelas membahayakan. Akibatnya, ketika pedal rem diinjak, yang menyala adalah lampu putih. Jelas, ini berpotensi membingungkan pengendara di belakang.

ads

Itu sebabnya, lampu rem termasuk bagian yang harus kita periksa sebelum menjalankan mobil. Pastikan komponen penting ini menyala terang dengan warna merahnya. Karena letaknya di belakang mobil, pastikan lampu rem bekerja dengan baik dengan cara menginjak-injak pedal rem mobil dan melihat pantulan cahayanya.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika tidak ada pantulan cahaya pada saat Anda menginjak rem? Cobalah perhatikan lebih seksama. Jika hanya satu lampu rem yang mati kemungkinan besar bohlam lampunya yang mati. Perbaiki dengan mengganti bohlam yang baru. Cara kita berkendara juga menjadi salah satu faktor atau penyebab lampu rem mati.

Seperti yang kita ketahui, ketika lampu menyala maka akan timbul panas. Jika panas ini terus menerus terjadi maka dapat menyebabkan lampu menjadi panas berlebih sehingga lampu dapat putus. Kebiasaan pengendaraan yang kurang sangat sering menjadi sebab lampu rem sering mati.

Selain dari kebiasaan anda mengendarai kendaraan, hal yang dapat membuat lampu rem mati adalah ketika anda melakukan penggantian bohlam lampu remnya tidak sesuai dengan spesifikasinya. Bila anda memasang bohlam lampu rem yang spesifikasi daya lampunya atau watt lampunya lebih besar dari spesifikasinya standardnya maka akan berkemungkinan terjadi panas yang berlebih.

Jika lampu terlalu panas maka tidak hanya bohlam lampu yang putus saja namun juga dapat menyebabkan reflektor lampu menjadi buram atau bahkan meleleh. Tapi jika daya watt bohlam lampunya lebih kecil dari standardnya, maka akibatnya nyala dari bohlam lampu rem tidak akan terang atau akan redup.

Yang terakhir ini juga tidak kalah penting yaitu sekering atau fuse. Jika sekering putus maka lampu tidak bisa menyala. Kerusakaan sekring pada mobil biasanya karena hubungan arus pendek yang terjadi pada sistem kelistrikan pada mobil dalam hal ini adalah lampu rem.

Jika anda sudah mengetahui penyebab lampu rem mati silahkan lakukan pemeriksaan berdasarkan informasi diatas secara teliti. Dan semoga lampu rem mobil anda dapat berfungsi dengan baik lagi. Sehingga anda dapat kembali berkendara dengan nyaman dan selamat saat di jalanan. Serta  mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya, yang tentu saja akan merugiakan anda dan pengendara lain.

Sponsors Link

Demikian pembahasan kali ini mengenai dampak buruk lampu rem mobil mati bagi pengendara lain. Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk kenali kerusakan yang ada pada kendaraan anda sebelum mencoba cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis