Sponsors Link

8 Cara Antisipasi Pencurian Ban Mobil Saat Parkir di Pinggir Jalan

Sponsors Link

Saat ini banyak sekali para pengguna mobil yang kerap memarkirkan mobilnya di tepi jalan. Entah karena parkir untuk sementara, atau memang sengaja karena garasi sudah terisi mobil lain atau mungkin malah memang tidak mempunyai garasi.

ads

Bila pada masa dahulu banyak pelaku kejahatan menyasar sebuah mobil baru untuk dicuri ataupun dibegal yang selanjutnya dijual. Namun saat ini mereka lebih memilih hanya mencuri  ban mobil saja, bukan hanya ban mobil baru dan ori, bahkan mobil uzur alias mobil jadul pun tak luput dari yang namanya aksi pencurian ban  mobil. Selain caranya mencurinya yang cukup mudah, ban mobil ini pun sangat cepat dan laku dijual.

Kalau sudah begitu sebaiknya anda harus selalu lebih berhati hati ketika memarkirkan kendaraan kesayangan anda. Jangan sampai anda bepergian dengan menggunakan mobil tapi ketika hendak jalan pulang, ban mobil yang semula terpasang tiba tiba saja raib digondol maling. Untuk itu sebaiknya mulai saat ini anda harus lebih waspada dan berhati hati ketika memarkirkan mobil.

Nah  Beberapa tips dibawah ini mungkin saja berguna bagi kalian agar roda atau ban mobil tidak digondol maling.

1. Parkir di tempat yang aman

Tips yang pertama ialah, pastikan kendaraan anda parkir di tempat yang sudah terjamin keamanannya. Jangan sekali kali memarkirkan mobil di lokasi yang rawan aksi pencurian dan luput dari pandangan mata anda. Sangat disarankan anda memarkirkan mobil di lokasi tempat parkir resmi atau jika disekitar anda tidak ditemukan lokasi parkir, setidaknya anda memarkirkan mobil yang bisa kalian pantau dari jauh.

2. Memasang alat pengunci velg dan baut

Bila anda tidak menemukan parkiran mobil yang sekiranya aman dan harus meninggalkan kendaraan di lokasi yang anda sendiri ragu untuk memarkirkan mobil, kalian bisa memanfaatkan alat pengunci roda yang dilengkapi dengan penutup baut roda sehingga hal ini akan membuat pencuri menjadi kesulitan jika akan mencuri velg kendaraan sehingga mereka lebih memilih kendaraan lain yang dijadikan sasaran selanjutnya.

3. Mengganti baut standar dengan baut khusus anti maling ( lock nut )

Di beberapa toko variasi mobil biasanya banyak yang menjual baut mobil yang didesain secara khusus, dimana dalam paket penjualannya selalu dilengkapi dengan kunci shock pembuka yang khusus pula. Jadi dengan anda mengganti mur roda dengan mur aftermarket anti theft ini, akan membuat si pencuri menjadi kesulitan untuk membuka mur pengikat velg. Pahami juga perbedaan velg mobil original dan replika sebagai alternatif pengamanan selanjutnya.

4. Memasang Alarm

Perangkat yang paling lazim ditemui ini akan mengeluarkan suara bising jika kendaraan diotak-atik tidak sebagaimana mestinya. Alarm mobil memiliki peran yg cukup penting yaitu sebagai isyarat atau peringatan bakal ada bahaya yg berhubungan dngn mobil. Yang memiliki mobil kelihatannya harus menempatkan alarm untuk keamanan mobil dari tindakan pencuri atau bahaya lain.

5. Pasang Kunci Ganda

Untuk Anda yang terpaksa harus parkir di tempat yang rawan. Anda bisa mencoba memasang kunci gembok pada roda Anda. Memang sih harganya cukup mahal dan berat lagi. Namun dengan begitu sebelum mencoba mencuri mobil Anda pun, si pelaku sudah keburu malas.

Sebab dia telah melihat adanya gembok ban mobil yang terpasang dan sudah jadi ill feel duluan untuk mencuri mobil Anda. Cara yang satu ini adalah cara mencegah yang cukup ampuh karena menunjukan terlebih dahulu pengamanan ekstra Anda pada pencuri sehingga dia jadi malas

6. Taruh Topi Polisi

Tips pencegahan yang satu ini mungkin memang terbilang unik, karena selain mudah tips ini juga bertujuan untuk menipu pelaku kejahatan. Anda bisa membeli topi polisi di tempat-tempat yang menjual aksesoris polisi lalu meletakan topi tersebut di dashboard mobil. Sehingga pelaku akan mikir dua kali sebelum mengambil mobil Anda sebagai sasaran kejahatannya. Ketahui juga bagaimana cara membersihkan dashboard mobil yang kusam agar tetap dalam kondisi oke.

Sponsors Link

7. Mencopot roda mobil sendiri

Jika anda tidak memiliki dana yang cukup atau tidak tahu dimana membeli kesemua peralatan diatas, ada cara ekstrim lain yang bisa kalian lakukan agar velg mobil anda tidak dicuri orang lain, yakni dengan melepas kesemua roda mobil anda sendiri dan menyembunyikannya didalam mobil atau bagasi.

Memang hal ini terlihat sangat mustahil bagaimana cara pencuri mengambil ban mobil yang terpasang, ingat yang namanya pencuri tentu sudah 1 langkah lebih maju ketimbang apa yang ada dalam pikiran anda. mencuri ban mobil itu sangat mudah, yang diperlukan hanyalah dongkrak ringan, ditambah kunci palang dan juga keberanian plus keadaan yang memungkinkan untuk bisa melakukan hal ini.

8. Banyak Beramal Dan Berdo’a

Segala sesuatu yang terjadi pada diri kita, tidak terlepas daripada rencana Allah yang Maha Kuasa. Oleh karena itu banyak-banyaklah beramal dan berdo’a karena hal tersebut dapat melepaskan kita dari musibah dan marabahaya yang mungkin terjadi.

Sponsors Link

Cukup sekian informasi yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan informasi yang lebih bagus dan juga lebih menarik, dan tentunya  memberikan manfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lupa untuk kenali kerusakan yang ada pada kendaraan anda sebelum mencoba cara – cara yang penulis berikan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick