Sponsors Link

Waspadai Asap Putih dari Knalpot Mobil

Sponsors Link

Tenaga atau peforma mesin yang menurun atau loyo dapat disebabkan oleh salah satu komponen mobil yang menjadi bagian dari komponen mesin mobil atau beberapa hal lainnya, dan tekanan kompresi mesin yang sudah melemah. Untuk mengidentifikasi kompresi mesin yang sudah lemah dapat dilihat dari gejala yang ditimbulkannya, seperti keluarnya asap putih dari knalpot mobil, usia pakai busi lebih pendek dengan mengenali tanda tanda busi mobil harus ganti, dan berkurangnya volume oli mesin.

ads

Menurut para mekanik mobil, asap putih yang keluar dari knalpot karena ring komponen piston mobil (ring seher) atau seal klep sudah melemah. Sehingga dapat menyebabkan merembesnya oli dan masuk ke ruang bakar mesin. Oli yang masuk ke ruang bakar mesin akan dapat menghasilkan asap putih yang dikeluarkan melalui knalpot.

Selain itu, oli yang masuk ke dalam ruang bakar mesin juga dapat membuat busi cepat mati, dan kepala busi akan berwarna hitam dan berkerak akibat dari oli yang masuk ke dalam ruang bakar mesin dan terbakar di dalamnya. Hal yang lebih berbahaya lagi adalah jika oli mesin akan cepat berkurang jika kondisi ring piston semakin parah.

Para mekanik membagikan penglamannya untuk memperbaiki mobil dengan kerusakan seperti ini, menurutnya tidak ada cara lain selain mengganti komponen ring seher yang sudah lemah dengan yang baru. Kerusakan ini bisa disebabkan karena usia pakai atau perawatan yang tidak benar, seperti mengganti oli yang tidak teapt waktu dan kondisi mesin pernah mengalami overheat.

Bagi para pemilik kendaraan yang sudah pernah mengalami gejala tersebut, sebaiknya lebih sering mengecek atau mengontrol kondisi oli mesin sesering mungkin, terutama setelah melakukan perjalanan jauh. Pastikan oli mesin mobil tidak berkurang atau bahkan sampai kering atau kehabisan.

Karena, jika oli mesin samapi kehabisan maka akan menimbulkan suatu masalah yang sangat fatal. Atau kerusakan yang terjadi pada mesin sangat parah atau overheat dan harus turun mesin, hal ini menyebabkan anda harus mengeluarkan biaya yang lebih lagi, bukan?

Keausan ring piston adalah kondisi dimana bagian samping dari ring mengalami pengikisan. Pengikisan ini, akan memperkecil diameter total dari ring. Sehinnga celah paa silinder akan semakin parah kondisinya atau melebar, yang memungkinkan oli meisn masuk ke dalam ruang bakar mesin. Kondisi tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah diantaranya, los power, mesin susah hidup, keluar asap putih, oli mesin boros.

Apa saja yang menjadi penyebab ring piston bisa aus ?

Ini terkait dengan proses kerja mesin, piston selaku komponen utama mesin yang bergerak naik dan turun didalam sebuah komponen yang berbentuk silinder. Agar piston mampu bergerak didalam silinder, maka diameter piston harus diset lebih kecil dari pada diameter siinder. Namun, hal ini menimbulkan masalah baru, perbedaan diameter antara piston dan silinder akan meninggalkan sebuah celah yang bisa menyebbakan kebocoran kompresi.

Sponsors Link

Oleh sebab itu, tiga buah ring disematkan di dinding pito untuk merapatkan celah antar piston dan silinder. Karena ring piston terletak pada piston, maka setiap kali jika piston bergerak naik dan turun maka ring tersebut akan mengikutinya. Gerakan ini tentunya akan menimbulkan gesekan antara ring dengan silinder, sehinga ada = potensi ring keausan.

ads

Tapi, sebenarnya hal ini sudah diatasi. Oli mesin, sebagai pelumas komponen mesin memiliki fungsi untuk melapisi hubungan antara ring dan silinder, sehingga ring piston tidak secara langsung bergesekan dengan silinder. Namun masalahnya, terkadang kita telat ganti oli atau bahkan tidak pernah ganti oli mesin sama sekali.

Itulah yang menyebabkan ring pistonn cepat aus, perlu diketahui oli mesin kalau terus digunakan itu akan mengalami degradasi dan penurunan kualitas. Kalau degradasi ini masih pada level aman, maka oli masih bisa digunakan. Namun kalau oli sudah melewati masa pakai maka pelumasnya tidak akan maksimal. Ciri ciri ring piston aus

1. Oli Mesin Sering Habis atau Berkurang

Harusnya, ring piston merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tidak ada lairan oli dari bak oli keruang bakar mesin. Namun kalu ring piston aus, oli dengan mudah akan masuk ke ruang bakar saat piston bergerak naik turun.

2. Asap Putih Keluar dari Knalpot

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, asap putih ini adalah hasil dari oli yang terbakar di dalam ruang bakar mesin. Artinya, ciri yang satu ini masih berhubungan dengan ciri yang pertama tadi.

3. Suara Mesin Agak Kasar

Suara mesin yang memiliki ring piston normal itu halus, tapi kalau ada kebocoran kompresi atau ring piston melemah maka suara mesin menjadi agak kasar. Suaranya terkesan ngobos dan tidak nyaman didengar.

4. Hasil Test Kompresi Rendah

Untuk memastikan secara faktual, anda perlu melakukan tes kompresi. Pengetesan ini dilakukan untuk mengetahui berapa tekanan kompresi yang mampu diciptakan oleh mesin tersebut. Kalau ring piston mengalami keausan  maka tekanan kompresi akan drop. Hal ini dapat dilihat pada gauge compression tester yang menunjukan angka dibawah tekanan standaet kompresi standar.

Sponsors Link

Demikian artikel yang dapat saya ulas mengenai asap putih yang keluar dari knalpot, bertanda ring seher melemah. Jika kendaraan anda mengalami gejala seperti diatas tadi, maka anda harus segera mungkin untuk membawanya ke bengkel, bisa jadi itu menjadi masalah yang serius bagi kendaraan anda. Kenali kerusakan pada kendaraan anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil