Sponsors Link

8 Penyebab Mobil Bergetar Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinya

Sponsors Link

Penyebab mobil bergetar bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti yang paling banyak terjadi karena kebiasaan penggunaan mobil dengan cara kasar dan tidak baik. Kebiasaan buruk seperti itu bisa menyebabkan beberapa bagian komponen dari mobil cepat kendur dan bahkan menyebabkan getaran yang tidak nyaman.

ads

Hindari kebiasaan stop anda go yang tentunya sangat merugikan bagi kondisi secara umum mobil pribadi anda. Mengendarailah dengan menggunakan perasaan yang peka. Pahami bagaimana menaklukkan banyaknya polisi tidur yang sebenarnya harus anda tangani secara bijak tanpa menyiksa mobil anda dengan banyaknya kekerasan fisik. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai cara menghilangkan noda karat pada cat mobil.

Penyebab Mobil Bergetar

Pada artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai penyebab mobil bergetar yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi, yuk kita simak penjelasannya bersama – sama sebagai berikut.

1. Permasalahan Pada Bagian Engine Mount

Engine mount ialah bagian penting yang mempunyai peran aktif dalam hal menahan berat dari mesin itu sendiri. Apabila ditemukan terjadi masalah pada bagian engine mount, secara langsung akan berpengaruh pada mesin, dan seringkali tidak sedikit kasus menyebabkan terjadi getaran pada mesin mobil anda.

Tapi pada dasarnya bagian engine mount sudah dirancang sedemikian rupa dengan akselerasi dan tingkat ketahanan begitu kuat. Jadi tanpa adanya suatu kejadian fatal seperti halnya kecelakaan berat, dirasa peluang kerusakan tidaklah besar.

Namun tetap perlu anda perhatikan, hindari kebiasaan stop and go. Karena guncangan – guncangan yang sering terjadi dalam jangka waktu lama, mungkin saja bisa menghancurkan ketahanan dari engine mount. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai cara merawat mobil matic baru.

2. Permasalahan Pada Bagian Busi

Busi memang bagian yang terkenal rentan terjadi masalah. Seperti halnya kondisi fisik yang tidak baik misalnya saja kotor, itu saja sudah bisa membuatnya menjadi tidak baik dalam menjalankan fungsi utamanya. Apalagi kalau busi sampai mati, bagian mesin akan merasa pincang dan peformanya bisa secara cepat mengalami penurunan.

Anda yang sering merawat atau bahkan memperbaiki mobil pastinya sudah paham bahwa busi mobil terdapat 4 bagian. Apabila salah satu dari 4 bagian tersebut mengalami kerusakan, saya sarankan untuk segera mengganti kesemua bagiannya untuk menstabilkan kembali peforma baik dari mesin.

Efek yang paling sering terjadi dari kerusakan busi adalah adanya getaran – getaran yang tentunya membuat pengendara menjadi tidak nyaman. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai kendala mobil matic.

Sponsors Link

3. Permasalahan Pada Bagian Piston

Penyebab mobil bergetar berikutnya adalah adanya permasalahan pada bagian piston. Jika bagian piston mengalami penurunan kemampuan karena adanya masalah seperti kurangnya tenaga, biasanya peforma dari mesin mobil akan secara perlahan akan ikut mengalami penurunan terhadap tenaga yang dihasilkan.

Permasalahan ini terjadi karena adanya kebiasaan untuk memacu kendaraan anda pada posisi kecepatan yang sangat tinggi. Selanjutnya jika bagia piston dalam kondisi yang tidak baik, akan memicu terjadinya beberapa getaran pada mobil anda. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai perbaikan body mobil keropos.

4. Permasalahan Pada Bagian Shockbreaker

Bagian ini juga tidak kalah penting peranannya dalam hal menjaga kenyamanan saat berkendara. Anda sudah pasti tau bahwa peranan paling penting dari bagian shockbreaker adalah mempertahankan mobil untuk tidak bergetar pada jalanan yang tidak rata seperti halnya rusak parah, berbatu, dan terjal.

Sidah bisa dipastikan jika shockbreaker anda dalam kondisi tidak sehat akan menimbulkan banyak getaran yang membuat anda frustasi karena suara yang dihasilkan begitu mengganggu saat berkendara. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai perawatan mobil matic vs manual.

ads

5. Permasalahan Pada Bagian Velg

Bagian Velg bisa dikatakan sebagai tumpuan utama yang menahan beban dari keseluruhan body serta komponen – komponen penting dari mobil itu sendiri. Kondisi velg yang tidak baik, tentu saja akan sangat mempengaruhi dan berakibat fatal pada rusaknya komponen lainnya.

Seringnya berkendara pada kondisi kecepatan yang terlalu tinggi bisa memicu bengkoknya bagian velg. Jika sudah begitu, getaran – getaran akan mulai timbul karena keseimbangan dari velg menjadi sulit untuk dipertahankan. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai ganti oli mobil.

6. Permasalahan Pada Bagian Propeller

Bagian ini seringkali ditemukan menjadi penyebab terjadinya berbagai getaran, terutama saat anda berkendara pada kondisi kecepatan tinggi. Namun terjadinya kerusakan pada bagian ini dipresdiksi akan sangat kecil. Pasalnya propeller dirancang dengan baik dalam hal ketahanannya.

Kebanyakan kerusakan propeller bisa terjadi karena adanya benturan yang keras seperti halnya kecelakaan. Sudah sewajarnya bagian propeller dibuat dengan ketahanan yang baik, karena memang peranannya begitu penting dalam hal menaham getaran yang ada ketika berlangsungnya proses transmisi data dari bagian gear box ke bagian difrensial. Anda bisa juga memperlajari hal lainnya mengenai cara coating mobil sendiri.

7. Permasalahan Pada Bagian As Roda

Banyak kasus yang terjadi seperti proses perputaran roda menjadi tidak begitu stabil karena akibat dari kerusakan pada bagian as roda. Dengan begitu secara perlahan akan memicu timbulnya getaran – getaran pada beberapa bagian mobil anda.

Riwayat kecelakaanlah yang biasanya menjadi penyebab paling utama bagian as roda menjadi tidak stabil. Ditambah lagi bagian ini seringkali diabaikan karena letaknya berada pada bagian bawah mobil. Sehingga kerusakan kecilpun tidak terlalu dirasakan. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai paint protection terbaik.

8. Permasalahan Pada Bagian Rem

Rem merupakan salah satu bagian penting dari mobil. Rusaknya bagian ini, mempunyai peluang besar memicu terjadinya kecelakaan. Anda bisa menganalisa sendiri timbulnya getaran yang disebabkan oleh bagian rem. Misalnya saja saat anda memacu kendaraan dalam kondisi kecepatan tinggi.

Sponsors Link

Jika saat melakukan pengereman dirasakan suatu getaran, berarti bagian rem anda sudah mulai bemasalah. Segera  lakukan pengecekan dan perbaiki, sebelum masalah serius menimpa keselamatan anda.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai penyebab mobil bergetar di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan menambah wawasan bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali yang membahas mengenai penyebab mobil bergetar. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 20th, October 2017 / 19:04 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis