Sponsors Link

10 Kendala Mobil Matic Yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Mobil matic memang menjadi pilihan banyak orang karena kemudahannya dalam berkendara, terutama bagi pemula dan wanita. Karena itulah tak salah jika penjualan mobil matic ini cukup meningkat setiap tahunnya. Namun sama halnya dengan mobil-mobil lainnya, mobil matic juga memiliki masalah-masalah yang menyebabkan peforma kendaraan menjadi menurun. Apalagi cara perawatan mobil matic yang cukup rumit membuat banyak orang terkadang salah dalam melakukan perawatan. Lalu sebenarnya apa saja kendala mobil matic yang sering kali terjadi? Berikut ini beberapa masalah yang perlu anda perhatikan sebagai pemilik mobil matic.

ads

1. Sering Terjadi Getaran Pada Mobil

Salah satu kendala yang seringkali terjadi pada mobil matic adalah sering munculnya getaran pada mobil. Getaran pada mobil memang wajar saja terjadi saat mesin sedang bekerja. Namun jika getaran yang terjadi cukup menganggu, maka hal ini menunjukkan jika terdapat masalah pada transmisi ataupun mesin kendaraan. Hal ini biasanya dikarenakan kondisi kampas kopling yang sudah aus sehingga terjadi gesekan pada kampas kopling.

2. Adanya Hentakan Ketika Perpindahan Gigi

Mobil-mobil matic keluaran terbaru terkadang sudah dibekali sistem perpindahan gigi yang halus. Sehingga jika saat perpindahan gigi masih kurang terasa halus, maka hal ini wajar saja terjadi. Namun bila anda merasa terjadi hentakan ketika perpindahan gigi di awal, maka anda patut untuk mewaspadai hal ini. Hal ini biasanya dikarenakan adanya masalah pada sistem elektronis ataupun pada sistem elektronis. Untuk memeriksanya, anda dapat menggunakan socket OBD.

3. Gigi Sulit Mundur

Jika masalah kerusakan pada mobil matic semakin parah, maka bisa saja menyebabkan gigi mobil matic tidak bisa muncur. Penyebab mobil matic tidak bisa mundur biasanya dikarenakan terjadinya kerusakan dalam sistem mekanis transmisi mobil tersebut. Selain itu, kerusakan pada bagian tuas gigi mundur juga menjadi penyebab lainnya kerusakan ini terjadi.

4. Tuas Gigi Sulit Bahkan Tidak Bisa Pindah

Kendala mobil matic seperti ini biasanya dikarenakan sistem transmisi otomatis pada mobil mengalami kerusakan. Biasanya banyak pengemudi yang tidak menyadari kerusakan ini sebelum menaiki atau menggunakan sistem transmisi. Kerusakan ini biasanya membuat posisi tuas gigi menjadi tersangkut bahkan tidak dapat berpindah sedikitpun dari posisi parking.

5. Munculnya Suara Keras Saat Gigi Posisi Netral

Penyebab munculnya suara aus saat sistem transmisi dalam posisi netral biasanya terjadi dikarenakan bagian bearing terutama input shaft mengalami keausan. Untuk mengatasi hal ini, kana lebih baik jika anda segera membawa mobil matic ke bengkel resmi untuk menghindari resiko kerusakan yang lebih besar lagi.

Sponsors Link

6. Kebocoran Pada Sistem Transmisi

Kebocoran pada sistem transmisi mobil matic adalah kasus yang seringkali terjadi pada mobil matic. Cairan transmisi ini bermanfaat untuk melumasi saat proses perpindahan gear. Sehingga jika terjadi kebocoran, maka akan menyebabkan masalah serius pada mobil matic anda.

7. Bahan Bakar Menjadi Boros

Hal ini mungkin memang seringkali terjadi pada mobil-mobil matic dibandingkan manual. Namun jika keborosan yang terjadi sangat tidak wajar, maka ini bisa menjadi masalah yang cukup serius. Biasanya ini dikarenakan tenaga torsi mobil tidak bisa mengalir maksimal ke penggerak akhir.

8. Tidak Kuat Menanjak

Mobil matic bisa saja mengalami kendala ketika melalui jalanan tanjakan meskipun posisi transmisi sudah dipindahkan ke posisi L dan pengemudi sudah menginjak pedal gas sangat dalam. Kendala mobil matic seperti ini memang sering terjadi apalagi pada mobil yang berusia cukup tua. Penyebab mobil matic tidak bertenaga tidak akan terjadi jika anda merawat mobil matic secara rutin dan benar.

9. Terjadi Slip

Baik pada mobil manual sekalipun, kasus seperti ini bisa saja terjadi. Pada mobil matic, biasanya dikarenakan sistem transmisi berjenis step T pindah gigi dari gigi 1 ke gigi 2. Sedangkan untuk jenis mobil matic yang menggunakan continuously variable transmission, gejala slip atau ngeloas seperti ini dapat terjadi saat mobil akan berjalan.

10. Tersangkut Pada Gigi Atas

Kasus seperti ini biasanya terjadi dikarenakan adanya fitur TCM dalam sistem transmisi mengalami kerusakan pada bagian sensori, sehingga semua bagian di dalam fitur TCM akan tetap mengirim perintah agar transmisi tetap dalam posisi netral. Untuk mengecek kondisi ini, akan lebih baik jika anda mencoba memperharik sinyal pada engine check di dalam instrumen panel. Setelah itu segera bawa mobil matic anda ke bengkel untuk diperbaiki oleh teknisi yang sudah ahli.

Sponsors Link

Nah itu tadi beberapa kendala mobil matic yang perlu anda waspadai. Jika masalah transmisi matic seperti ini terjadi pada mobil anda, akan lebih baik jika segera membawanya ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut. Selain itu perhatikan cara perawatan mobil matic dan cara mengemudi mobil matic yang benar dan tepat sehingga mengurangi terjadi resiko kerusakan pada mobil matic anda. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 19th, October 2017 / 17:36 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis