Sponsors Link

9 Perawatan Mobil Kijang Wajib Dilakukan Rutin

Sponsors Link

Toyota Kijang merupakan salah satu mobil minibus populer yang ada di Indonesia. Mobil ini sudah hadir di Indonesia pada tahun 1977 dan menjadi salah satu mobil Toyota yang cukup laris hingga saat ini. Ada berbagai varian serta generasi mobil kijang ini yang mana dapat dengan mudah ditemukan di pelosok Indonesia. Tak heran jika banyak sekali orang yang menjadikan mobil kijang sebagai mobil yang cocok untuk keluarga.

ads

Namun sama halnya dengan mobil-mobil lainnya, mobil kijang ini juga membutuhkan perawatan agar peformanya tetap terjaga dengan baik. Lalu bagaimana cara merawat mobil kijang yang benar? Berikut ini beberapa perawatan mobil kijang yang wajib dilakukan.

1. Lakukan Penggantian Oli Secara Rutin

Hal ini penting dilakukan, bahkan bagi setiap jenis mobil sekalipun. Oli memiliki fungsi yang cukup penting sebagai pelumas mesin kendaraan. Untuk penggantian berkala, biasanya disarankan kurang lebih setiap 6 bulan sekali atau telah mencapai jarak 10.000 km. Jangn lupa untuk melakukan penggantian oli gardan,  biasanya untuk toyota kijang membutuhkan sekitar 3 liter GL-5 atau Toyota Motor Oil for Differential. Sedangkan untuk oli transmisi membutuhkan sekitar 2 liter oli. Untuk penggantian oli transmisi dan gardan dilakukan setiap mencapai jarak kelipatan 40.000 km. Jangan lupa untuk selalu menggunakan oli mobil terbaik untuk kendaraan anda.

2. Perawatan Mesin

Hal penting yang perlu dilakukan dalam perawatan mobil kijang adalah merawat mesin mobil secara rutin. Seperti halnya sebuah mesin, baik itu mesin bensin maupun diesel membutuhkan beberapa penyegaran semisal mengganti ring piston. Namun jika boring sudah baret, penting untuk melakukan overhaul. Apalagi jika mobil kijang anda sudah berusia 8 tahun ke atas, tentu saja peforma mobil sudah sangat menurun. Untuk biaya overhaul sendiri berkisar 7-8 juta Rupiah untuk proses overhaul total. Jika mobil kijang anda bermesin diesel, biaya yang perlu anda keluarkan bisa mencapai 2 kali lipatnya.

3. Rajin Mengecek Busi

Jangan lupa untuk selalu rutin mengecek kondisi busi mobil. Lakukan pula penggantian dengan rutin dan secara berkala. Anda bisa membaca pada buku petunjuk manual yang diberikan produsen mobil.

4. Mengecek Kondisi Timing Belt

Jangan lupa untuk mengecek kondisi timing belt, setidaknya jika sudah mencapai jarak 40.000-45.000. Jika anda tidak memperhatikan hal ini, maka bisa saja muncul bunyi-bunyi yang menganggu saat anda menstarter mobil anda. Bunyi ini biasanya muncul dari rantai keteng yang memiliki fungsi sebagai timing belt.

Sponsors Link

5. Perawatan Sistem Pendingin

Selalu rawat sistem pendingin mobil anda dengan baik. Jika sampai terjadi kerusakan kecil pada sistem pendingin, akan lebih baik untuk segera memperbaikinya. Apalagi jika kerusakan yang terjadi cukup serius, maka akan lebih baik untuk segera membawanya ke bengkel.

ads

6. Pengecekan Sistem Rem

Sistem pengereman mobil merupakan bagian yang cukup krusial dalam tips perawatan mobil, termasuk dalam perawatan mobil kijang. Memeriksa komponen-komponen dalam sistem pengereman akan menghindari resiko kerusakan yang cukup berbahay pada sistem pengereman mobil anda. Apalagi sistem pengereman menjadi hal yang mempengaruhi keselamatan dan keamanan penumpang di dalam mobil.

7. Periksa Tekanan Ban Mobil

Banyak orang yang terkadang menyepelakan hal ini, padahal hal ini sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. Selalu periksa tekanan pada ban mobil anda saat akan digunakan, terutama jika anda akan menggunakannya dalam perjalanan jauh. Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada kenyamanan anda dalam berkendara.

8. Penggantian Kampas Kopling Secara Rutin

Kampas kopling menjadi bagian penting dalam sistem penggerak kendaraan, termasuk pada mobil kijang. Kopling serta kampasnya berfungsi untuk menghubungkan antara mesin dengan penggerak roda. Sehingga penting untuk melakukan penggantian kampas kopling secra rutin. Anda bisa mengetahuinya dari ciri ciri kampas kopling mobil habis. Namun rata-rata penggunaan kampas kopling berkisar selama 4-5 tahun.  Untuk harga kampas kopling setiap mobil kijang berbeda, misalnya saja untuk kampas kopling mobil kijang LG mesin diesel mencapai 350-400 ribu Rupiah.

Selain itu penting untuk melakukan perawatan pada kampas kopling yang membuat kondisi kopling tetap awet, antara lain adalah:

  • Jauhi kebiasaan menginjak kopling ketika mengendarai mobil
  • Lakukan perpindahan transmisi secara perlahan dan jangan sampai menghentak
  • Sesuaikan gigi transmisi mobil dengan laju kendaraan. Jangan menggunakan transmisi gigi ketika laju kendaraan sangat lambat.

9. Sistem Elektrikal Mobil

Sistem kelistrikan yang dimaksud ini adalah pada bagian fuel pump yang ada pada mesin bensin maupun diesel. Rata-rata mobil kijang sudah menggunakan sistem ECU yang dibekali electric fuel pum dengan tekanan tinggi.

Sponsors Link

Namun banyak sekali kasus-kasus dimana fuel pump seakan ngadat dikarenakan kualitas bensin yang digunakan. Hal ini seringkali terjadi pada mobil kijang Innova. Sehingga perlu dilakukan pengurasan tangki serta pemeriksaan fuel line dengan rutin. Untuk penggantian fuel pump sendiri bisa mencapai nilai 4 Juta Rupiah. Sehingga perhatikan penggunaan bahan bakar untuk kendaraan anda.

Nah itu tadi beberapa perawatan mobil kijang yang wajib dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan, tentu saja perawatan harus dilakukan secara rutin dan berkala sehingga peforma mobil anda tetap terjaga dengan baik. Selain perawatan yang dilakukan diatas, anda bisa mencoba untuk melakukan service mobil secara berkala di bengkel-bengkel resmi. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 08:18 Oleh :
Kategori : Perawatan