Sponsors Link

5 Penyebab Knalpot Mobil Nembak dan Cara Mengatasinya

Ketika sedang mengemudikan mobil kesayangan anda, tetapi tiba – tiba ada bunyi yang menjengkelkan yang berasal dari knalpot mobil? Apakah sobat pernah mengalami hal seperti ini? Baca juga mengenai cara merubah suara knalpot mobil.

Tentunya tidak mengenakan ya sobat apalagi bagi kaum adam yang sedang membawa kekasih hatinya di dalam mobil kesayangnnya tersebut. Suara menjengkelkan tersebut biasanya berasal dari knalpot mobil anda. Biasanya bunyi suara tersebut seperti bunyi “ menembak”, padahal ini sudah bukan masa peperangan ya sobat. Tentu saja keadaan ini membuat susasana hati dan suasan dalam mobil tidak bersahabat ya sobat.

Apabila anda mengalami hal seperti ini, ada baiknya anda harus mencari tahu dahulu penyebab knalpot tersebut sampai mengeluarkan bunyi seolah – olah “ menembak” tersebut sobat, agar tidak berkelanjutan mengeluarkan suara seperti itu. Selain untuk mengetahui penyebabnya agar  anda juga bisa melakukan langkah perbaikan yang akan anda lakukan untuk memperbaiki knalpot tersebut.

Penyebab Knalpot Mobil Nembak

Penyebab knalpot mobil bersuara seolah – olah menembak nembak salah satunya adalah dikarenakan oleh belum terbakarnya sisa gas buang dalam ruang bakar dan malah terbakar dalam knalpot tersebut. Hal inilah yang menyebabkan knalpot anda bersuara semacam ledakan atau letupan – letupan kecil. Biasanya letupan kecil ini terjadi ketika anda sedang melepaskan pedal gas. Dan hal ini bisa terjadi berulang kali dalam satu perjalanan.

Selain itu masih ada beberapa penyebab knalpot mobil mengeluarkan bunyi menembak, yang harus sobat semua ketahui. Karena jika anda sudah mengetahui penyebanya maka anda akan mudah untuk mencarikan solusi terhadap langkah perbaikannya. Tentunya langkah perbaikannya bisa anda lakukan sendiri ya sobat tanpa membawanya ke bengkel.

Yuk kita simak point – point berikut ini, yang menyebabkan knalpot mobil  anda mengeluarkan bunyi nembak – nembak.

1. Bahan Bakar Terlalu Irit

Penyebab knalpot mobil nembak yang pertama ialah apabila bahan bakar terlalu irit. Terlalu irit maksudnya adalah sisa bahan bakar dalam tangki mobil anda tinggal sedikit, tetapi mobil anda tetap anda paksakan untuk di dikemudikan.

Inilah salah satu faktor yang membuat knalpot mobil anda ngambek sobat.  Jadi, sebaiknya jangan tertalu mengirit sisa bahan abkar dalam tangki bahan bakar anda ya sobat, karena bukan malah irit, justru akan merusak mesin anda sendiri, begitupun dengan knalpotnya. Baca juga mengenai knalpot mobil berembun.

2. Campuran Bahan Bakar dan Udara Tidak Semupurna

Penyebab knalpot mobil nembak yang kedua adalah, campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna oleh busi, sehingga mengakibatkan suara yang dikelurkan oleh knalpot mobil anda tidak seperti suara knalpot pada umumnya, melainkan suara seperti letupan atau tembakan. Baca juga mengenai knalpot mobil ngebul saat mesin dingin.

3. Sisa Gas Pembuangan yang Tidak Terbakar

Penyebab knalpot mobil nembak yang ketiga adalah karena sisa gas buang yang tidak terbakar yang terdapat dalam ruang pembakaran anda. Normalnya , tidak ada sisa gas yang tidak terbakar yang berada di dalam rumag pembakaran anda. Namun, mungkin karena berbagai hal ditemukan ssa gas yang tidak terbakar, yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna, yang berdampak terhadap suara knalpot mobil anda. Baca juga mengenai knalpot mobil berasap dan berair.

4. Kerusakan Pada Bagian Penyuplai Udara

Penyebab knalpot mobil nembak yang ke empat adalah adanya kerusakan pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran pada mobil, dan juga bisa saja disebbakan oleh karburator mobil yang kotor. Untuk menghindari hal ini pastikan udara dalam mobil anda bersih dan terjaga dari polusi ya sobat. Karena selain mengakibatkan udara yang tidak sehat bagi penumpang di dalamnya juga berpotensi untuk menghambat kerja karburator secara sempurna. Baca juga mengenai cara merawat mobil berbahan bakar solar.

5. Terjadinya Gangguan Pada Proses Pengapian

Penyebab knalpot mobil nembak yang terakhir adalah dikarenakan oleh terganggunya proses pengapian atau pembakaran pada mesin mobil. Setiap bagian dalam pembakaran pada mesin mobil memang harus sering diteliti satu per satu untuk memastikan kondisinya sesuai dengan standarnya.

Selain memastikan kondisinya sesuai dengan normalnya, setidaknya anda juga bisa mengecek apakah ada kekurangan atau tidak. Jika memang ternyata ada kekurangan anda bisa melakukan perbaikan secepat mungkin untuk meminimalisir keadaan yang tidak di inginkan. Selain itu penyebab lainnya adalah dikarenakan oleh adanya kerusakan pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran.

Hanya sebagai tambahan informasi aja nih sobat. Ada beberapa bagian yang ada pada mobil yang berfungsi sebagai sistem pembakaran. Diantaranya coil, busi, cdi,  delco dan semua yang termasuk dan terhubung ke bagian – bagian tersebut pada setiap kabel – kabelnya.

Jika salah satu pada bagian ini ada yang mengalami gangguan atau kerusakan, maka dapat dipastikan sistem pembakaran pada mesin anda tidak akan bisa berjalan sempurna, dan akibatnya soat pasti sudah tau semuakan. Yaitu suara meletup letup seperti suara menebak yang tadi diatas sudah kita bahas akan kembali terjadi pada knapot lmobil anda.

Untuk mengatasi knalpot mobil yang bersuara seolah – olah menembak tersebut, anda bisa membawanya ke tempat servis yang profesional untuk dilakukan tune up kendaraan. Tetapi apabila anda bisa melakukannya sendiri silahkan saja sobat, asalkan anda sudah benar – benar menguasai tekhniknya ya. Tetapi jika anda merasa belum mahir, sebainya bawa ke tukang servis saja dari pada terjadi kerusakan yang lainnya yang belum tentu anda ketahui.

Ketika anda membawa kendaraan ke bengkel, pastikan anda untuk melakukan pengecekan terhadap bagian – bagian mobil anda yang berhubungan dengan pembakaran pada mesin, karena pada aktualnya terjadinya suara menebak yang dikeluarkan oleh knalpot sebagian besar diakibatkan oleh sistem pembakaran yang tidak sempurna karena adanya gangguan dari bagian – bagian lainya dalam mobil yang memang berhubungan dengan pembakaran pada mesin tersebut.

Biasanya bagian yang berhubungan dengan bagian pembakaran mesin adalah kepala silinder, blok silinder, piston dan conneting rod, poros engkol, carter atau oil pan, flywheel, serta komponen  – komponen yang termasuk di dalamnya.

Selain itu hal yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan agar mobil anda tidak mengeluarkan suara knalpot yang seperti menembak adalah saluran udara atau filter udara yang menyalurkan udara bersih ke karburator mesin anda. Apabila udara dalam mobil adan tidak bersih, otomatis dan sudah pasti udara yang di salurakn ke karburator juga tidak akan bersih.

Oke sobat sampai disini dulu pembahasan artikel mengenai penyebab knalpot mobil nembak pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang penulis bagikan kali ini dpat bermanfaat bagi sobat seua. Sampai jumpa dan salam Otomotif.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis