Sponsors Link

Penyebab Knalpot Mobil Berasap dan Berair

Sponsors Link

Memanaskan mobil sebelum akan digunakan merupakan hal yang paling penting bagi anda pemilik kendaraan. Dengan memanaskan kendaraan, tentu saja peforma kendaraan menjadi lebih optimal ketika digunakan. Saat memanaskan kendaraan, tentu saja anda akan melihat asap yang keluar melalui knalpot. Hal ini sebenarnya merupakan hal-hal yang wajar saja terjadi. Asap yang keluar merupakan hasil dari proses pembakaran yang ada di dalam mesin kendaraan. Dan setelah beberapa lama akan mulai menghilang dengan sendirinya. (baca juga: Ciri Mesin Mobil Masih Bagus)

ads

Namun bagaimana jika knalpot mobil anda berasap sekaligus mengeluarkan rembesan-rembesan air, apakah hal tersebut merupakan masalah yang normal atau pertanda jika terjadi kerusakan pada mobil anda. Berikut ini penjelasan mengapa kanlpot mobil berasap dan berair yang dapat anda ketahuui. (baca juga: Kelemahan dan Kelebihan Isuzu Panther Miyabi)

1. Proses Pembakaran Yang Sempurna

Jika knalpot mobil anda mengeluarkan air ketika dipanaskan di pagi hari, sebenarnya anda tak perlu merasa panik. Hal ini sebenarnya wajar-wajar saja terjadi saat mobil anda sedang dipanaskan. Mengapa? hal ini dikarenakan proses pembakaran yang smepurna di dalam mesin mobil sehingga menghasilkan gas H2O dan CO2. Saat suhu normal, gas H2O yang dihasilkan melalui proses pembakaran akan menguap, hanya saja uap air ini nantinya akan keluar menuju saluran pembuangan (knalpot) yang mengalami proses kondensasi yang menyebabkan uap-uap air tersebut akan berubah menjadi bentuk butiran-butiran air. (baca juga: Cara Mengkilapkan Mobil Dengan Kit)

Hal ini sebenarnya bisa dijelaskan melalui rumus kimia yaitu C8H18. Saat proses pembakaran di dalam mesin mobil terjadi, C9H18 ini akan bercampur dengan udara yang mana memiliki rumus O2. Hasil dari kedua rumus ini nantinya akan menghasilkan rumus 2C8H18+25O2 atau juga sama dengan 16CO2+18H2O. Dari hasil formula ini nantinya menghasilkan H2O yaitu rumus kimia dari air. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika knalpot anda berasap dan mengeluarkan air dalam jumlah yang normal ketika anda memanaskan mobil anda. (baca juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas)

2. Terperangkapnya Embun Di Dalam Knalpot

Tak hanya merupakan hasil proses pembakaran yang sempurna, knalpot yang berasap dan mengeluarkan air juga dapat terjadi dikarenakan adanya embun yang terperangkap di dalam knalpot mobil anda. Hal ini mungkin saja terjadi dikarenakan temperatur mobil yang belum panas. Embun ini nantinya akan terbuang keluar dikarenakan adanya dorongan gas buang yang berasal dari knalpot. (baca juga: Ciri Ciri Alternator Mobil Rusak)

Saat suhu temperatur mesin naik, maka air ini nantinya akan menguap sehingga tidak akan ada air yang keluar melalui knalpot. Sehingga anda tak perlu cemas jika hal ini terjadi pada mobil anda ketika dipanaskan. Hal ini malah menandakan jika campuran bahan bakar dengan udara adalah ideal, waktu pengapian tepat, tekanan pembakaran yang cukup, dan bunga api yang tepat. Jika hal-hal ini tidak dipenuhi maka tentu saka proses pembakaran yang terjadi pada mesin kendaraan anda tidak akan berlangsung optimal. (baca juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur)

3. Suhu Sekitar Dingin

Ketika berada di kawasan yang memiliki suhu cukup ekstrem (dingin) maka air yang menetes melalui kanlpot merupakan hal-hal yang wajar saja terjadi dikarenakan suhu di sekitaran mobil tersebut yang memang cukup dingin. Di daerah yang beriklim tropis, ketika sedang hujan aka potensi untuk air dapat menetes atau merembes dari dalam knalpot juga akan sangat besar. (baca juga: Mobil MPV Diesel Paling Irit)

Setelah hujan turun, maka otomatis temperatur udara menjadi turun. Sebagian air yang dihasilkan melalui proses pembakaran ini nantinya tidak akan menguap dikarenakan temperatur di sekitar yang cukup dingin. Namun akan keluar dalam bentuk butiran air melalui saluran pembuangan (knalpot). Dan sebagiannya lagi akan menguap berbentuk asap putih tipis yang keluar melalui knalpot. (bac ajuga: Komponen Utama Rem Cakram)

4. Kerusakan Pada Komponen Mesin

Meskipun knalpot mobil berasap dan berair merupakan hal  yang wajar-wajar saja terjadi, namun hal ini juga bisa menjadi pertanda jika terjadi kerusakan pada komponen-komponen di dalam mesin kendaraan anda. Apalagi jika rembesan air yang keluar merupakan oli bukanlah air hasil dari proses pembakaran. Biasanya hal ini disebbakan karena kondisi klep yang sudha getas, ring piston mengalami keausan, baret dalam dinding silinder dan lainnya yang menyebabkan oli akhirnya merembes ke dalam ruang bakar dan nantinya akan keluar melalui knalpot. (baca juga: Penyebab Korsleting Pada Mobil)

Untuk memeriksa kerusakan ini sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu meraba pada ujung knalpot untuk mengecek apakah terjadi rembesan oli. Bahkan jika hal ini sudah terlanjur parah, ujung knalpot akan terlihat basah hingga oli dapat menetes keluar. Namun sebelum melakukan pengecekan, akan lebih baik untuk menyalakan mobil anda terlebih dahulu dan injak gas jingga cukup secara berulang ulang. Hal ini seakan akan dilakukan untuk mengeluarkan sesuatu yang ada di dalam knalpot. (baca juga: Cara Membersihkan Jok Mobil)

Jika setelah itu anda menemukan kondisi knalpot yang basah dikarenakan oli, maka dapat dipastikan jika terjadi kerusakan pada mesin kendaraan anda terutama dalam bagian ruang bakar. Kondisi rembesan oli ini biasanya akan bersamaan dengan keluarnya asap melalui knalpot dengan warna putih tebal dan terjadi secara terus menerus. (baca juga: Jenis Jenis Kopling Mobil)

Knalpot mobil berasap dan berair sebenarnya bukan masalah yang perlu anda khawatirkan, jika hal ini masih terjadi dalam hal yang wajar dan tidak terjadi secara terus menerus. Namun jika kondisi ini terjadi secara terus menerus hingga mengeluarkan rembesan selain air (oli) maka anda patut untuk mewaspadainya. Lakukan pengecekan untuk memastikan kerusakan yang terjadi. Jika perlu bawa langsung ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih mendalam sehingga kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah. Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab knalpot mobil berasap dan berair yang dapat anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 05th, October 2017 / 10:26 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick