Sponsors Link

Penyebab Karburator Mobil Nembak Beserta Penanganannya

Karburator mobil  anda mengeluarakan letupan atau seperti bunyi nembak – nembak ? Kejadian seperti ini kerap sekali terjadi pada karburator mobil anda ketika anda sedang mengemudikan mobil kesayangan anda ya sobat. Hal seperti ini sungguhlah hal yang menjengkelkan dan tidak bersahabat bagi anda ketika mengendarai mobil. Untuk itu anda wajib mengetahui penyebab karburator mobil nembak ya sobat, agar bisa melakukan penanganan jika terjadi masalah serupa.

Karburator sendiri merupakan sebuah komponen mobil yang berfungsi untuk mensuplai bahan bakar kedalam silinder aatu ruang pembakaran. Bahan bakar yang ditiupkan oleh karburator sudah tercampur dengan udara ketika sirkulasi bahan bakar dalam karbu sebelum ditiupkan kedalam ruang pembakaran. Baca juga mengenai penyebab knalpot mobil nembak

Oleh karena itu, suplai udara terhadap bahan bakar pada karburator sangat mempengaruhi dan sangat berdampak terhadap hasil pembakaran. Selain itu, apabila udara yang disalurkan oleh karburator ke mesin pembakaran,  maka akan mengganngu proses penciptaan daya ledak pada ruang pembakaran. Oleh karena itu, cara menyetel karburator mobil dalam mengatur suplai udara pada karburator, haruslah tepat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin pembakaran.

Penyebab Karburator Mobil Nembak

Apabila pengaturan udara di karburator tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, biasanya hal yang ditimbulkan adalah proses kerja karburator itu sendiri tidak akan berjalan normal seperti yang seharusnya. Hal inilah salah satu penyebab karburator mobil nembak bersuara seperti letupan atau seperti bunyi menembak. Selain karburator, biasanya malasah lain yang ditimbulkan oleh pasokan angin yang tidak sesuai ini adalah komponen mobil anda yang lainnya, yaitu knalpot. Baca juga mengenai komponen karburator mobil.

Untuk mencegah hal tersebut di atas terjadi pada karburator mobil kesayangan anda dan mengetahui bagaiman penyebab karburator nembak, sebaiknya sobat semua juga perlu mengetahui sirkulasi spuyer udara dalam karburator anda, supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Dalam pengaturan udara dalam karburator, sebaiknya anda memperhatikan tiga aliran udara yang ada pada karburator, yang nantinya pengaturan udara ini akan memberikan dampak terhadap fungsi atau cara kerja karburator anda sendiri. Yuk kita simak ulasan di bawah ini :

  • Aliran turun ( dwon draft), yaitu udara masuk dari bagian atas karburator, yang nantinya akan keluar melalui bagian bawah karburator anda.
  • Aliran datar ( side draft), yaitu udaya yang masuk dari sisi samping yang nantinya akan mengalir dengan arah mendatar lalu keluar dari sisi sebelah karburator anda.
  • Aliran naik ( up darfat ), yaitu udara yang masuk dari bagian bawah, kemudian nantinya akan keluar melalui bagan atas. Atau dengan kata lain kebalikan dari aliran turun ya sobat.

Selain hal di atas, hal yang perlu anda perhatikan yang tidak kalah penting adalah prinsip kerja karburator sobat. Prinsip kerja karburator sendiri adalah semakin cepat udara bergerak, maka akan semakin kecil tekanan statis dan semakin tinggi tekanan dinamis. Sehingga fungsi ulir gas yaitu untuk mengendalikan besarnya aliran bahan bakar yang masuk kedalam ruang pembakaran mobil anda. Baca juga mengenai penyebab mobil bau bensin.

Sedangkan untuk fungsi ulir gas hanyalah untuk mengendalikan katup yang ada di dalam karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang dapat masuk kedalam ruang pembakaran pada mesin mobil anda, dan udara yang masuk dalam karburator inilah yang memiliki tekanan untuk menarik bahan bakar ke runag pembakaran pada mesin anda.

Jadi tentunya sobat semua sudah tau ya fungsi dari karburator ini. Sudah sangat jelas apabila ada masalah pada karburator mobil anda, nantinya akan mengeluarkan bunyi letupan atau bunyi seolah – olah menembak, karena memang aliran udara yang mengantarkannya ke ruang pembakaran dalam mobil anda tidak berjalan sesuai dengan standarnya.

Hal yang tidak kalah penting yang harus sobat ketahui adalah tentang bagaimana cara pengaturan suplai udara pada spuyer karburator anda. Setiap komponen dalam mobil anda sudah diatur dan sudah dibuatkan standar tersendiri tentang proses atau cara kerjanya masing – masing sesuai dengan fungsinya masing – masing juga tentunya. Baca juga mengenai temperatur mobil naik saat tanjakan.

Begitupun dengan dengan pengaturan saluran udara ke spuyer karburator mobil anda. Yuk sobat kita simak bersama point – point penting yang perlu anda perhatikan dalam mensuplai udara yang baik terhadap spuyer karburator mobl anda, diantaranya :

  • Langkah pertama yang anda lakukan adalah, nyalakan terlebih dahulu mesin mobil anda, kemudian dengarkan dan perhatikan suara mesin mobil anda tersebut dengan jelas dan baik.
  • Putar setelan stationer sampai putaran tersebut ke putaran yang tertinggi, dan pastikan sampai kondisi mesin mobil anda bergetar.
  • Putar setelan angin karburator ke putaran tutup, biasanya putaran ini mengarah ke bagian kanan, setelah itu pastikan sampai tidak terasa atau hamir tidak ada suplai angin yang menuju ke karbu. ( biasanya masisn akan langsung mati)
  • Setelah melakukan langkah diatas, putar kembali setelan angin kearah buka atau kearah kiri sampai mendapatkan suplai udara yang pas, yang memang sesuai dengan Untuk mengetahui udara yang anda suplai ke mesin sudah pas, sebaiknya anda mendengarkan suara yang dikeluarkan oleh mesin mobil anda. Biasanya untuk yang sudah ahli dan profesional di bidang karbu ini, sudah mengetahui dengan detail suara mesin yang pasokan angin nya sudah sesuai atau belum.
  • Setelah itu turunkan putaran stationer ke putaran mesin yang anda inginkan atau ke putaran stationer ke posisi sebelumnya. Atau sesuaikan dengan selera anda ya sobat. hal ini berfungsi untuk mengatur laju kendaraan anda nantinya.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi penyebab karburator mobil nembak yang boleh sobat semua coba untuk praktekkan apabila karburator mobil anda mengalami masalah atau mengeluarkan bunyi letupan atau seperti bunyi nembak ya sobat.

Hanya tambahan informasi saja nih sobat, secara garis besar sistem karburator pada mobil dan motor keduanya hampir idenidentik. Hanya saja perbandingan campuran bahan bakar dan udara di dalamnya yang berbeda. Selain itu, prinsip kerja karburator pada mobil menganut prinsip Bernoulli yaitu sistem yang mengatur aliran dalam kecepatan fluida yang ada dalam komponen mobil anda.

Oke sobat, sampai disini dulu pembahasan mengenai penyebab karburator mobil nembak kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya, tentunya dengan pembahasan dan topik yang lebih menarik ya sobat. Salam hangat, salam otomotif bagi sobat semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis