Sponsors Link

Cara Sederhana Merawat Mobil Toyota Avanza yang Benar

Toyota Avanza merupakan mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrik Daihatsu dan dipasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Gaikindo Auto Expo 2003 merupakan generasi pertama mobil ini dan berhasil terjual 100.000 unit. Perkembangan mobil ini melesat jauh hingga sejuta umat telah mengalami penyegaran dari Eksterior dan Interior dari mesint tersebut yang tidak membuat cara merawat mobil avanza ini berubah. Populasi mobil Avanza di Indonesia saat ini sangat tinggi bila dihitung dari generasi pertama hingga kendaraan roda empat ini mendapat gelar mobil sejuta umat yang merupakan langkah awal tips memilih mobil keluarga.

Selain hal tersebut ternyata cara merawat mobil avanza ini juga tergolong mudah sehingga menjadi alasan masyarakat sangat berminat untuk memiliki kendaraan ini, namun jangan sampai menyepelekan kemudahan perawatan yang dimiliki oleh kendaraan ini.  Namun ketika berhadapan dengan kendaraan ini perlu mengenal dan memahami cara kerja kopling mobil manual.

Segala sesuatu pasti mempunyai dan kelebihan masing-masing seperti halnya sebuah kendaraan roda empat ini yang memerlukan ketelitian untuk mengamati hal tersebut. Pada umumna kendaraan Toyota Avanza ini mempunyai umur lebih dari 5 tahun  yang sering mempunyai masalah pada akselerasi mesin yang terhalang oleh mesin yang tersendat saat pedal gas di injak.

Hal tersebut terjadi dikarenakan injektor bahan bakar telah kotor, atau kebocoran pada intake manifold. Sehingga perlu diadakan Cara Sederhana Merawat Mobil Toyota Avanza yang harus diketahui para pecinta mobil.

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kendaraan roda empat ini adalah sebagai berikut ini :

  • Aki kendaraan ini seringkali mengalami kekurangan tenaga (aki tekor) yang biasanya terjadi disebabkan karena pemakaian perangkat elektronik terlalu lama ketika mesin mati, seperti penggunaan bahan bakar wiper, audio serta komponen pendingin didalam kabin kendaraan roda empat ini. Ketika sulit untuk di hidupkan (stater), hal tersebut merupakan tanda-tanda bahwa aki mulai tekor dan mengalami kenaikan suhu yang cepat.
  • Tutup samping bagian foglamp kendaraan ini ini gampang sekali terlepas terutama pada seri G dan E, sehingga akan merugikan pemilik ketika hilang tanpa diketahui karena jatuh. Tampilan kendaraan ini akan kurang menarik jika bagian tersebut hilang, walaupun harganya hanya sekitar 50ribu saja.
  • Kendaraan ini ternyata mempunyai tanda yang unik yang berkaitan dengan velg dan ban kendaraan tersebut yang menonjol keluar dari body mobil terutama yang berada dibagian depan. Serta akan semakin terlihat jika velg dan ban mobil diganti dengan ukuran yang lebih besar.
  • Sirip bagian bawah wiper mudah memudar merupakan kekurangan mobil Avanza ini, sehingga menyebabkan tampilan menjadi lapuk dan gampang timbul bintik yang tidak akan hilang. Hal tersebut kadang juga membuat kaca cepat tergores, namun tidak perlu kawatir bagi para pemilik kendaraan ini karena dapat dipelajari cara menghilangkan goresan kaca mobil.
  • Kerusakan komponen pada mesin mobil juga menjadi kekurangan maupun kelebihan dari kendaraan roda empat ini. Kelebihannya ketika ada yang rusak pada komponen mesin mobil akan terdengar desisan dari luar maupun sebelah dalam. Bisingnya desisan tersebutlah yang menjadi kekurangan dari kendaraan Avanza ini.
  • Lampu indikator oli yang tidak konsisten dikarenakan sensor apung oli mudah rusak atau mengalami masalah.
  • Kendaraan ini terasa terbang atau limbung ketika digunakan dengan kecepatan tinggi, namun akan terasa nyaman dan empuk ketika dalam kecepatan rendah.
  • Mesin kendaraan tiba-tiba mati sendiri yang disebabkan sudah lama tidak digunakan dan tidak di hidupka mesinnya, karena ada kabel yang putus, alternator atau sistem pengapian yang bermasalah, bukan masalah pada komponen suspensi belakang mobil.
  • Penurunan tenaga mesin mobil menjadi ciri utama kendaraan ini yang disebabkan pengaturan desakan bahan bakar yang sedang rusak, penurunan dari kompres silinder, terhalang saringan bahan bakar, serta pemasangan timing belt yang kurang pas dan masih banyak penyebab lainnya.

Cara Sederhana Merawat Mobil Toyota Avanza

Bagi pemilik kendaraan jenis Avanza yang baru maupun keluaran lama, disarankan untuk mempelajari cara merawat mobil avanza sebagaimana seperti dibawah ini :

1. Perawatan Mesin Berkala

Memanasi mesin mobil 5-10 menit pertama sebelum digunakan merupakan cara terbaik menjaga mesin mobil agar tetap stabil untuk menempuh perjalanan. Hal tersebut bertujuan agar oli mesin dapat bekerja secara optimal hingga ke celah paling kecil.

Selain hal itu lakukan ganti oli mobil secara berkala dan teratur serta gunakan oli mesin yang berkualitas. Umur mesin dalam sebuah kendaraan apapun ditentukan baik tidaknya kualitas oli mesin yang digunakan. Lakukan pembersihan secara berkala pada filter udara yang menjadi tolak ukur baik buruknya performa pada mesin. Fatal akibatnya jika ada kotoran yang ikut kehisap kedalam mesin yang mempercepat kerusakan pada mesin.

Aki pun juga tak kalah penting untuk selalu dirawat karena merupakan bagian yang tidak boleh di sepelekan. Sehebat apapun mobil tersebut akan tergantung pada sebuah aki. Selain aki tentu perlu perhatian terhadap bagian radiator yang mempunyai fungsi mendinginkan kendaraan. Rutinitas memeriksa radiator adalah kebiasaan yang dianjurkan untuk menghindari resiko mesin mobil terlalu overheating. Pada saat melakukan pengisian ulang cairan pada radiator sesuaikan volume diantara full dan low. Selain radiator tentu juga perlu mengecek AC mobil terutama pada kompresornya, namun perlu mengetahui cara memperbaiki kompresor AC mobil dan cara cuci ac mobil. Ketika merawat AC mobil tentu juga harus paham cara mengisi freon ac mobil tersebut.

2. Perawatan Eksterior

Eksterior juga salah satu bagian yang perlu diperhatikan terutama dalam hal kebersihannya untuk merawat cat mobil agar tidak buram dan tetap kinclong. Hal yang dilakukan tidak begitu sulit cukup dengan mencuci mobil secara rutin sekalidalam seminggu, jika mencuci sendiri tentu gunakan busa atau kain dengan bahan microfiber agar permukaan kendaraan tidak tergores.

Namun jika memang sudah terlanjur tergores dan susah menghilangkan baret mobil tersebut, tidak perlu kita mempelajari bagaimana cara menghilangkan goresan pada mobil warna hitam atau dengan stiker penutup baret pada mobil. Selain itu jika kendaraan lecet karena diluar perbuatan pemilik bisa diasuransikan dengan mempelajari cara klaim asuransi mobil lecet. Pastikaan mobilnya dalam keadaan dingin sebelum dicuci, karena jika masih dalam keadaan panaas akan menimbulkan bercak-bercak ketika selesai dicuci.

Mengganti ban luar mobil perlu diperhatikan ketika sudah menempuh jarak 50.000 km dengan batas maksimum 80.000 km. Karena jika dibiarkan terus-menerus akan membahayakan pengemudi kendaraan tersebut. Serta yang tidak boleh ketinggalan pula adalah mengecek rutin volume angin ban yang sesuai ukuran tidak terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah pula.

3. Perawatan Interior

Kenyamanan pengemudi tentu tergantung pada kebersihan interior agar tidak merasa jenuh ketika melakukan perjalanan jauh. Cara membersihkan bagian dalam mobil merupakan hal yang tidak mudah dilakukan jika tidak paham tata caranya dan tidak mempunyai alatnya. Vacum cleaner mungil  merupakan salah satu alat yang dapat membantu dalam membersihkan interior mobil sehingga kotoran yang letaknya disudut bagian yang susah dijangkau dapat bersih secara maksimal.

Selain hal tersebut jika ingin membersihkan kotoran yang menempel, maka berikut ini adalah cara menghilangkan noda pada cat mobil bisa menggunakan kain lembut dicelupkan ke air hangat terlebih dahulu, lalu digunakan untuk membersihkannya. Setelah itu baru di lap menggunakan kain kering, dan pastikan kondisi bagian dalam kendaran benar-benar kering setelah dibersihkan, agar komponen didalam mobil tidak menjamur dan tidak menyebabkan konslet.

Berikut adalah pembahasan dari Cara Sederhana Merawat Mobil Toyota Avanza dan beberapa kekurangan yang dimiliki jenis kendaraan ini tentu akan sangat mengganggu pengemudi atau pemilik. Namun ketika sudah mengetahui kelemahan, kelebihan dan cara merawatnya tentu dapat membantu menghilangkan kekawatiran pemilik ketika akan menggunakan untuk perjalanan dengan keluarganya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick