Sponsors Link

9 Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tetap Dingin – Segala Jenis Mobil

Sponsors Link

Perawatan AC mobil merupakan komponen utama dalam sebuah mobil untuk mendukung kenyamanan dalam berkendara. Tentunya berkendara dengan mobil akan terasa nyaman bila kinerja penyejuk udara (AC) bekerja dengan sempurna. Apalagi bagi anda yang hidup di kota-kota besar seperti Jakarta tentunya penyejuk udara (AC) sangat dibutuhkan. Di musim panas, AC akan berperan penting untuk membuat kabin mobil anda akan terasa lebih sejuk.

ads

Begitupun ketika musim hujan, AC juga mempunyai peran penting yaitu agar membuat kaca mobil tidak berkabut. Tentunya berkendara saat hujan dan membuka kaca tanpa menggunakan AC menjadi hal yang merepotkan karena air hujan dapat masuk melalui celah-celah jendela. Dengan begitu, AC menjadi salah satu komponen penting di dalam mobil.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang selalu mengalami kerusakan pada AC mobil mereka. Yang paling sering yaitu jika AC mengeluarkan bau yang tidak sedap ataupun  kurang dingin. Masalah-masalah tersebut tentunya sangat mengganggu bukan? terlebih lagi jika kerusakan pada AC dibiarkan terus menerus tentunya akan membuat banyak kerugian pada mobil anda. Salah satunya yaitu penggunaan bahan bakar yang dapat terbuang sia-sia dikarenakan penggunaan AC mobil yang rusak. (Baca juga: Cara Merawat Mobil Tua )


Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Sebenarnya tidak ada komponen AC mobil yang dapat mengeluarkan bau tidak sedap. Namun mengapa hal tersebut sering terjadi? Inilah beberapa penyebab yang dapat membuat AC mobil anda mengeluarkan bau tidak sedap.

  • Pengharum Mobil, Penggunaan pengharum mobil yang asal-asalan. Beberapa pengharum mobil biasanya memakai bahan dasar pengharum yang berkualitas rendah, sehingga hal tersebut dapat membuat evaporator menjadi kotor dan akan sangat sulit untuk dibersihkan
  • Kabin Kotor, Adanya kotoran dan debu di dalam kabin. Hal ini disebabkan bila anda terlalu sering berkendara dengan kondisi kaca mobil yang terbuka sehingga debu dan kotoran dapat masuk di dalamnya. Selain itu penggunaan sandal dan sepatu yang kotor saat naik ke dalam mobil juga dapat menjadi penyebab lainnya. Kotoran dan debu tersebut akan menempel di evaporator dan kemudian dapat menjadi penyebab tumbuhnya jamur yang akan menyebabkan bau yang tidak sedap pada mobil anda.
  • Merokok di dalam mobil, Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung nikotin yang dapat lengket pada evaporator sehingga akan menjadi berlendir


Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Masalah yang satu ini sepertinya paling banyak dialami oleh pemilik kendaraan mobil. Banyak orang yang berspekulasi bila AC mobil sudah tidak dingin, itu artinya freon dalam AC habis dan anda harus mengisi ulang. Namun beberapa sumber menyatakan bahwa pemakaian freon dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga bila freon anda cepat habis, berarti terdapat kerusakan ataupun kebocoran yang terjadi pada penyejuk udara anda. Beberapa masalah yang menjadi penyebab AC mobil tidak dapat dingin antara lain adalah:

  • Terdapat kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usianya yang sudah cukup tua. Selain itu kebocoran pada selang juga dapat disebabkan oleh pemasangan part/ komponen yang kurang tepat dan bukan original.
  • Kerusakan pada evaporator dan kondesor mobil. Hal ini juga dapat disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama ataupun karena terkena benda dan kotoran seperti kerikil.
  • Dan kerusakan pada komponen pendingin kompresor. Biasanya jika terjadi kerusakan di bagian ini akan terdengar bunyi-bunyi dari ruang mesin dimana kompresor AC berada.


Tentunya masalah-masalah diatas tidak ingin alami pada mobil anda. Demi mendukung kenyamanan anda dalam berkendara, anda harus melakukan perawatan AC mobil anda secara berkala dan rutin.

Berikut beberapa tips perawatan agar AC mobil anda tetap awet dan bekerja dengan optimal :

1. Menjaga kebersihan dalam mobil

Kebersihan dalam mobil tentu menjadi hal yang sangat penting agar menjaga kondisi  dan kerja AC mobil anda tetap optimal, terutama untuk kebersihan karpet pada bagian depan. Usahakan agar karpet bagian depan mobil anda selalu dalam kondisi yang bersih ketika AC mobil akan dinyalakan. Selain itu pastikan pula untuk membersihkan jok mobil anda secara rutin.

Kotoran pada karpet dan jok dapat terhisap oleh evaporator AC yang nantinya akan menyebabkan tumbuhnya jamur yang  membuat bau yang tidak sedap pada AC mobil anda. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan dalam mobil anda untuk menghindari kerusakan pada AC mobil.

2. Kebersihan condensor AC

Pastikan untuk membersihkan condensor AC dengan benar. Condensor berbentuk seperti radiator dan biasanya terletak di depan radiator. Anda dapat menemukannya ketika anda membuka kap mobil anda.Bersihkan condensor AC mobil dengan cara menyemprotnya dengan menggunakan air yang kencang sehingga kotoran-kotoran yang melekat pada condensor akan terlepas semua.

Selain itu, rutin menjaga kebersihan condensor AC juga dapat menghindari terjadinya pengeroposan pada condensor. Hal ini dikarenakan kotoran-kotoran yang terlalu melekat akan mengeras dan menyebabkan korosi pada condensor mobil anda.

Sponsors Link

3. Pemilihan tempat parkir

Mungkin beberapa dari anda bingung mengapa tempat pemilihan parkir berkaitan dengan perawatan AC mobil. Hal ini karena jika anda memilih tempat parkir mobil anda yang cukup panas maka akan membuat kondisi mobil juga akan ikut panas. Sehingga proses untuk mendinginkan mobil nantinya membutuhkan waktu yang lama dan membuat kinerja AC mobil anda menjadi lebih berat. Usahakan untuk memparkir kan kendaraan anda di tempat yang cukup teduh bila anda akan meninggalkan dalam waktu yang lumayan lama.

4. Kondisi extra fan (kipas)

Pastikan kondisi extra fan yang biasanya berada didepan condensor selalu hidup ketika AC sedang menyala. Kondisi extra fan yang mati akan menyebabkan resiko kerusakan pada kompresor dan bahkan dapat mengakibatkan selang kompresor meledak nantinya.

5. Pemasangan filter kabin

Usahakan untuk memasang flter kabin pada mobil anda. Filter kabin merupakan sparepart mobil yang berupa filter yang berfungsi menyaring debu dan kotoran yang melewati evaporator AC mobil. . Selain itu filter kabin juga dapat membersihkan udara yang bersirkulasi didalam kabin mobil pada saat AC mobil menyala.

6. Rutin melakukan perawatan

Terkadang banyak pemilik mobil yang enggan melakukan perawatan pada AC mobil. Namun bila AC mobil bermasalah tentunya ini akan mengganggu kenyamanan anda berkendara dan membuat anda mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaikinya.

Sebaiknya anda melakukan perawatan bulanan dengan cara membersihkan kerak-kerak, karat, debu, kotoran, minyak oil yang terdapat pada coil-coil dan sirip-sirip AC. Anda dapat membersihkan nya dengan menggunakan pembersih yang cukup kuat dan di formulasikan khusus untuk membersihkan bagian-bagian tersebut. Selain itu periksa filter kabin selama satu bulan atau dua bulan sekali.

Untuk perawatan tahunan, anda perlu untuk mengganti beberapa komponen-komponen di dalam AC mobil seperti Receiver Dryer, Oil Compresor, Services Blower, Evaporator. Selain itu kuras pula condensor dan freon. Dengan melakukan perawatan tersebut dengan rutin akan membuat komponen-komponen AC mobil anda menjadi tahan lama dan akan membuat hembusan udara AC mobil jauh lebih segar. (Baca juga: Perawatan Mesin Diesel)

7. Larangan-larangan dalam berkemudi

Pastikan anda tidak merokok selama anda berkendara di dalam mobil anda. Asap rokok akan dapat mengotori evaporator. Nikotin pada rokok akan lengket dan berlendir serta dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada mobil anda dan susah untuk dihilangkan.

Sponsors Link

Jangan menurunkan temperatur penyejuk udara di dalam mobil anda bila anda sedang berkendara dalam kecepatan yang tinggi. Pastikan untuk mematikan AC terlebih dahulu sebelum anda menghidupkan mesin mobil anda. Ketika mesin mobil sudah stabil, baru anda diperbolehkan untuk menghidupkan AC mobil. Begitu pula sebaliknya, matikan AC mobil terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda. (Baca juga: Cara Mengecek Mesin Pada Mobil Bekas)

8. Perhatikan Pengharum Mobil

Jangan menggunakan pengharum mobil yang kualitas belum jelas. Pengharum mobil abal-abal akan membuat bau pada mobil dan susah untuk dibersihkan. Selain itu jangan memakai pengharum mobil yang berbentuk colokan ke grill sebab akan memiliki resiko patah (Sebagian grill pada mobil susah untuk di beli di pasaran). Dan yang terakhir jangan mengendarai mobil dengan keadaan jendela mobil anda terbuka lebar padahal AC mobil sedang dinyalakan.

9. Waktu Menyalakan AC Mobil Yang Baik

Sebaiknya anda menyalakan mobil dalam hitungan 2-5 menit terlebih dahulu, baru menyalakan acnya. Hal ini penting untuk meningkatkan kinerja Aki agar lebih stabil dalam memberikan tekanan ke ac.

Jika ternyata mobil anda sudah mengalami gejala-gejala yang tidak biasa seperti AC yang kurang dingin. Lebih baik bila anda segera membawanya ke bengkel-bengkel spesialist AC mobil. Jangan dibiarkan begitu saja agar tidak mengalami kerusakan yang parah dan akibatnya anda akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi nantinya. Nah itu tadi seputar informasi bagaimana perawatan AC mobil yang benar agar AC mobil anda tetap awet dan bekerja secara optimal. Semoga dapat membantu anda.



Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 03:26 Oleh :
Kategori : Perawatan