Sponsors Link

Trik Parkir Pararel Pada Mobil Matic

Sponsors Link

Saat berada dipusat perbelanjaan, sering kali jita menemui area parkir yang sedang penuh. Untuk menyiasatinya, biasanya petgas parkir akan maminta pemilik mobil untuk parkir pararel. Dalam posisi parkir pararel, posisi mobil pasti akan menghalangi mobil lain.

ads

Agar mobil tetap bisa didorong, biasanya petugas parkir akan meminta agar pemilik mobil yang parkir pararel untuk tidak menggunakan rem parkir. Namun cara ini hanya berlaku untuk mobil dengan komponen transmisi manual. Tidak demikian dengan mobil matik. cara menyetel rem tangan mobil pun dianjurkan sobat agar tidak mengganggu.

Sebab walaupun rem parkir tidak digunakan, mobil matik akan tetap bisa didorong selama tuas transmisi pada posisi P yang memang diperuntukan untuk parkir. Sebaliknya bila tetap memasang tuas di posisi N atau netral, kunsi mobil tidak akan bisa untuk dicabut.

Agar tidak menyulitkan petugas parkir, pengguna mobil matic hendaknya mengetahui kegunaan fitur shift lock. Tombol shift lock biasanya ada di dekat tuas transmisi. Dan sebaiknya para pengguna mobil matik untuk menekan tombol shift lock saat sedang parkir pararel. Shift lock diminta ditekan setelah mencabut kunci.

Tujuannya adalah agar mobil tetap bisa didorong oleh petugas parkir saat tengah ditinggal oleh sang pemilik obil matik tersebut. Kalau shift lock dipencet maka mobil bisa ke posisi netral. Tapi kalau tidak dipencet maka akan tetap terus di P.

Jadi susah untuk didorong. Sudah berulang kali banyak pemilik kendaraan mobil matik yang memarkirkan mobilnya secara pararel yang tidak memencet tombol ini. Slahasil mobil tidak bisa keluar dari parkiran karena terhalang oleh mobil lain yang parkir pararel, melintang di depan mobil yang akan keluar dari parkiran tersebut.

Kadang pemilik mobil yang tidak bisa keluar dari parkiran harus menunggu akibat dari ulah si pemilik kendaraan didepannya yang tidak memencet tombol shift lock.  Dan hal ini terjadi sampai pemilik mobil yang menghalangipun datang dan terkadang ada pemilik mobil yang terjebak beruntung karena satpam  atau petugas parkir mengenal pengendara mobil tersebut dan memanggilnya untuk segera memindahkan mobilnya.

Nah kejadian yang seperti di parkiran dalam sebuah gedung perkantoran, lagi lagi ada sebuah mobil yang parkir melintang pararel persis di depan mobil saya. Saya coba pindahkan dengan cara mendorong mobil tersebut, namun si mobil tak bergeming sedikitpun, rupanya ban mobil tersebut dalam keadaan terkunci.

Sponsors Link

Saya cari cari satpam atau petugas parkir tapi tidak kelihatan. Untunglah ada seorang sopir yang sedang stand by dekat lokasi, yang rupanya mengenal pengemudi mobil tersebut yakni seorang ibu ibu, dan membantu saya mencarinya. Ketemu si ibu ibu di kantin, segera saya minta untuk memindahkan mobilnya, dan saya pun bisa keluar dari parkiran.

ads

Mobil mobil yang parkir pararel tapi terkunci bannya tersebut berbagai macam jenisnya, tapi punya satu kesamaan, yakni memiliki automatic transmision atau biasa disebut dengan mobil matik. Dan para sopir yang memarkirkan mobil matik ini tidak mengetahui bahwa cara parkirnya salah, karena ban mobil jadinya terkunci, tidak bisa didorong atau dipindahkan. Kadang jadi bertanya tanya apakah mereka tidak diajarkan cara parkir yang benar oleh penhjual mobilnya ?

Pada mobil dengan transmisi manual, parkir mobil dilakukan dengan cara meletakan atau memposisikan gear atau gigi pada posisi netral (N), lalu tarik rem tangan. Boleh juga memasukan gigi pada posisi gigi satu untuk mengunci roda. Hal ini dilakukan jika mobil diparkir pada kapling yang seharusnya, atau parkir sejajar. Jika kapling sejajar penuh, biasanya diperbolehkan parkir pararel, yaitu mobil diletakan melintang menghalangi parkiran mobil sejajar tapi tidak boleh memasang rem tangan, dan gigi tidak boleh masuk atau posisi gigi harus pada posisi netral (N).

Jika mobil ada potensi bergerak, biasanya petugas parkir memasang batu penghalang di ban mobil. tujuan dari pemasangan batu didepan ban mobil yakni jika pengemudi parkir tanpa rem tangan adalah jika ada mobil yang akan keluar dan mobil kita menghalangi mobil tersebut, maka mobil kita dapat didorng oelh petugas parkir dengan cara memindahkan batu terlebih dahulu.

Pada mobil jenis matik, posisi parkir pada kapling sejajar adalah gigi pada posisi park atau P. Meletakan atau memposisikan gigi pada posisi N bisa meyebabkan alarm tidak bisa dihidupkan , dan pintu mobil tidak terkunci. Kadang malah kunci mobil tidak bisa dicabut. Nah, posisi gigi pada P ini akan menyebabkan roda mobil terkunci. Rem tanagn bisa ditambahkan sebagai penguat.

Nah itulah beberapa hal yang perlu nada perhatikan pada saat memarkirkan mobil bertransmis matik pada temapt parkir pararel maupun matik dan cara memarkirkan mobil manual pada temapt parkir kapling atau sejajar. Hal tersebut dapat anda aplikasikan pada saat anda ingin memarkirkan mobil matik maupun manual pada tempat parkir yang memakai sistem pararel dengan aman.

Sponsors Link

Demikian artikel kali ini yang dapat saya ulas mengenai  trik parkir pararel pada mobil matik. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Dan saya harapkan anda bisa menggunakan cara diatas secara bijak agar tidak merugikan orang lain dan agar mempermudah pekerjaan tukang parkir. Krena mempermudah pekerjaan seseoarang merupakan perbuatan yang sepele namun bermanfaat bagi anda dimasa yang mendatang.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick