Sponsors Link

SeatBelt Mobil : Bagian Bagian, Fungsi, Cara Penggunaan, dan Perawatan

Sponsors Link

Helo sobat pecinta otomotif, bertemu lagi nih sobat dengan penulis yang selalu setia memberikan ulasan –  ulasan yang menarik buat anda pecinta otomotif khususnya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama dan juga sobat pecinta otomotif juga tentunya, pada kendaraan roda empat atau mobil tentunya sudah dilengkapi dengan pengaman yang biasa kita sebut dengan seatbelt.

ads

Tentunya sobat semua sudah tidak asing ya dengan komponen mobil yang satu ini. Karena mengingat komponen satu ini sama pentingnya seperti halnya power stering atau pun rem mobil, jadi anda wajib memperhatikannya ya sobat.

Adapun seatbelt atau yang lebih akrab kita sebut denagn sabuk pengaman adalah sebuah alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang mobil atau kendaraan lainnya agar penumpang atau pengemudi tersebut tetap berada di tempatnya apabila terjadi suatu kejadian yang tidak diinginkan, misalnya seperti tabrakan atau adanya pengereman yang mendadak.

Banyak pada pengemudi kendaraan khususnya mobil, yang menyangka bahwasanya peran dari sabuk pengaman ini tidaklah terlalu berpengaruh baginya. Bahkan tidak jarang dari para pengemudi menggunakan sabuk pengaman atau seatbelt tersebut jika di depan sudah terlihat bapak polisi yang sedang mamantau atau mengatur lalu lintas barulah dipakai.

Padahal jika mengerti pemakaian sabuk tersebut adah hal yang sangat penting bagi setiap pengemudi. Setuju ya sobat semua. Oke sobat semua, untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan seatbelt mobil tersebut, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan secara lengkap mengenai seatbelt mobil. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Bagian – Bagian Seatbelt

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai seatbelt mobil, sudah menjadi suatu keharusan bagi anda untuk memahami bagian – bagiannya terlebih dahulu, kemudian barulah anda memahami hal – hal lain yang berkaitan. Adapun bagian – bagian dari seatbelt adalah sebagai berikut :

  • Bagian pita atau webbing yaitu komponen yang berfungsi sebagai tali pengikat atau pengaman pada mobil, agar agar posisi anda tetap pada kondisi awal.
  • Bagian pengunci atau penggulung ( locking retratrors ) yaitu komponen yang berfungsi untuk mengunci bagian ujung webbing ke bagian pengunci agar nge lock.
  • Bagian pengait ( buckle ) yaitu komponen yang berfungsi untuk mengaitkan antara webbing dengan locking retratrors.

Fungsi Seatbelt

Adapun fungsi dari seatbelt antara lain sebagi berikut :

  • Menahan posisi badan agar tetap dalam posisi duduk di kursi jok mobil ( tidak terdampar / tidak bergerser ) jika terjadi benturan yang sangat keras.
  • Mengurangi resiko benturan dengan benda – benda lain di dalam mobil apabila terjadi tabrakan, dengan adanya sabuk pengaman ini diharapkan dapat mengurangi luka yang terjadi akibat benturan yang ada.
  • Membuat posisi tubuh lebih nyaman pada saat berkendara.
  • Tubuh tidak mudah goyang / atau bergerak ke samping kiri dan kanan pada saat berkendara, jadi akan tetap lebih aman dan nyaman pada saat berkendara.
Sponsors Link

Cara Penggunaaan Seatbelt

Adapun cara penggunaan seatbelt yang baik dan benar dikategorikan menjadi tiga bagian yang sama penting, yang sering disebut dengan prinsip 3R, yakni sebagai berikut :

  • Pemakaian Dengan Tipe Rendah

Maksudnya dari pemakaian tipe rendah ini adalah dengan cara menempatkan sabuk pengaman anda pada posisi yang rendah. Posisi rendah dalam hal ini maksudnya adalah digunakan pada bagian tulang pinggang dan bukan diperut. Yang paling penting sobat, jangan lupa untuk mengencangkan sabk pengaman tersebut sehingga posisi anda terikat pada kursi dengan posisi yang benar sehinga jika ada getaran atau benturan keras anda tidak akan bergeser.

  • Pemakaian Dengan Tipe Rata

Maksudnya dengan pemakaian rata adalah bahwasannya anda harus memastikan bahwa sabuk pengaman harus diapakai secara rata dan tidak ada bagian yang terlipat.

  • Pemakaian Dengan Tipe Rapat

Maksudnya dengan pemakaian rapat adalah anda harus memastikan bagian sabuk pengaman tersebut harus menempel ke bagian tubuh penumpang agar fungsi dari sabuk pengaman tersebut bisa maksimal untuk menjaga tubuh anda agar tetap pada posisi yang seharusnya.

Dengan melihat beberapa tipe di atas, tujuan utamanya tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk keamanan pengendara. Hal ini bisa anda jadikan sebagai tips berkendara jarak jauh sehingga diharapkan anda bisa selamat sampai tujuan.

Cara Perawatan Seatbelt

Merawat sabuk pengaman tidak hanya sekedar membersihkan saja ya sobat, namun harus juga adan perhatikan apakah setiap komponen seatbelt mobil anda berfungsi dengan baik.  Adapun tips untuk merawat seatbelt mobil anda adalah sebagai berikut :

  • Merawat Bagian Webbing

Apabila anda menemukan ada bagian yang aus atau sobek pada bagian webbing seatbelt anda, maka disarankan anda membeli seatbelt yang baru saja agar lebih awet. Lakukan perawatan dengan baik ya sobat, jangan hanya mengetahui cara merawat jok mobil saja, karena seatbealt juga penting bagi keselamatan anda.

Sponsors Link

  • Bagian Mekasnisme Penggulung / Pengunci

Pastikan sabuk pengaman pada kendaraan anda masih ada bunyi pada saat dihetakkan. Karena apabila tidak ada bunyi atau suara pada saat dihentakkan, kemungkinan ada masalah pada seatbelt mobil anda, seperti longgar. Jangan lupa untuk membersihkan dan melumasi mekanisme penggulung secara teratur agar seatbelt anda awet.

  • Bagian Pengait / Buckle

Pastikan bagian ini dapat mengunci dengan baik, dan juga dapat dibuka dengan mudah. Dalam situasi tertentu, misalnya dalam keadaan darurat banyak yang menjadi korban karena setbelat ini susah untuk dilepas dari bagian penguncinya. Untuk itu, pastikan bagian ini tetap dalama keadaan “ ready to use “ ya sobat.

Oke sobat semua, sekian informasi mengenai seatbelt mobil yang bisa penulis bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Salam jumpa sobat, salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil