Sponsors Link

Jok Mobil : Penyebab Kerusakan dan Cara Penanganan yang Tepat

Sponsors Link

Bagian interior mobil yang paling sering menjadi pusat perhatian bagi orang yang masuk ke dalam mobil anda adalah bagian yang sangat penting satu ini ya sobat, yaitu jok mobil anda. Setuju ya sobat? Tidak jarang diantara pemilik mobil yang rela menghabiskan sejumlah uangnya untuk melakukan modifikasi pada joknya sebagai upaya perawatan interior mobil, terutama untuk sarung jok mobil tersebut.

ads

Hal tersebut wajar dan sah – sah ya sobat, karena jika mobil mempunyai nilai estetika dan juga bisa sebagai simbol karakter dari si pemilik kendaraan tersebut. Untuk itulah jok ini sangat diperhatikan keberadaannya dalam kendaraan dan juga akan dibuat senyaman mungkin bagi orang yang akan mendudukinya.

Namun yang perlu anda ketahui sobat, bahwasanya tidak selamanya jok tersebut dalam kondisi pirima. Awet atau tidaknya jok dari sebuah mobil tergantung dari kualitas atau jenis jok bawaan dari pabrikan mobil tersebut, dan yang tidak kalah penting adalah faktor kebiasaan dalam hal perawatan yang dilakukan si pemilik mobil tersebut.

Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas lengkap mengenai jok mobil tersebut, baik itu faktor penyebab kerusakan jok mobil maupun ara perawatannya agar awet. Yuk sobat, berikut ini ulasanya untuk anda. Mari kita simak dengan seksama. Adapun yang menjadi faktor penyebab dan cara perawatan jok mobil agar awet adalah sebagai beriktut :

1. Tidak Adanya Perawatan Secara Berkala

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sebagus apapun barang atau benda yang anda miliki dan sekalipun harganya mahal seperti halnya mitsubishi pajero super exceed a t, tetapi apabila tidak dilakukan perawatan rutin dan berkala tentunya akan cepat rusak. Begitupun hal dengan jok mobil anda sobat, karena memang hampir setiap harinya mobil anda digunakan sudah pasti jok nya pun anda gunakan setiap hari.

Anggap saja ada noda yang menempel pada jok tersebut, nah apabila tidak segera anda rawat dengan cara membersihkannya tentu inilah faktor penyebab utama rusaknya jok mobil anda. cara mencuci mobil yang tepat harus anda lakukan dalam rangka mendukung perawatan jok itu sendiri

Anda bisa melakukan perawatan sendiri, dan cukup mudah kok sobat. cara merawat jok mobil tersebut adalah dengan membersihkannya menggunakan kanebo basah, lap lah smeua bagian jok mobil anda terutama pada bagian yang ada nodanya. Setelah itu angin – anginkan terlebih dahulu dengan membuka pintu mobil anda beberapa waktu sampai jok mobil anda benar – benar kering. Lakukanlah hal tersebut paling tidak 1 x dalam 2 minggu ya sobat agar jok mobil anda awet.

2. Terlalu Sering Parkir Di Area Terbuka

Faktor kedua yang menjadi faktor penyebab rusaknya jok mobil anda adalah karena anda terlalu sering parkir diarea yang terbuka. cara parkir mobil pun sebenarnya wajib anda perhatikan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sinar ultra violet ( UV ) dari matahari bukan hanya tidak bagus bagi kulit kita saja loh sobat, namun tidak bagus buat kulit atau sarung jok mobil anda yang notabenenya terbuat dari bahan kulit.

Adapun dampak yang diakibatkan oleh sinar UV ini akan membuat sarung jok anda kering alias krispi kemudian akan retak – retak. Nah pada saat diduduki oleh penghuni mobil tersebut, maka tidak akan jarang kulit tersebut akan rontok setelah itu lama kelamaan akan menjadi rusak alias sobek. Tentunya hal seperti ini sudah sering kita lihat ya sobat.

Sponsors Link

Apabila anda parkir, usahakanlah anda parkir di area gedung atau area parkir yang ada atapnya, atau paling tidak anda parkir di dekat parkiran yang ada pohonnya, agar memberikan kesan adem. Dengan semikian paparan sinar matahari tersebut tidak akan langsung kena ke mobil anda yang nantinya akan berpengaruh pada awet atau tidaknya jok mobil anda sobat.

Selain itu, anda juga bisa memberikan lotion khusus untuk sarung jok mobil yang terbuat dari kulit. Hal ini berfungsi untuk membuat sarung jok mobil anda yang terbuat dari kulit tersebut akan lembab dan lentur. Nah sobat, jadi bukan hanya kulit anda saja yang butuh lotion ya, tetapi sarung jok anda juga tentunya membutuhkan lotion tersebut. Anda bisa memperoleh lotion sarung jok mobil tersebut dibengkel – bengkel resmi mobil.

3. Tidak Memperhatikan Barang Bawaan

Penyebab yang lainnya adalah anda tidak memperhatikan barang bawaan anda yang anda letakkan pada jok mobil anda. Katakan saja benda yang anda bawa adalah benda yang tajam atau keras yang bisa membuat jok mobil anda sobek. Jika sudah sobek maka akan sulit untuk melakukan perawatannya agar bisa kembali ke awal.

Sponsors Link

Perhatikan barang bawaan anda, jika memang anda membawa benda tajam atau benda keras yang sekiranya berpotensi membuat jok anda sobek, sebiaknya letakkanlah di bagian bawah atau diatas karpet mobil anda, agar tidak berpotensi merusak jok mobil anda.

Sekian informasi mengenai jok mobil yang bisa penulis bagikan buat anda semua pada kesempatan kali ini ya sobat. Terima kasih buat sobat semua yang sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat ya sobat. Sampai jumpa di lain kesempatan, salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil