Sponsors Link

Cara Memilih Bagasi Tambahan di Atap Mobil Bagi Pemula

Sponsors Link

Ketika menjelang mudik pengguna mobil sangat membutuhkan bagasi tambahan karena untuk menampung barang bawaan yang sangat banyak, sehingga bagasi mobil tidak dapat menampungnya. Ada alternatif bagi anda yang membutuhkan bagasi tambahan pada mobil yang digunakan untuk mudik, dengan cara menambahkan bagasi tambahan di atap mobil, atau sebutan yang paling popular adalah (ROOF BOX).

ads

Dengan ini barang bawaan anda dapat tertampung semua tanpa mengganggu tempat duduk yang ada dalam kabin mobil. Roof Box adalah tempat untuk meletakkan barang agar tidak sesak didalam kabin, benda ini fungsinya adalah sebagai bagasi tambahan ketika kabin sudah tidak dapat menampung barang bawaan yang begitu banyak.

Fungsi ini harus dipahami betul, jangan asal pasang tanpa mengerti kegunaan utamanya. Setelah memahami fungsi roof box, memilih desain bagasi tambahan yang tepat untuk mobil anda juga sangat penting. Janagan asal pilih misalnya, roof box untuk MPV dipasangkan pada city car.

Hal yang sangat penting yang harus diperhatikan saat hendak membeli roof box adalah bentuk roof box. Desain roof box menjadi suatu hal yang sangat penting karena terkait dengan aerodinamika kendaraan anda. Jangan sampai pemsangan roof box menjadi penghambat laju kendaraan anda.

“Ukuran ideal roof box itu biasanya 90-95 cm dengan tinggi 35-45 cm. Angka ini sangatlah penting untuk menjaga aerodinamika kendaraan anda”. Kalau kapasitas kargonya semakn besar maka roof box akan semakin rendah dan ramping tetapi ukurannya akan semakin panjang. Selain itu bahan untuk membuat roof box juga harus diperhatikan.

Pilihlah roof box yang menggunakan bahan plastik ABS. Karena selain ringan ringan bahan ini juga kuat dan anti air. Berat roof box memiliki kisaran 10-15 kg. Kemudian pastikan roof box sudah menggunakan lapisan anti UltraViolet (UV). Sehingga permukaannya aman tidak mudah kering dan pecah pecah saat terpapar sinar matahari langsung.

Kemudian pemilihan roof box juga harus menyesuaikan dengan jumlah orang yang akan ikut berkendara. Untuk mobil yang memiliki kapasitas penumpang 5-6 orang, cukup memakai roof box dengan kapasitas 300 liter. Sedangkan untuk mobil yang memiliki kapasitas penumpang 7 orang biasanya memakai roof box dengan kapsitas 400 liter. Disini saya juga menyarankan untuk memilih bagasi tambahan di atap mobil yang cara pemasangannya tidak rumit.

Artinya mudah untuk di bongkar pasang saat tidak digunakan lagi. Pastikan kaki kaki roof box terpasang dengan baik dan benar, agar tidak mudah mudah terlepas apalagi saat mobil sedang melaju dijalan raya itu sangat membahayakan pengendara lain.

Selain itu pengemudi juga harus memperhitungkan perubahan tinggi kendaraannya setelah memasang roof box agar tidak tersangkut saat melewati gerbang tol, parkir, terowongan dijalan atau bahkan tinggi pintu garasi dirumah pun lebih rendah dari pada tinggi kendaraan. Selain itu hal – hal yang harus di perhatikan saat memasang roof box sebagai beikut:

1. Roof Rail atau semacam Braket di Atas Kap

Untuk memasang roof box, seharusnya didukung dengan mobil yang sudah memiliki roof rail, karena atap sudah didesain untuk menanggung beban yang sangat berat. “Mau beban diletakan diposisi depan atau belakang, atap sudah mempunyai struktur penyangga yang kuat”

Sponsors Link

2. Rein Force atau Penguat

biasanya dipasang di bawah roof rail untuk memperkuat supaya dudukan lebih kuat lagi. Biasanya, terbuat dari pelat khusus yang dirancang untuk menahan beban yang sangat berat. Inilah yang membuat mobil untuk dilengkapi roof rail agar mudah dan aman saat mobil dipasang roof box.

3. Bagi Anda yang Mobilnya Tidak Dilengkapi dengan Roof Rail, Perhatikan Karet Atap

Biasanya, pada atap mobil terdapat semacam karet yang posisinya dibagian kanan dan kiri. Saat memasang roof rack tambahan, usahakan tidak menyentuh karet ini. Jika rusak, mobil anda kemungkinan besar akan bocor saat hujan atau saat mobil dicuci air akan dapat masuk ke dalam.

ads

4. Perhatikan Beban

Jika harus memasang roof box, hal yang paling penting adalah usahakan beban yang diberikan tidak melebihi kekuatan atap. Banyak kasus mobil yang tidak dilengakapi roof rail dan si pemilik mobil tetap memaksakan untuk memasang roof box, maka yang akan terjadi adalah struktur atapnya akan berubah bentuk menjadi bengkok sedikit.

Untuk lebih lengkapnya saya, akan memberikan ulasan tentang cara pemasangan roof box:

  • Tentukan Posisi Roof Box

Untuk pemasangan roof box, pilih lokasi yang anda kehendaki untuk memasang roof box tersebut. Untuk mobil yang sudah dilengkapi roof rail akan lebih mudah saat memasangnya karena, sudah memiliki kerangka / penyangga, sehingga hanya perlu mengeratkannya saja.

Perhatikan posisi kiri dan kanan roof rail untuk menempatkan roof box di atap. Jangan terlalu kedepan atau kebelakang, dan jangan terlalu kesamping, yang tepat memasang roof box adalah ditengah tengah karena itu kana membuata posisi beban stabil.

  • Perhatikan Posisi Roof Bar

Roof bar atau batang besi penyangga roof box harus berada pada jarak antara roof box bagian depan dan belakang dengan ujung atap mobil depan dan belakang dengan kisaran jarak antara 70-75 cm.

  • Beban Angkut Roof Box

Roof box memiliki kapasitas beban yang berbeda beda tergantung dari jenis mobilnya. Namun untuk lebih amannya, beban angkut roof box tidak lebih dari 50 kg. Hal ini untuk mengurangi beban pada atap mobil yang hanya menahan beban sebesar 90-100 kg.

  • Posisi Barang

Saat akan mengisi bagian dalam roof box pun saya menyarankan untuk mengisinya dengan cara merata, hal ini bertujuan agar beban yang ditahan atap seimbang . kemudian pasang strap pengikat yang sudah ada pada bagian dalam roof box agar barang bawaan tidak berantakan saat mobil melaju di segala medan.

  • Posisis Kunci

Kunci roof box dengan baik dan benar. Putar anak kunci roof box apabila masih renggang, karena jika belum terkunci dengan benar kemungkinan besar roof akan dapat terbuka sendiri sat mobil berjalan.

Sponsors Link

Demikianlah penjelasan singkat saya tentang cara memilih bagasi tambahan dia atap mobil dan cara pemasagannya dengan memperhatikan faktor keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi semua dan memberikan faedah yang berarti.

Sponsors Link
, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil