Sponsors Link

8 Ciri Ciri Kampas kopling Mobil Habis – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jika kampas kopling bermasalah akan sangat berpengaruh pada mobil. kopling adalah salah satu komponen transmisi manual. Oleh karena itu anda wajib mengetahui dan merawat kampas kopling mobil anda sebagai bagian dari mobil anda. Banyak gejala yang bisa menjadi ciri bahwa kampas kopling mobil anda mengalami kerusakan atau habis sehingga anda wajib melakukan pergantian.

ads

Jeni-Jenis Kopling Mobil

Harga kampas kopling mobil sangat bervariasi mengikut merek dan jenis kopling itu sendiri. Harganya berkisar Rp. 200.000-Rp. 500.000. Harus diingat bahwa mobil anda menggunakan jenis kopling jenis apa. Berikut adalah jenis-jenis kopling mobil.

  • Kopling Diafragma

Kopling ini disebut kopling diafragma karena clutch cover menggunakan pegas diafragma. Pegas eingan ini berbentuk sirip karena pada bagian tengahnya dibelah-belah layaknya sirip dan bentuknya menyerupai diafragma. Bagian lainya mirip pada kopling pada umumnya ada pressure plat dan kampas kopling. Karena jenis kopling mobil ini hanya menggunakan satu pegas maka kondisi penekanan pegas selalu sama dan tidak akan mendapati kondisi dimana kopling terselip. Karena pegasnya hanya satu maka tekanannya tidak bisa terlalu besar seperti jenis kopling coil spring sehingga kopling ini sangat cocok untuk tipe mobil ringan seperti sedan. Keunggulan koping ini juga dapat disetel dan anda dapat mengetahui cara menyetel kopling mobil.

  • Kopling Pegas Coil

Untuk rumah koplingnya jenis kopling ini menggunakan pegas bertipe coil. Komponen lainnya adalah pressure plat dan kampas kopling. Pegas kopling ini banyak dijual dipasaran dalam berbagai ukuran. Karena jumlah pegasnya yang banyak maka kopling jenis ini pegasnya sangat kuat dalam melakukan penekanan dan cocok untuk tipe kendaraan yang memiliki daya angkut berat seperti truk. Kelemahan kopling jenis ini adalah bila salah satu pegas kopling rusak, kekuatan tekanan melemah atau patah maka kopling ini akan sangat mudah terselip, tetapi bila kondisi pegas semuanya baik maka tidak akan terjadi masalah.

Setelah anda mengetahui berbagai jenis kopling anda akan menyadari semua kopling mempunyai komponen berupa kampas kopling yang dimana kampas kopling harus diperhatikan setiap 30.000 km. Karena jika tidak kampas kopling akan habis dan anda akan mengeluarkan biaya lebih karena kerusakan jika terlambat diganti adalah anda harus mengganti keseluruhan komponen kopling mobil anda.

Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Adapun ciri-ciri kampas kopling anda sudah habis atau akan habis adalah:

  1. Bau Hangus

Jika anda melalui jalanan yang memiliki tanjakan yang agak menantang dan anda mencium bau tak sedap dari mesin itulah pertanda bahwa kampas kopling anda sudah harus diganti. Bau itu seperti bau karet yang terbakar. Acap kali bau itu tercium di luar mobil namun jika sudah tercium di dalam mobil maka akan sangat menggangu. Sesekali bau menyengat ini tercium itu pun karena kesalahan dari pemudi atau pemula yang baru belajar mobil tetapi jika anda sudah menciumnya ketika hanya melewati jalanan dengan tanjakan yang minim dan sering terjadi. Patut anda curigai dan segera membawanya ke bengkel terpercaya.

Sponsors Link

  1. Akselerasi Lemah

Tidak hanya mengeluarkan bau hangus tetapi akan ada gejala tambahan berupa pergerakan akselerasi yang lemah pada saat menginjak pedal gas. Dimana mobil anda hanya akan meraung keras tetapi tidak bertenaga. Hal ini sangat mungkin terjadi. Acapkali jika perkara tersebut terjadi banyak pengemudi yang akan berhati-hati jika mendapati jalanan yang menanjak dan akan sangat membahayakan kendaraan yang berada di belakangnya.

  1. Putaran Mesin Tinggi

Walaupun akselerasi mobil lemah bukan berarti kinerja mobil terganggu, Tetapi hal yang dirasakan adalah putaran mesin yang tidak semestinya dan mengarah kearah yang tinggi dan terkadang suhu mesin mobil anda tinggi. Hal ini adalah akumulasi dari kampas kopling yang aus, akselerasi lemah dan permukaan kampas yang licin menyebabkan fenomena ini terjadi.

  1. Pedal Kopling Tinggi

Ciri ini hanya bisa dirasakan jika anda mengemudi. Jika anda menekan kopling dan perlu waktu lama untuk melepas kopling dan terlalu tinggi dari biasanya dan mobil akan lambat berakselerasi. Umumnya kopling akan bekerja jika diangkat secara sewajarnya. Jika anda merasakannya hal ini artinya kmpas kopling mobil anda perlu diperhatikan sebelum kerusakannya merembes ke komponen mobil lain. Pedal kopling keras juga bisa dirasakan namun perbaikan ini dapat anda lakukan dirumah terlebih dahulu dengan tahu cara mengatasi pedal kopling keras.

  1. Selip Kopling

Ciri Ciri Kampas kopling Mobil Habis yang satu ini pasti pernah anda rasakan. Ciri umum yang anda dapat rasakan adalah seringnya kopling anda terselip. Hal ini wajar karena kampas kopling anda sudah tidak berfungsi dengan sewajarnya. Selip ini akan sangat menganggu dan bagi anda yang pertama kali merasakannya akan terkaget-kaget saat mengalaminya.

  1. Tidak Bisa Oper Gigi

Ini adalah salah satu tanda fatal bahwa kampas kopling anda sudah benar-benar habis dan ini sangat membahayakan jika anda membawanya karena bisa merusak komponen lain dan biaya perbaikan akan lebih mahal. Namun hal ini juga bisa berarti setelan pada kopling mobil anda tidak tepat.

  1. Susah Oper Gigi Saat Mesin Panas

Situasi ini sungguh membingunkan jika anda berusaha mengoper gigi saat mesin panas dan mengalami kesulitan dan disaat mesin dingin anda dengan mudah mengoper gigi. Hal ini harus diwaspadai karena bisa membuat selip kopling disaat anda dalam perjalanan menggunakan mobil anda.

  1. Suara Gemuruh Ketika Menginjak Kopling

Jika saat anda menginjak pedal kopling anda dan mengeluarkan suara gemuruh atau tidak biasa. Ketahuilah bahwa hal itu tidak wajar. Selain sebagai tanda bahwa kampas kopling anda habis, juga sudah merembes ke dekrup koling mobil dan ada harus menanggung biaya pergantian kampas dan dekrup kopling anda sekaligus.

  1. Suara Menjerit Ketika Menginjak Kopling

Ini juga bisa menjadi pertanda kampas anda sudah mati dan kerusakannya merembes ke laher kopling yang jika anda tetap memaksakan untuk melakukan perjalan maka akan secara total mengakibatkan kerusakan ke keseluruhan komponen kopling anda.

Sponsors Link

Penyebab Kampas Kopling Habis

Kampas kopling habis bukanlah tanpa sebab. Penyebabnya bisa bervariasi. Biasanya penyebabnya terjadi dari kebiasaan dan cara mengemudi anda sendiri. Anda harus bisa  dan tahu cara merawat kopling mobil agar terhindar dari permasalahan kampas kopling mobil yang habis. Berikut adalah penyebab-penyebab kampas kopling anda aus dan cepat habis agar anda bisa menghindarinya.

  • Kopling Gantung

Ini adalah salah satu kebiasaan yang sangat harus dihindari oleh pengemudi. Kebiasaan yang selalu menaruh kaki diatas pedal kopling baik disaat tidak digunakan akan mengerus ketebalan kopling karena seringnya terjadi penekanan pada kopling sedikit demi sedikit.

Jika kopling tidak digunakan, janganlah menaruh kaki anda diatas pedal kopling agar kopling tidak mengalami penekanan. Menghindari hal ini bisa membuat kampas kopling lebih tahan dan awet dan bisa membuat kaki anda tidak pegal di saat mengemudi.

  • Setengah Kopling

Teknik ini banyak digunakan oleh pengemudi apalagi dalam keadaan mobil sedang idle di tanjakan. Gunakanlah teknik ini secara berhati-hati. Jangan menggunakan sesering mungkin karena akan menyebabkan kampas kopling aanda cepat habis. Hal ini adalah perlakuan yang sangat bisa untuk menipiskan permukaan koplin oleh sebab itu gunakan secara sewajarnya. Karena jika terlalu sering akan mengeluarkan bau angus. Jika mobil sudah dalam keadaan tenang segera lepaskan kopling anda.

  • Kopling Galak

Kopling bisa menjadi mainan yang menyenangkan. Kebiasaan mengijak pedal kopling secara konstan akan membuat tekanan yang cepat membuat kopling anda cepat aus. Anda memainkan kopling akan seperti membuat mobil anda maju secara mendadak. Kebiasaan ini akan membuat anda merogoh dana untuk melakukan pergantian kopling.

Tips Memastikan Kampas Kopling Habis

Berikut adalah tips yang bisa anda gunakan untuk memastikan kondisi kopling mobil anda sudah aus atau belum. Namun jangan menggunakan cara ini sesering mungkin karena akan mengakibatkan kampas kopling anda lebih cepat habis. Karena ini bertentangan dengan cara kerja kopling mobil.

  1. Nyalakan mesin mobil anda
  2. Aktifkan Rem tangan
  3. Oper gigi mobil anda ke posisi gigi satu
  4. Lepaskan Pedal kopling dan disaat bersamaan gunakan kaki anda yang lain untuk menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan dan perlahan.
  5. Amati keadaan mobil jika mesin mobil mati maka kampas kopling anda akan mati ketika pedal kopling diangkat sebaliknya akan tetap menyala walaupun pedal kopling sudah dilepas

Itulah sedikit informasi mengenai ciri-ciri kampas kopling mobil habis dan cara mengetahuinya secara dini. Segeralah lakukan perbaikan jika kampas kopling anda mengalami tanda-tanda uang sudah dijelaskan agar menghindari sesuatu yang lebih buruk dengan mobil anda karena kerusakan telah merembes ke komponen lain dan bisa membahayakan nyawa anda sebagai pengemudi. Jika anda tidak memiliki biaya anda juga bisa mempelajari cara ganti kamps kopling sendiri.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 04th, March 2017 / 02:39 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis