Sponsors Link

7 Cara Melepas Karpet Dasar Mobil Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Agar mendapatkan hasil yang maksimal saat melakukan pembersihan interior mobil, pelepasan jok dan karpet dasar perlu ditemupuh. Tetapi cara pengerjaannya pun harus dengan cara yang sangat tepat agar sistem kelistrikan pada mobil anda tidak multifungsi.terkadang penampilan dari luar bisa menipu seseorang.

ads

Secara kasat mata mobil akan terlihat bersih, akan tetapi setelah melihat lebih dalam anda akan menemukan banyak serangga. Bukan tidak mungkin, dibalik karpet atau panel pintu, bersemayam srang serangga kotoran hingga menumpuk.

Membersihkan interior pun penting dan perlu secara mnyeluruh, hingga melepas jok mobil, panel, dan karpet dasar agar pembersihan interior mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Tujuannya jelas, membasmi sarang serangga yang mengganggu dan kotoran yang menumpuk tidak dapat dijangkau oleh vacuum cleaner. Termasuk pembersihan tumpah minuman atau lainnya yang dapat meninggalkan noda pada karpet dasar yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Pengerjaan lepas jok dan karpet dasar mobil ini memang harus dilakukan oleh tenaga yang sudah profesional atau penyedia jasa layanan car care yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi.karena pekerjaan tersebut harus dengan teliti dan rawan juga mengganggu sistem kabel kelistrikan mobil anda.

Salah sedikit saja, kelistrikan pada mobil anda akan mengalami gangguan atau malfungsi. “Yang paling rawan adalh sistem kelistrikan pada kabel audio mobil karena kabel tersebut melintas disisi kanan dan kiri bawah karpet dasar mobil”.

Perlu anda ketahui juga, bila mobil anda sudah terpasang power amplifier tamabahan. Karena jika kabel yang menuju ke power amplifier terlepas maka sistem kelistrikan pada mobil anda bisa saja terjadi kesalahan saat pemasangan kembali.

Jadi pembersihan dengan cara melepas jok dan karpet dasar ini saya sarankan untuk tidak melakukannya secara terburu buru oleh jasa car care dan anda perlu memperhatikan saat pelepasan trim, panel dan karpet dasar yang sedang dilakukan.

Terlebih lagi jika kabel audio sudah getas atau kabel sudah mulai rawan putus. Bisa bisa anda dapat menemukan masalah yang baru lagi pada mobil anda yaitu pada sistem audio mobil tidak bisa untuk diaktifkan atau audio mobil mati.

Untuk mobil yang berjenis premium biasanya sudah dilengkapi dengan pengatur jok elektrik, posisi kelistrikan pada komponen tersebut biasnya terletak pada persis dibawah jok. Sering terjadi dalam melepas jok tidak memperhatikan sistem kelistrikan fitur pengatur elektrik itu sbelum mnengangkat jok mobil.

“Jadi pekerjaan melepas jok dan karpet dasar ini sebaiknya dilakukan secara berurutan. Dimulai dari lepaskan karpet lantai mobil anda uang dipermukaan. Lalu pelepasan jok dari belakang sampai kedepan menggunakan kunci pas”.

Sponsors Link

Setelah itu lepaskan konsol transmisi dan trim yang berada diatas arpet dasar mobil. Lalu melepas karpet dasar secara perlahan dan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Jika sudah terlepas semua, barulah kabin mobil bisa dibersikan dengan maksimal. Nah dalam pemasangan juga harus teliti dan seperti melepas jok dan karpet dasar. Dan lebih jelasnya saya akan menjelaskan cara membersihkan interior mobil berikut dibawah ini:

1. Persiapan

Sebelum anda memulai untuk membersihkan kabin mobil anda, akan lebih baik bila anda membersihkan bagian eksterior telebih dahulu hingga benar-benar bersih dan hingga benar-benar kering. Setelah kondisi luar mobil sudah benar-benar bersih dan kering, barulah anda mulai untuk membersihkan bagian dalam mobil anda. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan bagian dalam mobil seperti sikat, kuas, penyedot debu, lap kering dan cairan bersih.

Keluarkan barang-barang yang berada dalam mobil anda sperti payung, sepatu, sandal dan lain sebagainya. Buang sampah-sampah yang berada dalam mobil anda. Jangan lupa pula bersihkan barang-barang dari dalam mobil anda tadi sebelum dimasukkan kembali ke dalam mobil. Setelah itu barulah anda mulai membersihkan kabin mobil, usahakan untuk membuka semua pintu mobil anda agar sirkulasi dalam mobil anda dapat berjalan dengan baik.

ads

2. Membersihkan Karpet Tambahan

Cara membersihkan kabin mobil pertama kali dapat anda mulai dari karpet-karpet tambahan yang ada pada mobil anda. Seperti yang anda ketahui, kerpet-karpet tersebut dapat menjadi sumber bau yang tidak enak. Anda bisa membersihkan karpet-karpet tersebut dengan menggunakan penyedot debu khusus untuk mobil.

3. Membersihkan Dashboard Mobil

Setelah itu anda dapat membersihkan bagian dasbor mobil. Gunakan lap kain lembut serta cairan pembersih untuk membersihkannya. Anda dapat membelinya dengan mudah jenis cairan pemnersih ini ditoko-toko perlengkapan mobil. Untuk bagian-bagian sudut dasbor yang tidak dapat terjangkau, anda dapat membersihkannya menggunakan kuas yang berbulu halus.

4. Membesihkan Jok Mobil

Jangan pula untuk memperhatikan kebersihan jok mobil, termasuk pada bagian sela-sela jok mobil anda. Bersihkan debu dan kotoran lainnya yang berada pada jok mobil yang biasanya terdapat pada sudut-sudut jok. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat mengunakan penyedot debu (vacuum cleaner).

5. Membersihkan Plafon Mobil

Cara membersihkan kabin mobil lainya yaitu dengan membersihkan plafon mobil anda. Plafon mobil yang kotor tentunya akan berpengaruh pada keindahan kabin mobil anda. Untuk itu pembersihan plafon mobil jugalah hal yang pentingdan harus rutin untuk membersihkannya. Namun pembersihan juga harus dilakukan secara hati-hati. Hal ini perlu anda ketehui karena plafon mobil rentan sobek, rusak, dan lainnya.

6. Nyalakan AC Mobil

Jangan lupa pula untuk membersihkan sistem pendingin(AC) mobil anda. AC mobil yang kotor tentunya akan membuat udara menjadi tidak sedap pula. Setelah semua langkah-langkah dikerjakan anda bisa menyalakan mesin dan pendingin mobil anda selama beberapa saat dengan kondisi pintu jendela mobil terbuka. Hal ini dilakukan agar semua bau-bau sisa dari cairan pembersih yang anda gunakan bisa hilang dan sirkulasi udara dalam mobil anda dapat berjalan dengan lancar.

7. Menggunakan Bahan Alami Pengusir Bau

Untuk menyingkirkan bau-bau tidak sedap lainnya yang mengganggu, anda bisa menggunakan ahan-bahan alami sperti kopi, arang kayu, baking soda dan cuka. Bahan-bahan ini bisa digunakan untuk mengurangi bau-bau tidak sedap di dalam kabin mobil anda.

Anda bisa meletakkan bahan-bahan tadi disebuah wadah terbuka dan menempatkannya dibagian depan ban belakang dalam mobil anda. Biarkan bahan di dalam wadah terbuka itu selama kurang lebih 24 jam dengan kondisi mobil tertutup.

Sponsors Link

Nah itulah tadi beberapa melepas karpet dasar mobil yang wajib diketahui dan cara membersihkan interior kabin mobil yang baik dan benar. Tentu saja hal ini harus anda lakukan secara rutin agar kondisi kabin mobil tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, gunakan baan-bahan pembersih yang direkomendasikan untuk mobil anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick