Sponsors Link

9 Cara Merawat Karpet Mobil Paling Mudah

Sponsors Link

Kebersihan mobil adalah salah satu hal yang paling penting dan anda harus tetap menjaganya supaya anda tetap nyaman ketika menggunakannya. Apalagi pada saat musim hujan seperti saat ini dimana mobil anda akan sering terkena guyuran air hujan sehingga, mempengaruhi kondisi mobil anda. Baik pada eksterior maupun interior mobil anda.

ads

Pada eksterior mobil terlihat jelas apabila terkena noda karena memang langsung bersentuhan dengan dunia luar. Sedangkan, interior mobil juga kemungkinan cepat kotor karena rotasi penumpang yang berpindah pindah baik dari dalam maupun keluar mobil dengan membawa noda noda yang bisa membuat karpet mobil anda kotor.

Meskipun letak karpet cukup tersembunyi di bawah jok mobil anda tetapi kebersihan pada sektor ini patut anda jaga karena hal ini akan membuat penumpang tetap nyaman saat menggunakan mobil. Perlu anda ketahui jika kebersihan dari karpet mobil dapat menjadi salah satu aspek pertimbangan dalam mnentukan kisaran harga mobil juga. Makanya simak tips cara merawat karpet mobil paling mudah.

Disini saya akan memberikan beberapa tips hebat cara membersihkan karpet mobil anda yang tentunya akan membuat mobil anda semakin nyaman. Sebelum mengetahui cara membersihkan karpet mobil tetnunya anda harus tahu jika karpet mobil yang sering kita jumpai biasanya memiliki bahan dasar yang terbuat dari karet yang elastis.

Tetapi selain itu anda juga dapat menemukan karpet dibagian sisi sisinya ditambahkan lin dari kain. Namun ada juga karpet yang semua sisinya terselubung dengan kain dan bahan yang berbulu halus. Tentunya perbedaan bahan material terebut berpengaruh pada cara membersihkan karpet mobil.

Fungsi karpet mobil sendiri cukup penting karena memang dirancang untuk menyerap udara lembab, debu, air, tetesan air hujan, AC yang bocor serta menjaga agar kabin mobil anda tetap kering. Oleh karena itu karpet yang terus menerus menyerap air dari berbagai sumber ini dapat membuat kabin anda lembab serta membuat kaca mobil kusam dan juga berkabut.

Maka dari itu sangatlah penting merawat karpet mobil, dan anda harus mengetahui tips dan cara membersihkan karpet mobil yang akan saya sampaikan disini. Nah sekarang kita memasuki segmen tentang cara membersihkan kapet mobil yang merupakan segemen inti dari pembahasan saya kali ini.

Karpet mobil yang tidak di jaga kebersihannya secara rutin akan menyebabkan kotoran yang menimpa menjadi keras sehingga kabin mobil menjadi tidak enak saat dilihat. Semakin lama anda membiarkan noda pada karpet maka akan semakin sulit untuk membersihkannya. Saya akan membagikan tips kepada anda tentang cara membersihkan karpet mobil secara mandiri.berikut adalah cara membersihkan karpet mobil paling mudah:

1. Keluarkan Karpet

Cara membersihkan karpet mobil yang pertama adalah anda perlu untuk mengeluarkan karpet yang bercampur dengan noda dari mobil anda. Jangan pernah untuk mencoba membersihkan karpet sementara karpet tersebut masih di dalam karena nodanya dapat menyebar ke tempat lain sehingga akan sulit untuk membersihkannya. Jadi anda harus mengeluarkan semua baik karpet yang berada pada kabin bagian depan dan bagian belakang ke sebuah tempat yang terbuka dan lapang.

Sponsors Link

2. Basahi Karpet

Setelah itu anda dapat mambasahi karpet mobil terlebih dahulu dengan air bersih secara merata dan usahakan agar mengguyur dengan air yang banyak atau air yang bertekanan tinggi agar noda-noda keras menjadi mudah untuk dibersihkan.

3. Gunakan Deterjen atau Shampoo Untuk Mengolesinya

Kemudian anda dapat mengolesi karpet menggunakan sabun deterjen atau shampoo mobil secukupnya secara merata pada bagian karpet yang dibersihkan. Semakin tebal noda pada karpet maka ratakan sabun lebih banyak pada tempat noda tersebut.

ads

4. Gunakan Sikat yang Menyerupai Kuas

Kemudian sikat karpet tersebut dengan sikat yang berbentuk menyerupai kuas yang lebar untuk bagian noda yang mudah untuk dibersihkan serta gunakan sikat yang kuasnya tebal untuk noda yang membandel. Tekanlah dengan sekuat tenaga anda saat menyikat pada bagian karpet yang terdapat noda membandel agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Lakukan Penyiraman Air Secara Merata

Lalu cara membersihkan karpet mobil berikutnya adalah apabila noda pada karpet sudah disikat maka siramkan air bersih secara merata pada bagian karpet baik sisi atas maupun sisi bawah. Pastikan sabun deterjen dan noda-noda ikut hilang bersama siraman air.

6. Lakukan Penjemuran

Setelah itu langsung jemur karpet dan usahakan agar karpet tidak terkena sinar matahari secara langsung agar wana dasar karpet tidak berubah. Untuk karpet yang berbahan karet dapat dijemur ditempat yang berangin agar cepat kering. Lalu karpet berbahan beludru bersihkan lagi dengan lap yang basah sebelum dijemur dengan lis pada bagian karpet harus benar-benar kering sebelumdimasukan ke dalam kabin.

7. Gunakan Vacuum Cleaner

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dasar kabin dengan vacum cleaner hal ini bertujuan untuk menghilangkan noda pada tempat yang sulit dijangkau.

8. Gunakan Karpet yang Flexible Khusus Untuk Bagasi

Khusus untuk bagasi anda dapat melapisi bagian ini dengan karpet yang mudah untuk dilepas agar mudah ketika akan dilepas saat anda akan mencuci dan membersihkan karpet lagi.

9. Lakukan Pembersihan Secara Berkala

Cara membersihkan karpet mobil yang terakhir adalah dengan membersihkan karpet secara berkala paling tidak selama sebulan sekali hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi karpet agar tetap terjaga.

Sponsors Link

Nah itulah 9 cara membersihkan karpet paling mudah, yang daat anda lakukan di rumah secara mandiri. Dengan berpedoman pada cara-cara diatas yang sudah saya jelaskan diatas pastikan karpet mobil anda selalu bersih dan terjaga. Itulah informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara membersihkan karpet mobil paling mudah semoga dapat bermanfaat bagi semua.

Sponsors Link
, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil