Sponsors Link

5 Tanda-Tanda Mobil Butuh Tune Up Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Tune Up merupakan perawatan mesin mobil yang ringan dan penting untuk dilakukan secara rutin. Tujuan dari tune ap adalah untuk dapat mengembalikan agar peforma mesin yang sudah mengendur dapat menjadi maksimal kembali. Tune up dapat dilakukan sesuai dengan jadwal service yang sudah diatur. Namun selain itu, ada beberapa tanda-tanda lainnya yang perlu anda perhatikan ketika mobil membutuhkan perawatan mesin mobil ini. nah berikut ini tanda-tanda mobil butuh tune up yang perlu anda ketahui.

ads

1. Service Saat Menempuh 5.000 Km

Sama halnya dengan mengganti oli, akan lebih baik jika tune up dilakukan setiap menempuh jarak 5.000 km. Tak hanya dapat mengembalikan semua fungsi mesin, namun tune up ini juga menjadi upaya agar menjaga kondisi mobil tetap awet. Anda bisa melakukan tune up 3 bulan sekali atau berbarenga ketika melakukan service rutin.

2. Suara Mesin Kasasr

Jika anda mendengarkan suara mesin mobil yang berubah menjadi kasar seperti menggerung ketika baru saja dinyalakan bahkan hingga mobil dijalankan. Maka menjadi tanda-tanda mobil butuh tune up yang harus anda perhatikan. Jangan menunda lagi dan segera bawa mobil ke bengkel untuk segera melakukan tune up yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Jika anda membiarkannya terlalu lama malah hal ini akan menyebabkan kerusakan pada mesin.

3. Mobil Sulit Dinyalakan

Ketika mobil sulit sekali dinyalakan maka penyebab starter mobil lemah mungkin saja dikarenakan pengaturan pada mesin mobil. Jika hal ini sudah terjadi maka segera lakukan tune up agar mobil dapat kembali lagi ke kondisi normalnya.

4. Mobil Bergetar

Penyebab mobil bergetar tak hanya disebabkan karena mobil yang belum melakukan spooring atau balancing, namun penyebab lainnya bisa dikarenakan mobil yang sudah seharunys emalkuakn tune up. Sehingga jika kondisi mobil sudah sampai seperti ini, maka segera lakukan tindakan tune up agar tidak memperparah keadaan.

5. Peforma Gas Melambat

Saat peforma gas menjadi melambat, dapat disebabkan karena mobil yang memang sudah seharusnya melakukan tune up. Jika kondisi peforma gas menjadi melambat maka tentu saja tarikan mesin menjadi melambat dan membuat mobil sulit untuk dipacu.

Setelah anda melakukan tune up mobil hingga selesai dan mesin dinyalakan, maka perhatikan kembali semua komponen-komponen mesin apakah sudah terpasang kembali di posisi semula. Jika semua komponen sudah terpasang kembali, maka cobalah untuk menghidupkan mesin kembali pada putaran stasioner selama beberapa menit.

Sponsors Link

Selama mesin berputar, maka cobalah untuk mendengarkan bunyi mesin sambil menaikkan putaran mesin perlahan. Jangan lupa pula untuk memperhatikan getaran hingga asap knalpot mobil. Jika memang anda yakin tidak ada masalah lagi dan semuanya berjalan normal, maka proses tune up selesai. Lakukan tune up secara rutin sehingga kondisi mesin terjaga dan mobil tidak boros bahan bakar.

Anda bisa melakukan tune up dengan membawa mobil ke bengkel, namun anda pun juga bisa  melakukan tune up sendiri di rumah. Anda bisa mempelajari cara tune up sendiri yang mudah dilakukan. Nah itu tadi tanda-tanda mobil butuh tune up yang harus anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi and

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan