Sponsors Link

3 Pelindung Cat Mobil Yang Bagus Untuk Membuat Kilap Lebih Lama

Sponsors Link

Sebagai pemilik mobil, tentunya anda tidak menginginkan tampilan mobil yang kusam dan kotor. Tentunya semua orang menginginkan tampilan mobilnya yang bersih dan kilap tahan lama. Hal ini sebenarnya sangat mudah didapatkan asalkan anda memang rutin dalam melakukan perawatan body mobil.

ads

Cara merawat body mobil sebenarnya sangat mudah, misalnya saja anda mencuci mobil dengan rutin setidaknnya seminggu sekali. Hal ini saja sudah mampu memberikan tampilan moibl bersih dan indah yang anda inginkan. Namun beberapa orang terkadang tidak mengetahui cara mencuci mobil yang tepat, sehingga yang ada malah membuat cat mobil menjadi memudar dan membuatnya kusam. Namun anda tidak perlu khawatir, permukaan cat mobil yang kusam tersebut dapat kembali mengkilap ketika anda memberikan pelindung cat pada mobil anda.

Meskipun body mobil anda sudah kusam, lecet, bahkan berjamur sekalipun, penambahan pelindung cat tetap akan berguna. Hanya saja anda perlu membersihkan permukaan mobil yang kusam, lecet, dan berjamur tersebut hingga bersih dan kemudian melapisinya dengan pelindung cat. Berikut ini ada beberapa pelindung cat mobil yang bagus yang bisa anda aplikasikan pada mobil anda.

1. Wax

Pelindung cat mobil yang bagus untuk anda gunakan adalah Wax. Dengan melapisi Wax pada permukaan cat mobil anda, maka hal tersebut akan membuat cat mobil menjadi terjaga dan mengkilap lebih lama. Hanya saja, jenis pelindung cat mobil ini memang hanya bisa bertahan sementara sekitar 2 minggu hingga 6 bulan saja.

Apalagi jika anda mencuci mobil terlalu seirng ataupun tidak mengetahui cara mencuci mobil yang baik maka tentu saja lapisan Wax menjadi lebih cepat memudar. Lapisan Wax juga akan cepat memudar jika mobil anda terus menerus terkena hujan.

Banyak jenis Wax yang berkarakteristik wet look sehingga mengandung banyak minyak di dalamnya. Hal ini lah yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan jenis Wax ini. Kandungan minyak ini nantinya akan membuat kesan lengket ketika anda menyentuh permukaan body mobil anda. Selain itu, kotoran dan debu juga menjadi lebih mudah menempel pada permukaan body mobil dan hal tersebut nyatanya sangat sulit dibersihkan.

2. Protection Film

Salah satu kelebihan dari jenis pelindung cat ini adalah kemampuan paint protection terbaik nya yang bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan Wax. Sehingga tampilan kilap mobil anda akan lebih lama tanpa takut cepat kusam. Selain itu, keunggulan lainnya dari jenis pelindung cat mobil ini adalah sangat tahan terhadap noda dan kotoran, bahkan melapisi protection film pada permukaan cat mobil anda akan membuat anda tidak perlu melakukan perawatan yang rumit.

Sponsors Link

Hanya saja kekurangan dari protection film ini adalah harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis Wax. Sehingga jika anda ingin melapisi paint protection ini pada seluruh permukaan mobil anda tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, ada beberapa pantangan yang perlu diperhatikan ketika menggunakan protection film untuk pelindung cat mobil yang bagus pada mobil anda. Protection film tidak diperbolehkan untuk terkena air panas, sehingga perhatikan penggunaan air saat anda mencuci mobil.

Selain itu, hindari mobil terkena air hujan serta paparan sinar matahari terlalu sering. Gunakan sampho mobil yang tepat yang mana memang khusus digunakan untuk mobil. Jangan menggunakan shampo mobil yang memiliki kandungan pH tidak seimbang. Bila mobil and terlihat kotor, jangan hanya membersihkan dengan menggunakan kemoceng saja namun juga menggunakan air.

3. Nano Ceramic

Pelindung cat mobil yang bagus ini termasuk yang paling baru diantara jenis pelindung cat mobil lainnya. Perbedaan nano ceramic dengan wax dapat anda lihat dari tingkat kerapatan molekul bahannya. Nano ceramic memiliki tingkatan molekul yang lebih kecil dibandingkan wax, sehingga membuat kotoran dan debu akan sulit masuk ke permukaan body mobil.

Kelebihan lainnya yaitu pada sifatnya yang permanen serta dapat bertahan hingga sekitar 2 tahun. Untuk jenis paint protection ini memang tidak memiliki pantangan yang khusus. Anda bisa menggunakan jenis shampo dan air dalam mencuci mobil anda. Kelebihan ini dikarenakan sifat dari bahan keramik yang memang lebih keras serta tahan lama dalam penggunaannya.

Keunggulan ini disebabkan karena sifat dari jenis bahan keramin yang keras dan tahan lama. Selain itu, sifat dari jenis bahan keramik lainnya adalah mempunyai penampilan yang kilap seperti cermin sehingga mobil anda akan memiliki gaya wet look yang tahan lebih lama.

Karena diproses menggunakan teknologi nano sehingga nantinya menjadi parikel keramik dapat berukuran nano yang mana menutupi pori-pori dari permukaan cat mobil. Hal ini lah yang membuat mobil akan terlihat selalu bersih dan kilap lebih lama.

Tak hanya itu saja, perlindungan yang diberikan nano ceramic juga dapat mencegah timbulnya oksidasi udara, jamur, serta sinar UV.  Sebenarnya anda bisa melakukan cara coating mobil sendiri di rumah. Hanya saja proses coating akan lebih maksimal jika dikerjakan langsung oleh para ahli. Hal ini karena proses coating membutuhkan peralatan-peralatan lengkap dalam setiap step nya.

Sponsors Link

Tak hanya memberikan pelindung cat mobil yang bagus saja, anda juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan yang membuat tampilan mobil menjadi kusam lebih cepat. Misalnya saja dengan menjemur mobil di terik matahari, membiarkan mobil terkena hujan terlalu sering, menggunakan air dan shampo yang tidak tepat menjadi hal yang patut dihindari. Jangan lupa pula untuk mencuci mobil dengan rutin sehingga mobil tetap terlihat bersih dan bebas dari kotoran.

Ketiga paint protection diatas dapat anda jadikan sebagai cara memperbaiki cat mobil. Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai pelindung cat mobil yang bagus di aplikasikan pada mobil anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 18:07 Oleh :
Kategori : Perawatan