Sponsors Link

4 Cara Perawatan Baterai Mobil Listrik

Sponsors Link

Berbeda dengan Jenis mobil pada umumnya yang mengguakan mesin konvesional yang memiliki jenis oli mesin dan butuh mengganti oli, dan perawatan teknikal mesin, mobil listrik ternyata tidak memerlukan perawatan itu semuanya. Hanya saja, mobil jenis ini yakni mobil listrik, mobil jenis ini ternyata masih harus melewati perawatan rutin untuk mengecek fisiknya, bukan teknisnya.

ads

Menurut salah satu pakar mobil, kendaraan ini terhubung ke perangkat software yang dapat mendeteksi kerusakan apabila terjadi kerusakan. Jadi, jika ada kerusakan sedikit atau sekecil apapun, mobil ini akan memberikan sinyal rusak dan bisa langsung diperbaiki.

Karena komponen utama mobil listrik  ini tidak perlu melakukan pergantian oli, ketika ada kerusakan maka kendaraan listrik ini akan memberikan sinyal rusak dan terhubung ke online dan si mobil ini bisa mengkalibrasi dari software-nya. Pada kendaraan listrik ini menggunakan baterai berjenis lithium pada mobil tersebut.

Menurut para pengemat mobil, baterai ini tidak mudah rusak meski sudah berumur 10 tahun. Sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan kerusakan pada baterai tersebut.Meski begitu, agar konsumen tidak merasa diabaikan, pabrikan yang memproduksi mmobil inipun menyediakan jasa layanan perbaikan antar dan jemput 14 jam. Hal ini dilakukan oleh produsen mobil listrik agar dapat membantu konsumen yang memiliki masalah selama di jalan.

Selain alasan tersebut, ada alasan lain yang membuat produsen megetahui cara perawatan berkala mobil listrik tersebut yakni belum ada bengkel yang tidak resmi atau bengkel rumahan yang melayani atau membuka jasa perbaikan mobil listrik. Bila ada bengkel rumahan yang menerima jasa perbaikan mobil listrik mungkin tidak banyak karena mobil jenis ini belum populer di kalangan masyarakat.

Selain ada layanan service towing 24 jam atau jasa perbaikan antar jemput 24 jam. Produsen mobil tersebut juga melayani service ranger, atau service yang mendatangkan 3 atau lebih orang mekanis ketempat mobil anda mengalami masalah.

Pada mobil jenis ini perawatan biasanya dilakukan pada bagian kaki kaki dan kestabilan mobil saja dan memahami  cara kerja sistem gerak pada mobil listrik, karena pada sistem permesinan mobil ini sudah menggunakan perangkat software. Jadi jika ada kerusakan sekecil apapun maka akan terdeteksi oleh perangkat software tersebut dan cara perbaikannyapun cukup dengan diperbaiki secara online atau melalui perangkat software tersebut.

Salah satu tujuan diciptakannya mobil listrik ini adalah dapat untuk meminimalisir polusi udara atau yang lainnya yang dapat merusak lingkungan dan bahkan dapat membuat manusia sakit. Dengan kata lain mobil ini diciptakan agar ramah lingkungan dan tidak merusak lingkungan sekitar sehingga lingkungan menjadi segar dan udara yang dihirup oleh manusia bersih dan manusiapun tidak akan mengalami penyakit pernafasan akibat kendaraan bermotor yang menggunakan mesin konvesional.

Nsh, sedangka untuk perawatan baterai yang digunakan untuk mobil listrik ini sendiri dan cara kerja regenerative braking . Para konsumen dapat merawatnya dengan beberapa cara sebagai berikut :

Sponsors Link

1. Cara men-carger

Cara men-carger merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan perawatan pada baterai mobil listrik ini. Carger dilakukan saat indikator baterai menunjukan bahwa baterai akan segera habis dan jangan samapi pengisian dilakukan setelah baterai habis bersih.

Karena dapat merusak atau memperpendek umur baterai sendiri dan waktu pengisian sendiri harus sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh produsen mobil listrik tersebut karena pada saat pengisisan belum penuh dan anda mencabutnya maka juga akan memperpendek usia baterai itu sendiri.

2. Cara pemakaian mobil

Cara pemakaian mobil juga berpengaruh pada baterai mobil sendiri. Karena jika anda menggunakan mobil secara ekstrim atau pada jalur yang tidak semestinya dengan kecepatan tinggi maka mobil akan tidak seimbang atau terjadi goncangan yang keras dan baterai mobil pun akan tergoncang yang dapat menyebabkan kerusakan.

Selain itu, penggunaan mobil listrik ini pada saat musim hujan juga harus hati hati.  Apalagi jika melewati genangan air yang cukup besar atau dalam maka air akan dapat mengenai bagian bagian vital mobil contohnya baterai itu sendiri dan software yang dapat menyebabkan kerusakan pada mobil listrik ini.

Sponsors Link

3. Menambahkan rangkaian

Jangan melakukan atau menambahakan rangkaian lain yang dapat menyebabkan baterai mobil cepat habis dan anda harus melakukan pengisian betrai secara tidak semestinya. Penambahan rangkaian lain yang membutuhkan aliran arus listrik maka akan menyebabkan baterai akan cepat habis atau boros. Dan setelah itu maka anda akan melakukan pengisian baterai secara berulang ulang kali dengan jangka waktu yang tidak wajar atau sebentar bentar anda harus melakukan pengisian baterai tersebut.

4. Rutin melakukan service

Hal yang terakhir yang dapat anda lakukan adalah melakukan service rutin ke bengkel resmi. Service rutin dilakukan untuk mengecek bagian bagian mobil yang mungkin kurang nyaman dan pengecekan baterai dilakukan menggunakan alat yang modern. Sehingga baterai akan terus terpantau dan tidak mudah rusak atau berumur panjang.

Demikian artikel yang dapat saya ulas mengenai cara perawatan baterai mobil listrik. Cara diatas mungkin kurang tepat bagi sebagian mobil listrik anda dan solusi yang paling benar untuk melakuakn pengecekan atau perawatan baterai mobil listrik anada adalah dengan cara membawanya ke begkel resmi secara rutin. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan